KOMUNITAS HOBBIYST ELEKTRONIKA - KHE
Diskusi Elektronika => Kategori Power Supply (PSU) => Topik dimulai oleh: ahmadfay pada November 10, 2011, 09:50:31 AM
-
aku bingung waktu buat charger aki mobil pake travo 10 ampere, output travo yg aku pakai adalah 15 volt AC, tapi setelah melewati kiprok yang keluar kog cuma 9 volt DC, tapi pas aku coba nge-charge aki yg kebetulan tegangan aki tsb tinggal 8 volt aja, aku coba tes lagi tegangan DC-nya 12 Volt.
monggo yang punya pengalaman, silahkan dibagi.....
cari1 cari1 cari1
-
Aku dah pernah punya pengalaman serupa.... buat ngecas aki yg sdh under voltage dan kebetulan beberapa cell nya sdh rusak emang gitu. Kalau akinya masih baik sih, lambat laun voltase nya akan naik sendiri .... Temen2 KHE yg ahli tentang aki mungkin bisa membantu lebih banyak..
-
wah klo saya ngecas accu
siapkan
1. PSU ajust (nggak usah besar2 trafonya )
2. Ampere meter
3. kabel jamper
4. jala2 220vac
langkah- langkah
1. lepas accu dari motor
2. lihat capasity accu ( misalkan 10A)
3. pasang jamper dan ampere meter secara benar
4. tancapkan kabel jala2 220vac dan hidupkan
5. atur tegangan ajust sehingga ampere meter menunjukkan 1A (arus pengisian 1 A / 10% kapasitas accu)
6. tunggu sampai selesai
7. klau sudah selesai jangan lupa matikan, dibereskan
8. pasang kembali ke motor
-
carger otomatis perasaan dah ada yang nampilin disini ....
yang penting ... ada setingan untuk batas putus volt max aki penuh dan batas bawah untuk volt aki rendah ... itu saya tancepkan terus 24 jam nonstop .... wal hasil pemakaian 10 a diisi dengan 10a cast ... 1jam mati lampu 1jam ngecast .... ndak pernah dilepas2.... biasa ... untuk ups ...
topologi bisa dengan sensor Low High Current atau Low High Voltage ///
koreksi kalo salah
-
apa nggak gampang dodol kang isur kalo cash model 1 jam begitu?
klo aku baca buku panduan accu GS kok maximum rating pengisian kok hanya 25% ya?
-
wah klo saya ngecas accu
siapkan
1. PSU ajust (nggak usah besar2 trafonya )
2. Ampere meter
3. kabel jamper
4. jala2 220vac
langkah- langkah
1. lepas accu dari motor
2. lihat capasity accu ( misalkan 10A)
3. pasang jamper dan ampere meter secara benar
4. tancapkan kabel jala2 220vac dan hidupkan
5. atur tegangan ajust sehingga ampere meter menunjukkan 1A (arus pengisian 1 A / 10% kapasitas accu)
6. tunggu sampai selesai
7. klau sudah selesai jangan lupa matikan, dibereskan
8. pasang kembali ke motor
tegangan dcnya berapa pak?
-
klo tegangan nggak pernah memperhatikan, yg saya perhatikan adalah arus pengisian. soalnya dengen tegangan sama
posisi accu kosong akan menghasilkan arus pengisian lebih tinggi ( banyak ) dibandingkan kondisi accu hampir full (dengan tegangan adaptor yg sma)
-
apa ga ada batas maksimal ato minimal untuk tegangan pengisian???
-
klo amperemeter diganti pake AVO meter yang tulisannya 250mA bisa gk? konek1 bete1
-
di penjelasan Mas Ridho cuma ada kuat arus (ampere) tp klo teganan aq msh belum paham....
cari1 cari1 cari1
-
batas bawah dan atas tegangan untuk aki basah itu ada ... berbeda dengan batas tegangan bawah atas aki kering, saya memanfaatkan itu ... sama halnya pengisi air otomatis mengunakan sensor tinggi air dan rendah air :D
-
berapa kang isur sing paling guanteng nilainya, misal untuk aki 12 volt?
dada2 dada2 dada2
-
Coba buka yang ini mas ...
http://www.4shared.com/document/ICzle-YG/Electronics_Power_Supply_And_B.htm (http://www.4shared.com/document/ICzle-YG/Electronics_Power_Supply_And_B.htm)
Yang ini juga boleh ...
http://www.4shared.com/document/NZIbRBL6/power_supply__battery_charger_.htm (http://www.4shared.com/document/NZIbRBL6/power_supply__battery_charger_.htm)
Ini ya boleh ...
