Penulis Topik: Tentang Transmiter FM merk Paramount  (Dibaca 17985 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Benny-pku

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 95
Tentang Transmiter FM merk Paramount
« pada: November 12, 2010, 04:20:21 PM »
  • Publish
  • saya pake transmiter fm merk paramount,dan tertulis di PCB nya Booster 15 watt.
    ternyata saya cek transistor finalnya tipe c1970,
    jadi yang jadi pertanyaan saya :
     1. bisa gak klu transistor finalnya (c1970) diganti sama tipe c1971 ?
    bagaimana caranya? dan apakah ada yang harus saya ubah?

    2. saya pakai transmiter ini,frekuensinya saya set di 92,8 Mhz,,tapi klu sdh 5 menit kemudian frekuensinya lari menjadi 92,9 Mhz,,
    gimana ya cara mengatasinya?

    mohon bantuannya ya... :)

    Offline Niel

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 413
    Re:Tentang Transmiter FM merk Paramount
    « Jawab #1 pada: November 12, 2010, 04:46:46 PM »
  • Publish
  • Bisa diganti dengan 2sc1971, lebih baik lagi kalau 2sc1972. 1971 dan 1972 Colectrnya ada di kaki no 3 hanya mengubah itu saja. Biasanya modul paramount itu normal di set di frekuesi itu saja, kalau di ubah bisa-bisa dayanya tidak keluar karena tidak dilengkapi VC untuk maching networknya.

    Kalau mau menggunakan frek. tetap gunakan PLL banyak dibahas di milist ini.

    Semoga membantu.

    Offline aan

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 321
    Re:Tentang Transmiter FM merk Paramount
    « Jawab #2 pada: November 12, 2010, 05:04:32 PM »
  • Publish
  • maaf untuk mas beni tulisan anda yang pertama harusnya di sini http://elektronika.web.id/elkav2/index.php?topic=14.390 dan salami dulu rekan" yang lain

    Offline Benny-pku

    • Jr. Member
    • **
    • Tulisan: 95
    Re:Tentang Transmiter FM merk Paramount
    « Jawab #3 pada: November 12, 2010, 10:14:26 PM »
  • Publish
  • maaf untuk mas beni tulisan anda yang pertama harusnya di sini http://elektronika.web.id/elkav2/index.php?topic=14.390 dan salami dulu rekan" yang lain

    maaf mas saya baru tau,krn saya newbie... :(

    Offline Benny-pku

    • Jr. Member
    • **
    • Tulisan: 95
    Re:Tentang Transmiter FM merk Paramount
    « Jawab #4 pada: November 12, 2010, 10:19:24 PM »
  • Publish
  • Bisa diganti dengan 2sc1971, lebih baik lagi kalau 2sc1972. 1971 dan 1972 Colectrnya ada di kaki no 3 hanya mengubah itu saja. Biasanya modul paramount itu normal di set di frekuesi itu saja, kalau di ubah bisa-bisa dayanya tidak keluar karena tidak dilengkapi VC untuk maching networknya.

    Kalau mau menggunakan frek. tetap gunakan PLL banyak dibahas di milist ini.

    Semoga membantu.

    sebelumnya makasih ya mas atas infonya..

    tapi saya sdh pernah coba pakai c1971,malah outputnya turun menjadi 0,5 watt..
    kira2 knapa th mas?

    mohon pencerahan ya mas...

    Offline andygaz21

    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 518
    • Adventure is a good teacher
      • trutorial elektro
    Re:Tentang Transmiter FM merk Paramount
    « Jawab #5 pada: November 12, 2010, 10:28:59 PM »
  • Publish
  • tu tr jangan jangan palsu 1971 normal 6w tapi bisa juga di rungng ampek 8w

    Offline zmcpy

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 299
    • A-Z
      • iseng-iseng
    Re:Tentang Transmiter FM merk Paramount
    « Jawab #6 pada: November 12, 2010, 10:38:42 PM »
  • Publish
  • pendorongnya pke brapa miliwatt? enaknya si pke 500-600 mW udah cukup, outnya bakalan 7W........

    Offline Benny-pku

    • Jr. Member
    • **
    • Tulisan: 95
    Re:Tentang Transmiter FM merk Paramount
    « Jawab #7 pada: November 12, 2010, 11:43:58 PM »
  • Publish
  • tu tr jangan jangan palsu 1971 normal 6w tapi bisa juga di rungng ampek 8w

    cara mngetahui asli apa tidaknya gimana mas ?

    Offline Benny-pku

    • Jr. Member
    • **
    • Tulisan: 95
    Re:Tentang Transmiter FM merk Paramount
    « Jawab #8 pada: November 12, 2010, 11:47:24 PM »
  • Publish
  • pendorongnya pke brapa miliwatt? enaknya si pke 500-600 mW udah cukup, outnya bakalan 7W........

    masalah pendorongnya ,saya pakai di bagian finalnya yg pertama yaitu c903 abis th dilanjutin dgn c2053,baru yang terakhir pakai c1970..
    nah kira2 dibgian terakhir th (c1970)  bisa gak diganti dgn c1971 atau 1972?

