Penulis Topik: Belajar Programmer  (Dibaca 7015 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Niel

  • Sr. Member
  • ******
  • Tulisan: 413
Belajar Programmer
« pada: Agustus 31, 2010, 04:03:52 PM »
  • Publish
  • Para Suhu, Master mohon petunjuk, mau belajar programmer mulai dari nol. Nah untuk pertama alat apa saja yang mesti saya sediakan. Dimana saya dapat memperoleh alat tersebut. Terima kasih

    Offline Machmud

    • Moderator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 1253
    Re:Belajar Programmer
    « Jawab #1 pada: September 01, 2010, 08:48:24 AM »
  • Publish
  • Belajar programmer yang mana?

    Offline aljero

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 265
    • mangan ra mangan sing penting sugih
    Re:Belajar Programmer
    « Jawab #2 pada: September 01, 2010, 09:20:42 AM »
  • Publish
  • Belajar programmer yang mana?

    mikrokontroler kali pak,
    Menekung Narawang Ngalampah Paripolah

    Offline Niel

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 413
    Re:Belajar Programmer
    « Jawab #3 pada: September 01, 2010, 01:14:36 PM »
  • Publish
  • Belajar yang sering dipakai untuk program pemancar, seperti memprogram IC PIC itu pak. Saya lihat saat ini PLL pemancar banyak menggunakan IC yang di program-program. 

    Offline aan

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 321
    Re:Belajar Programmer
    « Jawab #4 pada: Desember 22, 2010, 04:03:00 PM »
  • Publish
  •  8)  8) kalo topik ini banyak yang bahas berarti ada kursus gratis ni  8)  8) ikut mantau ah siapa tau........................................... ::)

    Offline Niel

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 413
    Re:Belajar Programmer
    « Jawab #5 pada: Desember 23, 2010, 07:56:49 AM »
  • Publish
  • Nah sekarang sdg nyari Downloader K182 mulai dari sana dulu, Ntar yg teori2nya kalau gak ngerti bisa ditanya di forum. Ada yg bisa kasih informasi dimana alat ini di jual online.

    Offline juhar

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 211
      • Tekad Karya Mandiri
    Re:Belajar Programmer
    « Jawab #6 pada: Desember 23, 2010, 08:43:27 AM »
  • Publish
  • coba cari di klinikrobot

    klo gak salah ada USB downloader buat PIC.
    Ato bikin sendiri yang pake serial port.

    Offline isurganteng

    • Isurganteng
    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 2652
    • Keseharianku Melawan Waktu
      • Keseharianku Melawan Waktu
    Re:Belajar Programmer
    « Jawab #7 pada: Desember 23, 2010, 08:58:20 AM »
  • Publish
  • ya saya juga belinya di klinikrobot ....
    gdshost.net
    ym : yadi_arfm
    tukangsapu.net, isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdsapp.net

    Offline bondanpepi

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 304
    • berbagi ilmu hal yg tdk salah
    Re:Belajar Programmer
    « Jawab #8 pada: Desember 23, 2010, 09:06:01 AM »
  • Publish
  • ms juhar saya ada beberapa ic program bekas,....nah yg mo saya tanyakan bisa tidak ic tersebut kita hapus programnya trus diisi program baru,,.....trus klo ic tsb diprotek dgn paswort gmn cara merayu ic tsb bisa membuka,.....he2 makasih dulu mas juhar dan kwan tolong dibantu ya,,.....

    Offline juhar

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 211
      • Tekad Karya Mandiri
    Re:Belajar Programmer
    « Jawab #9 pada: Desember 23, 2010, 09:17:18 AM »
  • Publish
  • IC apaan mas Bondan ? Klo IC PIC ato ATMEL, meskipun diprotect, kalo mo diprogram ulang ya tinggal dihapus aja, cuman isi  program aslinya hilang. Tapi masih bisa dipakai lagi :)

    Klo yang saya tahu dulu, isi IC PIC ama Atmel yang diproteck masih bisa dibaca lagi isinya asalkan kita bisa hapus fuse CP_ON yang ada dalam IC. Caranya agak rumit, musti amplas IC sampe kita tahu bagian dalemnya, trus di bagian tertentu disinar uv, tapi nggak boleh kena bagian yang berisi program.