http://www.4shared.com/document/AxBALb7x/RF_Graf_-Electronics_power_sup.htm (http://www.4shared.com/document/AxBALb7x/RF_Graf_-Electronics_power_sup.htm)
Cari yang lainnya ya boleh mas, gruatiiisss ... cari1 cari1 corong1
-
Memang biasanya dalam pengisian aki yang penting adalah arus pengisiannya, bisa menggunakan trafo variac untuk mengatur arus yang diperlukan pada pengisian. Janngan lupa bila menggunakan trafo ini sebaiknya dipasang trafo isolasi biar aman dari sengatan listrik. Penggunaan trafo variac lebih menguntungkan karena kita bisa mengisi beberapa aki secara seri dan hanya mengatur arus yang diperlukan dalam pengisian, model ini biasanya dipakai oleh tukang setrum aki ...
mungkin ... elus1 elus1 elus1
-
bener gitu ya ... tegangan ngga penting ... ? berarti aki 12v diisi pake trafo bell 24v at0 42v bisa dong ? baru tau e.... bete1
-
Bisa pakai ini
(http://rbsfm.org/Schematics/images/constant_current_constan_voltage.png)
Jadi saat tegangan aki belum mencapai batas atas, dia menggunakan arus yang konstan. Tetapi saat tegangan mencapai batas atas dia menggunakan tegangan yang konstan
-
bener gitu ya ... tegangan ngga penting ... ? berarti aki 12v diisi pake trafo bell 24v at0 42v bisa dong ? baru tau e.... bete1
waduh kalo tegangane bebas bisa mleduk mas, 12,5 volt aja mas
-
Kalau mbaleduk ya ditambal to mas ..., he he he ...
boys1 :P :-\
-
abis ada yang bilang tidak penting sih .... :D
aki basah ne kalo tak salah kemarin saya set +atas 12.8v +bawah 12.3v kalo aki kering belum pernah coab ... denger2 sih 14.1v
-
Ya emang gak begitu berpengaruh tegangannya, kalau di set arusnya misal 2 A, paling beda tegagan aki yang diisi dengan charger sekitar 2 V (misal), kalau arusnya di tinggikan misal 5 A, berarti beda tegangan aki dan charger sekital 5 V (misal), jadi bukan berarti tegangan chargernya di fix 14.4 V, ya kalau fix 14.4 V ya aki mbaleduk kalau pas aki kosong alias 1 V (misal) karena arusnya mengalir deras (kaya ujan aja), tapi kalau akinya pas penuh 14.4 V ya arus pengisian akan kuecil. Nek tukang aki akan memainkan besar tegangan charger cuma yang dimonitor adalah arusnya, bertujuan untuk menyesuaikan spek besar arus pengisian tiap aki ...
Pada alternator mobil yang dimonitor adalah tegangan, jika tegangan aki turun maka regulator elektronik pada alternator akan membesarkan arus rotor, sehingga alternator akan menghasilkan arus yang besar, begitu sebaliknya, kalau pakai "cut out" kita bisa memainkan arus pengisian, cuma akinya kagak awet kalau arus pengisian kebesaran ...
-
wah kang isur bercanda
accu di strum 15V aja arus yang masuk bisa 8A
apalagi dikasih 24V hehehe.. bisa2 20A
-
Point - Point dalam membuat charger aki :
1. Arus pengisian adalah 1/10 kapasitas aki dengan waktu pengisian 10 jam.
Contoh :
Aki 100 Ah di isi dengan arus sebesar 10 Ampere dengan waktu pengisian 10 jam.
2. Tegangan Pengisian adalah lebih besar 10 % sd 20 % dari tegangan Aki, Optimal berada di 15 %.
Contoh :
Aki 12 Volt di isi dengan tegangan minimal 13,2 Volt dan maksimal 14,4 Volt Optimal 13,8 Volt.
Point di atas bukan aturan baku ataupun SOP perawatan Aki, tetapi hanya masukan supaya pengisian optimal dan aki lebih awet.
-
aki 12 volt biar lebih awet ya disetrum pake 12volt aja.... dijamin top markotop wis dicoba
-
aki 12 volt biar lebih awet ya disetrum pake 12volt aja.... dijamin top markotop wis dicoba
pake berapa ampere arusnya Bang?
-
aku accu 7 amp distrum pake 3 amp
-
ini saya pernah punya datasheet dari battery G* portalac (battery kering), untuk pengecasan battry-nya, grafiknya kurang lebihnya seperti ini...