    Offline adib ali a

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 282
    Re:Tentang Transmiter FM merk Paramount
    « Jawab #9 pada: November 13, 2010, 12:05:41 AM »
  • Publish
  • pendorongnya pke brapa miliwatt? enaknya si pke 500-600 mW udah cukup, outnya bakalan 7W........

    masalah pendorongnya ,saya pakai di bagian finalnya yg pertama yaitu c903 abis th dilanjutin dgn c2053,baru yang terakhir pakai c1970..
    nah kira2 dibgian terakhir th (c1970)  bisa gak diganti dgn c1971 atau 1972?
    Bisa banget tuh,,,2SC1971 / 1972 kakinya tidak sama dengan 2SC1970, urutannya Kalau tampak depan B E C, kalau Trnya asli out bisa 6-8 Watt.

    Offline isurganteng

    • Isurganteng
    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 2652
    • Keseharianku Melawan Waktu
      • Keseharianku Melawan Waktu
    Re:Tentang Transmiter FM merk Paramount
    « Jawab #10 pada: November 13, 2010, 08:42:27 AM »
  • Publish
  • saya pernah pake paramont ambik osc nya aja trus dikasi penguat sendiri .... ternyata harmoniknya ... aslinya di bawah 88 .. saya curiga dililitannya .... akhirnya osc saya pake yang ronika :D .... usahakan osc frek yang diinginkan .... nanti bingung ndiri antena ngga mo macth2 padahal frek lain
    gdshost.net
    ym : yadi_arfm
    tukangsapu.net, isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdsapp.net

    Offline Benny-pku

    • Jr. Member
    • **
    • Tulisan: 95
    Re:Tentang Transmiter FM merk Paramount
    « Jawab #11 pada: November 13, 2010, 10:00:52 AM »
  • Publish
  • pendorongnya pke brapa miliwatt? enaknya si pke 500-600 mW udah cukup, outnya bakalan 7W........

    masalah pendorongnya ,saya pakai di bagian finalnya yg pertama yaitu c903 abis th dilanjutin dgn c2053,baru yang terakhir pakai c1970..
    nah kira2 dibgian terakhir th (c1970)  bisa gak diganti dgn c1971 atau 1972?
    Bisa banget tuh,,,2SC1971 / 1972 kakinya tidak sama dengan 2SC1970, urutannya Kalau tampak depan B E C, kalau Trnya asli out bisa 6-8 Watt.


    bisa kasih tunjuk penampakannya gak...
     saya bingung juga cara pasangnya,karena klu salah pasang yang ada transistornya takut rusak,dan untuk menggantinya harganya lumayan mahal th transistornya...

    Offline Benny-pku

    • Jr. Member
    • **
    • Tulisan: 95
    Re:Tentang Transmiter FM merk Paramount
    « Jawab #12 pada: November 13, 2010, 10:05:45 AM »
  • Publish
  • saya pernah pake paramont ambik osc nya aja trus dikasi penguat sendiri .... ternyata harmoniknya ... aslinya di bawah 88 .. saya curiga dililitannya .... akhirnya osc saya pake yang ronika :D .... usahakan osc frek yang diinginkan .... nanti bingung ndiri antena ngga mo macth2 padahal frek lain

    iya sich mas..
    saya mau set di frequensi 106,5 gak bisa dan maksimal freq hanya bisa di 100 Mhz..
    kira2 apa yang harus di rombak mas?

    Offline isurganteng

    • Isurganteng
    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 2652
    • Keseharianku Melawan Waktu
      • Keseharianku Melawan Waktu
    Re:Tentang Transmiter FM merk Paramount
    « Jawab #13 pada: November 13, 2010, 10:11:31 AM »
  • Publish
  • lilitannya di rombak .. kalo mau maen di atas dikurangi lilitannya oscilator .... 1 lilit lah .... kalo masalah penampakan transistor silahkan cari  www.alldatasheet.com disana bakal ada penampakan ... jangan lupa di belakang dikasi resistor karbon bernilai 50 ohm .... untuk meminimalisir agar jangan rusak tr nya jangan gunakan antena dulu ... kalo belum yakin 50 oohm .. kecuali kalo dah yakin antena match di 106.5 ndak papa
    gdshost.net
    ym : yadi_arfm
    tukangsapu.net, isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdsapp.net

    Offline bondanpepi

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 304
    • berbagi ilmu hal yg tdk salah
    Re:Tentang Transmiter FM merk Paramount
    « Jawab #14 pada: November 13, 2010, 10:40:02 AM »
  • Publish
  • he,..he.., paramout yang menyakitkan....banyak makan fainal,....!! uda h mas beni buat pll aja,......!paramount sering jalan2 kepasar ga setia lho,..klo buat brik2an ga pa2,....!diikat aja sama neng veronika,rdvv yang cantik,.....apa ....mc145151 yang montok,.......!aman terkendali,.....!

     


    Facebook Comments