    Tapi mungkin juga ada cara lain, kan teknologi berkembang terus.

    Klo saran ane sih, mendingan bikin sendiri ato minta tolong ke orang yang ahli, itung2 bagi2 rejeki hehehe :)


    Offline bondanpepi

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 304
    • berbagi ilmu hal yg tdk salah
    Re:Belajar Programmer
    « Jawab #10 pada: Desember 23, 2010, 09:36:00 AM »
  • Publish

  • kayaknya atmel mas ....  foto dr bekas paralel telepon ama ronsokan radio ssb yg sistemnya pencet tombol dulu baru ngebrik,....biasa radio tuexs,trus pemrogramannya lebih rumit mana ms antar atmel ama pic.....?

    baru cek di dataset AM27C512 - 512 Kilobit (64 K x 8-Bit) CMOS EPROM - Advanced Micro Devices
    « Edit Terakhir: Desember 23, 2010, 10:15:27 AM oleh bondanpepi »

    Offline juhar

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 211
      • Tekad Karya Mandiri
    Re:Belajar Programmer
    « Jawab #11 pada: Desember 23, 2010, 10:15:15 AM »
  • Publish
  • Haaa... kalo yang difoto mas Bondan itu EPROM atau semacam flashdisknya jaman dulu. Biasanya hanya diisi data, trus yang mbaca sih mikronya. Itu masih bisa dipakai, caranya dengan menghapus dulu dengan sinar ultraviolet selama 5 menit. Atau klo mau dibaca dulu isinya juga bisa, tapi emang isinya biasanya cuman data atau bagian program. Tapi dia sendiri tidak bisa eksekusi programnya.

    Antara Atmel ama PIC, klo menurutku sih hampir sama kok,

        Atmel yang keluarga 8051, seperti 89x2051 / 89x51 lebih murah, instruksinya agak banyak, arsitekturnya pake von Neumman (jalur data & program jadi satu). Lamanya suatu instruksi dijalankan bervariasi.

    Klo PIC ini arsitektur Harvard, jadi jalur data ama program sendiri2. Instruksinya cuman dikit, klo gak salah buat 16x84 cuman 35 instruksi aja. Trus bisa dipastikan kalo per instruksi dijalankan dalam 1 cycle kecuali percabangan.

    Coba aja donlod datasheet PIC 16F628 ama Atmel 89S51, ntar coba dibandingkan.

    Offline bondanpepi

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 304
    • berbagi ilmu hal yg tdk salah
    Re:Belajar Programmer
    « Jawab #12 pada: Desember 23, 2010, 10:41:19 AM »
  • Publish
  • sebentar bertahap dulu mas tak buat USB downloader buat PIC dulu,ms ........trus  conektor yg nancap ke komputer pakai bekas jamper printer/mouse  bisa tdk mas juhar,....?.....biasa wong ndeso

    Offline juhar

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 211
      • Tekad Karya Mandiri
    Re:Belajar Programmer
    « Jawab #13 pada: Desember 23, 2010, 11:20:49 AM »
  • Publish
  • Aku belum pernah bikin klo USB donloader, soalnya skema Brenner yang aku dapet musti pake PIC 18F2550 sebagai slave-nya.

    Kebetulan di rumah masih ada port serialnya, jadi aku bikin JDM programmer, lumayan bisa buat seri 16Fxxx

    Coba cek di trit programmer pic, klo gak salah ada linknya.

    Klo mo yang usb ya beli jadi ae hehehe :)

    Offline Awi

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 159
    Re:Belajar Programmer
    « Jawab #14 pada: Agustus 15, 2011, 05:52:24 AM »
  • Publish
  • Saya juga ingin belajar memprogram ic. Pengetahuan saya  masih nol soal beginian:(

     Sebagai pertanyaan awal , apa itu pin SDA dan SCL pada ic memori ? Tq
    aku hanyalah manusia yang tak sempurna

     


    Facebook Comments