Penulis Topik: Segala sesuatu tentang Coax, Loss, velocity,, power handling dan erp  (Dibaca 28359 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Amron

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 67
Re:Segala sesuatu tentang Coax, Loss, velocity,, power handling dan erp
« Jawab #30 pada: Desember 13, 2011, 04:27:00 PM »
  • Publish
  • Bagus juga tuh kabel yang murah, saya pakai RG8 merk FUJIKURA bisa match
    cuma fisik kabel ini lebih besar beberapa mili di banding merk Belden
    sehingga harus dikupas kulitnya sedikit biar masuk connector N

    Warna kabel hitamnya kurang
    klo belden yang 1 meternya 12 rb kira2 brapa ya pak VF nya soale saya dip kok ngak bisa turun SWRnya klo yang merek toyosaki bisa di dip atau memang seperti itu pak kabel memang ada yang bisa di dip sama enngak

    Offline ken

    • Global Moderator
    • Sr. Member
    • ********
    • Tulisan: 409
    Re:Segala sesuatu tentang Coax, Loss, velocity,, power handling dan erp
    « Jawab #31 pada: Desember 18, 2011, 08:50:34 PM »
  • Publish
  • klo belden yang 1 meternya 12 rb kira2 brapa ya pak VF nya soale saya dip kok ngak bisa turun SWRnya klo yang merek toyosaki bisa di dip atau memang seperti itu pak kabel memang ada yang bisa di dip sama enngak

    Sebenarnya tanpa tahu velocity-nya kita bisa ngedip kabel kok, velocity hanya untuk acuan saja (perkiraan saja).
    Klo masalah kabel tdk bisa di dip biasanya krn kualitas buatanya kurang baik,sehingga impedansinya tdk rata sepanjang kabel.
    Selain itu kadang kondisi kabel yg rusak, bisa karena sobek, gepeng... or rusak kena power melampaui kapasitasnya hingga dielectrikum foam berubah, bahkan iner kabel bisa bergeser dari titik tengah dan penampang yg bundar bisa lonjong.
    Semoga bermanfaat....

    Offline isurganteng

    • Isurganteng
    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 2652
    • Keseharianku Melawan Waktu
      • Keseharianku Melawan Waktu
    Re:Segala sesuatu tentang Coax, Loss, velocity,, power handling dan erp
    « Jawab #32 pada: Desember 18, 2011, 09:04:13 PM »
  • Publish
  • kang ... aku mo ngedip kabel tapi sudah bergantung 75 meter ... gimana caranya ya ... pake heliax 7/8 nih
    gdshost.net
    ym : yadi_arfm
    tukangsapu.net, isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdsapp.net

    Offline ken

    • Global Moderator
    • Sr. Member
    • ********
    • Tulisan: 409
    Re:Segala sesuatu tentang Coax, Loss, velocity,, power handling dan erp
    « Jawab #33 pada: Desember 18, 2011, 09:49:42 PM »
  • Publish
  •  dada2
    Di dip dari bawah aja kang.... tehnik ini sering sy pakai dulu kang... hasilnya lebih yakin & nancap!
    Sambungan dari input devider dilepas... minta sama owner belikan AIR KEMBANG... eh... sp*rite masud na. Air-nya di minum dan kalengnya utk kasih slide ujung konektor atas (usahakan kaleng konek dgn outer konektor/kabel) dan iner sejauh mungkin dari kaleng. Dan potongnya dari bawah kang... klo tdk mau ribet or konektor flange rusak.... ya buat conektor kusus kang...
     ide1
    [spoiler]Klo tdk di slide kadang ngaco kang... apalg klo deket transmiter lain.[/spoiler]
    Semoga membantu...

    Offline isurganteng

    • Isurganteng
    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 2652
    • Keseharianku Melawan Waktu
      • Keseharianku Melawan Waktu
    Re:Segala sesuatu tentang Coax, Loss, velocity,, power handling dan erp
    « Jawab #34 pada: Desember 19, 2011, 11:25:43 PM »
  • Publish
  • jiah ... manjat juga dong kang .. .wkakakak ... mayan tenggi 67meter...
    gdshost.net
    ym : yadi_arfm
    tukangsapu.net, isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdsapp.net

    Offline ken

    • Global Moderator
    • Sr. Member
    • ********
    • Tulisan: 409
    Re:Segala sesuatu tentang Coax, Loss, velocity,, power handling dan erp
    « Jawab #35 pada: Desember 20, 2011, 10:40:43 AM »
  • Publish
  • wekwekwek.... boys1
    kan udah minum air kembang...
     :D
    Hati-hati kang... good luck aja deh!

    Offline isurganteng

    • Isurganteng
    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 2652
    • Keseharianku Melawan Waktu
      • Keseharianku Melawan Waktu
    Re:Segala sesuatu tentang Coax, Loss, velocity,, power handling dan erp
    « Jawab #36 pada: Desember 21, 2011, 01:29:29 AM »
  • Publish
  • antena sekarang macing sih kang ... cuma bingung pake antena apa bagusnya .... karena skornya ada 6 ... trus ... kira2 pas 4 bay antena ... katanya pake belimbing ... kawat kelipatan 1 lamda ... biar ngga pengaruh skornya .. apa bener ya ?
    gdshost.net
    ym : yadi_arfm
    tukangsapu.net, isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdsapp.net