[spoiler]http://imageshack.us/photo/my-images/195/ampere.jpg/[/spoiler]
-
itu maksudnya bgmn? apakah semakin besar ampere charger semakin cepat waktu ngisinya atau semakin lama penyimpanannya (aki lebih awet )?
:-\ :-\ :-\
-
itu maksudnya bgmn? apakah semakin besar ampere charger semakin cepat waktu ngisinya atau semakin lama penyimpanannya (aki lebih awet )?
:-\ :-\ :-\
Semakin besar arus pengisian aki maka waktu pengisian akan lebih cepat tetapi berakibat temperatur aki naik yg menyebabkan penurunan umur aki lebih cepat. Hal yg sama dapat terjadi sewaktu pemakaian aki yg menyedot ampere yg besar.
-
maksudnya gini:
waktu battery kosong (10,5V) maka pengisian di 4 jam pertama akan makan arus maksimal yaitu sebesar 25% CA (Capasitas AH).
sedangkan kapasitas batterynya selama pengechasan seperti tabel berikut:
[spoiler]http://3.bp.blogspot.com/_Sl83__rBe58/SsQ02MgsBcI/AAAAAAAAAA8/y8F_hcgGjHc/s1600-h/kapasitas.jpg[/spoiler]
atau bisa kesini
http://www.alliptek.blogspot.com/2009/09/charger-battery-sla-sealed-lead-acide.html (ftp://www.alliptek.blogspot.com/2009/09/charger-battery-sla-sealed-lead-acide.html)
-
Kalau di BTS , aki selalu terhubung ke power supply (biasa disebut rectifier) selama 24 jam terus menerus. Kenapa kok akinya tidak rusak ? Kuncinya adalah besarnya tegangan harus tepat , biasanya disebut dengan tegangan floating. Tegangan floating berkisar 2,24Volt per cell untuk aki asam timbal (lead acid battery , aki mobil , aki motor). Jadi untuk BTS yang biasanya menggunakan aki 24 cell (tegangan nominal 48Volt) tegangan floatingnya 53,76V ( sekitar 53,5V sd 54 V ). Kalau untuk aki 12V ( 6 cell ) tegangan floatingnya sekitar 13,44V. Jadi kalau mau sambung aki ke power supply selama 24 jam non stop , ya tegangannya diatur 13,44 Volt , tidak lebih tidak kurang.............
-
mantabs sekali keterangannya, trims....
ide1 ide1 ide1
-
Kalau di BTS , aki selalu terhubung ke power supply (biasa disebut rectifier) selama 24 jam terus menerus. Kenapa kok akinya tidak rusak ? Kuncinya adalah besarnya tegangan harus tepat , biasanya disebut dengan tegangan floating. Tegangan floating berkisar 2,24Volt per cell untuk aki asam timbal (lead acid battery , aki mobil , aki motor). Jadi untuk BTS yang biasanya menggunakan aki 24 cell (tegangan nominal 48Volt) tegangan floatingnya 53,76V ( sekitar 53,5V sd 54 V ). Kalau untuk aki 12V ( 6 cell ) tegangan floatingnya sekitar 13,44V. Jadi kalau mau sambung aki ke power supply selama 24 jam non stop , ya tegangannya diatur 13,44 Volt , tidak lebih tidak kurang.............
Kalau valve regulated lead acid battery 12V berapa mas Paimo? 13,7 atau 13,8 V? Thx
-
ayo ilmu yang masih didalam dikeluarin semuaaa
jangan watur tak patau dari sini
-
Kalau valve regulated lead acid battery 12V berapa mas Paimo? 13,7 atau 13,8 V? Thx
VRLA biasanya floating voltage di set pada 2,3V/Cell = 13,8V untuk batre 12V.
Tetapi ngukurnya harus pake alat ukur yang ketelitian bagus. Ntar kalo pake yang ketelitian rendah bisa meleset banyak....
-
ini saya punya catatan dikit waktu krj di distributor Charger merk Chlor*de,
mungkin bs dipakai untuk pedoman dalam buat charger.......
