saya memiliki 2 buah UPS 1200 VA yang masing masing bermasalah.
1. UPS A memiliki masalah overheating pada IC Regulator Voltage (LM317T), overheating terasa saat kondisi UPS tersambung ke jala2 listrik ataupun saat UPS kondisi Backup. Panas yang timbul menyebabkan board dibawah heatsink LM317T menjadi kecoklatan seperti menerima panas yang sangat berlebihan. Overheating juga terjadi pada dua buah dioda 1N4007 disekitar IC regulator LM317T. Overheating dioda ini timbul beberapa detik setelah UPS dihidupkan dalam posisi UPS tersambung ke jala2 listrik ataupun saat UPS kondisi Backup. dari beberapa kali googling, saya masih belum menemukan penyebabnya, yang saya tahu (maklum newbie dalam elektronika) overheat pada dioda terjadi karena terdapat arus yang terlalu berlebihan yang melewatinya, saya telah mencoba menukar/mengkanibal resistor disekitar IC dan dioda dengan UPS B namun masalah over heat masih muncul, kira kira apa yang menyebabkannya?
(perlu juga disampaikan, awal pembongkaran UPS A ini ditemukan kapasitor disekitar IC LM317T dengan kode 63V 470uF sudah gembung dan telah telah ganti)
2. UPS B memiliki masalah jika dalam posisi backup hanya bertahan kira2 satu menit setelah itu OFF dengan sendirinya, kalo yang ini saya gak ada clue sama sekali, apa yang menyebabkan relaynya terputus setelah satu menit apakah ada hubungannya dengan kapasitor, (perlu diketahui kondisi batrai telah diganti baru)
mohon saran dan pembelajaran dari para ahli sekalian, terima kasih
(newbie yang ingin coba2)
untuk kasus A dan B, menurut pengalaman saya ada 2 kemungkinan kerusakan, yaitu pada bagian PFC dan CHARGER. selama krng lbh 4 tahun pengalaman saya di bidang UPS dan INVERTER, UPS PROLINK yang OFFLINE tidak menggunakan PFC, jadi kemungkinan besar CHARGER Batt mengalami kerusakan (dari Kumparan trafo charger sampi ic charger) .
Cara mengecek Charger: nyalakan UPS seperti biasa, posisi UPS "NORMAL MODE" ada line input jg ada battery, lalu klo dah nyala normal copot battery dari UPS, keadaan ini UPS harus tetap nyala, (klo mati ganti ic regulator/charger) Dan ukur tegang charger (kondisi Battery di copot) harus di sekitar 13,4VDC untuk 1 battery atau 2 Battery di pararel dan 26,8 VDC untuk dua battry di seri dan seterusnya...... klo 12 volt atau kurang naikkan menjadi 13,4V per battry.
Untuk PFC cek resistor serta mosfet sesudah dioda charger (jangan lp dioda charger di cek jg), sebelum ic charger (lm 317).mosfet kemungkinan short.