    Offline ken

    • Global Moderator
    • Sr. Member
    • ********
    • Tulisan: 409
    Re:Segala sesuatu tentang Coax, Loss, velocity,, power handling dan erp
    « Jawab #37 pada: Desember 22, 2011, 02:53:10 PM »
  • Publish
  • owhhh.....
    Memang utk AM sangat berpengaruh penggunaan isolator belimbing kang,
    tapi utk FM.... effeknya tdk signifikan kang, apalagi klo resonan (1 lamda misalnya).
     ide1
    [spoiler]Klo saya biasanya dgn antenna macam kesukaan akang... dgn pengaturan sedemikian hingga supaya pola pancaran tdk sejajar dgn skoor, dan dgn menjauhkan posisi braket sejauh mungkin yg bisa dari tiang tower agar antenna bisa jauh dari konductor. Perlu di pertimbankan wind effek dlm hal ini... krn meskipun si Win itu anaknya cuaannnntik... tp bisa bikin melayang-layang... wkwkwkw.
    Saya jg pernah terfikir dgn mengganti skoor dgn jenis isolator macam nilon or string yg berdiameter besar... tp ngeri jg krn klo saya amati bahan-bahan itu akan retak-retak dan mudah patah jk kena sinar matahari terus.
    Sedang utk SST jg tetep ada kok kang... problemnya biasa ada di coverange di balik tower. Memang sieh utk yg punya bugget lebih bisa di set dgn jenis antenna yg mengelilingi tower... tp takutnya pasak-nya lebih besar dari tiangnya wekwekwek...
    Sedang klo diganti dgn antenna vertical tipe pemasangan top-mout jg ngeri sama OM GUNDALA... weleh... weleh...[/spoiler]

    Offline isurganteng

    • Isurganteng
    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 2652
    • Keseharianku Melawan Waktu
      • Keseharianku Melawan Waktu
    Re:Segala sesuatu tentang Coax, Loss, velocity,, power handling dan erp
    « Jawab #38 pada: Desember 24, 2011, 12:03:11 AM »
  • Publish
  • hihihi bener kang ... maen vertikal ... ancur di tengah kota .... maen circular ... bagusnya top mount ... pake pipa ... wah . masi ngeri sama wiwin ... saya coba single ring ... pake spasi pendek top mount pipa pake 2 bay kenceng juga kang .... yang jadi masalah sira mo diginiin .... mpos juga tu pipa ... ngeri ....  solusinya mungkin ngga perlu tinggi2 ... karena kalo tinggi spasi untuk skor nya rapat kali ... mungkin di ketinggian 40 meter dah cukup ... dari pada di 60 meter ... tapi skor rapat kali .... tah jadi antena apa namanya hahahahah.....

    masih ngandalin sira sih ... tapi masih terpikir dengan ngelapisi kemarin kan .... kek nya disini ngga ada deh ... :(

    tapi kalo dipikir2 .. kalo paham rumus2 antena .. .dengan kondisi skor sejelimet gitu ... pasti bisa bikin model antena  sesuai keinginan jatuh signal bagus ... dengan memanfaatkan reflektor  skor yang banyak tersebut ... betul ngga kang ?
    gdshost.net
    ym : yadi_arfm
    tukangsapu.net, isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdsapp.net

    Offline Kang Paimo

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 298
    Re:Segala sesuatu tentang Coax, Loss, velocity,, power handling dan erp
    « Jawab #39 pada: Desember 24, 2011, 06:14:10 AM »
  • Publish
  • kang ... aku mo ngedip kabel tapi sudah bergantung 75 meter ... gimana caranya ya ... pake heliax 7/8 nih

    Kalau di seluler/BTS , kabel 1/2" , 7/8" , 1 5/8" nggak pernah di dip , langsung pasang berapapun panjangnya.

    Offline isurganteng

    • Isurganteng
    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 2652
    • Keseharianku Melawan Waktu
      • Keseharianku Melawan Waktu
    Re:Segala sesuatu tentang Coax, Loss, velocity,, power handling dan erp
    « Jawab #40 pada: Desember 24, 2011, 09:33:50 AM »
  • Publish
  • bener juga sih kang ... kek nya masalahnya di kebanyakan skor .... rapat kali kang ... 
    sekarang nyandar sih pake antenna naroww band, ngga diukur2 maen pasang aja....
    gdshost.net
    ym : yadi_arfm
    tukangsapu.net, isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdsapp.net

    Offline loading coil

    • Newbie
    • *
    • Tulisan: 21
    Re:Segala sesuatu tentang Coax, Loss, velocity,, power handling dan erp
    « Jawab #41 pada: Pebruari 02, 2012, 04:10:26 PM »
  • Publish
  • Tabel velocity yang dipakai dengan rumus

    ((300 dibagi frekuensi)/2*velocity)
    ,,,,, salam pak machmud,,,, saya mau nanya,,, apa kalo mau buat antena 5/8,, kabelnya juga harus kelipatan 5/8..?

    Offline Machmud

    • Moderator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 1253
    Re:Segala sesuatu tentang Coax, Loss, velocity,, power handling dan erp
    « Jawab #42 pada: Pebruari 03, 2012, 08:43:07 AM »
  • Publish
  • Kabel tsb di DIP bukan kelipatan 5/8 tapi kelipatan 1/2 lamda kali veolicty

    Offline xborneo

    • Newbie
    • *
    • Tulisan: 21
    Re:Segala sesuatu tentang Coax, Loss, velocity,, power handling dan erp
    « Jawab #43 pada: April 11, 2012, 01:14:39 PM »
  • Publish
  • Om mau tanya nih cara matching cable by MFJ 269 rada bingung nih kalkulasi1..........bagi ilmunya om mahmud tau om isur ide1

    Offline Busan

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 495
      • My Electronic Collections
    Re:Segala sesuatu tentang Coax, Loss, velocity,, power handling dan erp
    « Jawab #44 pada: April 11, 2012, 06:29:43 PM »
  • Publish
  • Main kesini tentang Ngukur Antenna FM Make MFJ
    RBS FM on

     


    Facebook Comments