MAINTENACE FREE BATTERIES
BATT BOOST=2.19-2,29V/CELL
BATT FLOAT=2.19-2.29
HIGHT VOLT=2.41
LOW VOLT=1.8
CHARGER FAIL=2.1
PLANTE BATTERIES
BATT BOOST=2.35
BATT FLOAT=2.22-2.27
HIGHT VOLT=2.41
LOW VOLT=1.8
CHARGER FAIL=2.1
NICKEL CADNIUM BATTERIES
BATT BOOST=1.51-1.55
BATT FLOAT=1.38-1.45
HIGHT VOLT=1.6
LOW VOLT=1.1
CHARGER FAIL=1.26
-
jadi kesimpulannya gimana nih ?
pake batre basah tegangan bawah untuk pengisian berapa ? dan batas pemutusan berapa ? karena kan aki lama2 turun tu tegangannya ...
karena kalo itung amper kecil sih saya makenya pake trafo 10 amper palsu ... nareknya juga 7 amper paling ... aki 100Ah ND
ini mungkin juga dah pada lari setingan vr nya .... tapi udah staun kok masih aman2 aja ... cuma kalo dapet kan ukuran tegangan sebenarnya untuk aki basah dan aki kering jadi jelas ...
masih rak mudeng ngitung seperti diatas .. wekwekwek
-
Ya udah, floating saja di 13.8V untuk aki basah...
-
jadi kesimpulannya gimana nih ?
pake batre basah tegangan bawah untuk pengisian berapa ? dan batas pemutusan berapa ? karena kan aki lama2 turun tu tegangannya ...
karena kalo itung amper kecil sih saya makenya pake trafo 10 amper palsu ... nareknya juga 7 amper paling ... aki 100Ah ND
ini mungkin juga dah pada lari setingan vr nya .... tapi udah staun kok masih aman2 aja ... cuma kalo dapet kan ukuran tegangan sebenarnya untuk aki basah dan aki kering jadi jelas ...
masih rak mudeng ngitung seperti diatas .. wekwekwek
untuk semua battery (basah/kering) batas bawah (battery diannggap kos0ng/habis (ada yg makan kali ya???) di tegangan 10.5 Volt (untuk teg nominal 12 Volt), jd tegangan cut off battery harus diset 10,5 volt (atau 10 Volt),biar batterynya awet. contohnya pada UPS, Inverter, Forklip yg Electric dll.
untuk arus pengisian battry kosong (teg batt=10,5V), maksimal adalah 25% dari kapasitas Battery (Battery kering), untuk Battery basah bisa tahan di isi dengan Arus lebih besar dari battery kering. pengisian Arus Maksimal (75%capasitas battery terisi) terjadi pada 4 jam pertama, kalo Charger yang anda pake untuk ngecharge tidak ada setingan arus (constant current/bukan limit current) maka battery akan menarik arus maksimal dari kapasitas charger anda, selanjutnya 5-8 jam arus pengisian akan berangsur mengecil sampai 0.025% dari kapasitas battery (batt full/charger cut off).
charger constant current= jika di kasih beban diatas arus maksimal, maka tegangan akan diturunkan dan arus akan tetap maksimal (arus stabil).
charger limit current= jika di kasih beban diatas arus maksimal, maka charger akan cut off, karena tegangan tetap arusnya berlebihan (kelebihan beban).
-
Saya masih bertanya tanya apa beda ngecharge aki dengan charger aki beneran ..sama ngecharge pake PSU apa saja dengan tegangan yang saya perhatikan dan disesuaikan dengan amanat apa yang tertulis di handbook....apa yang dimaksud ngecharge dengan constant voltage dan constant current...memperhatikan charger skema charger krisbow yang pake trafo stepdown juga biasa aja, dimana setting voltage dimainkan dari sisi primer dengan 5 buah tap yang difungsikan sebagai pengatur laju arus pengisian dan tegangan dengan stepping dari 13.5 s/d 16.5 Volt dengan baterai tersambung pada japit buaya outputnya....sedangkan saya ngecharge aki 75 Ah dengan PSU bekas komputer yang aku modify tegangannya sampai 14.2 volt untuk mengejar ambang batas pengisian yang disarankan oleh handbook baterai tersebut....apa dan bagaimana dan cara mengatur laju arus pengisian disini, apakah dengan membatasi arusnya dan menjaga voltasenya tetap,bukankah arus pengisian yang masuk juga tergantung kondisi kekosongan aki?...Pengalaman saya ketika aki saya charge dengan PSU yang bikinan sendiri, pada menit menit pertama tegangan akan turun,arus yang mengalir besar...kemudian tegangan menurun diikuti dengan voltase yang mendekati tegangan keluaran PSU kita. dan ketika tegangan sudah sama dengan voltase keluaran PSU yang kita ukur tanpa baterai, dimana arus dibawah 1 ampere, maka saya anggap pengisian sudah penuh....demikian pengalaman saya... cari1
-
Ya mas, udah benar caranya. Kalo mo aman tegangan dipake 13,8V. Dengan cara ini kita tidak kawatir kemungkinan overcharge sampe kapanpun.
Tapi jika pake aki yang bisa ditambah airnya, bisa pake 14,4V . Ntar kalo airnya berkurang tinggal tambah sendiri..