Penulis Topik: Pemancar mini (VCO) Ronica 88-108 MHz untuk pemula  (Dibaca 51374 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline wawan ^ duna

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 79
Re:Pemancar mini (VCO) Ronica 88-108 MHz untuk pemula
« Jawab #135 pada: Juli 27, 2011, 03:56:23 PM »
  • Publish
  • Kalau PCB Kit PEmanacar kayak gini kayaknya emang gk ada lg yg jual tuh, bagusan bikin sndiri aja PCBnya>>>>
    Dwi 4n994 Kurniaw4n

    Offline panturanetwork

    • Newbie
    • *
    • Tulisan: 15
    Re:Pemancar mini (VCO) Ronica 88-108 MHz untuk pemula
    « Jawab #136 pada: Juni 18, 2012, 02:51:53 AM »
  • Publish
  • mohon maaf kalo pertanyaan saya ini salah atau gak umum

    bisakah Pemancar FM mini spt ini di pergunakan untk alat komunikasi 2 arah yg bisa kirim/terima atau bicara/dengar secara bersamaan  ?
    misalnya :
    A] modul Penerima FM Mini+Mic (utk dengar) dan modul Pemancar FM Mini+Speaker (utk bicara) lalu kedua modul dipack bersama berdampingan dlm satu packing box kecil
    B] Pemancar FM Mini+Mic (utk bicara) + Penerima FM Mini+Speaker (untk dengar), kedua modul dipack bersama berdampingan dlm satu packing box kecil
    Pemancar A dan Pemancar B memakai frek yg berbeda, sehingga A dan B diharapkan bisa saling bicara + saling dengar secara bersamaan spt telp biasa, atau spt cordless saat komunikasi antar handset, tidak spt HT atau walkie talky yg antara dengar dan bicara harus saling bergantian (tdk bisa bersamaan)

    Apa gagasan gini bisa direalisasikan dan tidak muncul kendala spt noise ?
    Andaikan memungkinkan lalu kendala lainnya apa aja ?
    Konsumsi dayanya gimana apa mampu dicover oleh battery ?

    inginnya hanya alat komunikasi sederhana yg bisa saling bicara/dengar secara bersamaan, untk jarak pendek antara di atas tower dan dibawah tower

    terima kasih
    « Edit Terakhir: Juni 18, 2012, 02:57:58 AM oleh panturanetwork »

    Offline cungkrinx

    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 643
      • omrin
    Re:Pemancar mini (VCO) Ronica 88-108 MHz untuk pemula
    « Jawab #137 pada: Juni 18, 2012, 06:57:41 AM »
  • Publish
  • bisa direalisasikan  8)

    Offline masYok

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 252
    • homebrewer otodidak yang banyak belajar dari KHE
    Re:Pemancar mini (VCO) Ronica 88-108 MHz untuk pemula
    « Jawab #138 pada: Juli 19, 2012, 11:35:05 PM »
  • Publish
  • mohon maaf kalo pertanyaan saya ini salah atau gak umum

    bisakah Pemancar FM mini spt ini di pergunakan untk alat komunikasi 2 arah yg bisa kirim/terima atau bicara/dengar secara bersamaan  ?
    misalnya :
    A] modul Penerima FM Mini+Mic (utk dengar) dan modul Pemancar FM Mini+Speaker (utk bicara) lalu kedua modul dipack bersama berdampingan dlm satu packing box kecil
    B] Pemancar FM Mini+Mic (utk bicara) + Penerima FM Mini+Speaker (untk dengar), kedua modul dipack bersama berdampingan dlm satu packing box kecil
    Pemancar A dan Pemancar B memakai frek yg berbeda, sehingga A dan B diharapkan bisa saling bicara + saling dengar secara bersamaan spt telp biasa, atau spt cordless saat komunikasi antar handset, tidak spt HT atau walkie talky yg antara dengar dan bicara harus saling bergantian (tdk bisa bersamaan)

    Apa gagasan gini bisa direalisasikan dan tidak muncul kendala spt noise ?
    Andaikan memungkinkan lalu kendala lainnya apa aja ?
    Konsumsi dayanya gimana apa mampu dicover oleh battery ?

    inginnya hanya alat komunikasi sederhana yg bisa saling bicara/dengar secara bersamaan, untk jarak pendek antara di atas tower dan dibawah tower

    terima kasih

    itu namanya mode full duplex mas, pake dua jalur frekuensi yang berbeda antara TX & RX
    "Ketika kamu merasa pintar saat itulah kamu menjadi bodoh!" (Durrotun Nashihin)

    http://elektronikanalog.blogspot.com

    Offline roxas

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 124
    Re:Pemancar mini (VCO) Ronica 88-108 MHz untuk pemula
    « Jawab #139 pada: Juli 20, 2012, 02:41:08 PM »
  • Publish
  • Quote ....Pemancar FM mini + Penerima FM mini dalam satu pak,.....
    Kalau daya pancar kecil (1 mW) berarti cuma jarak dekat masih memungkinkan, asal frekuensi penerima dan pemancar cukup jauh, misalnya RX 88 MHz, TX 108 MHz, Tapi agak ribet karena antena pemancar dan penerima nggak boleh disatukan / harus terpisah. kalau disatukan selain bisa bikin penerima saturasi sehingga mengganggu penerimaan.
    Kalau antena pingin disatukan harus pakai rangkaian filter pasif / duplexer
    keuntungan pake duplexer, daya pancar bisa agak gede tanpa mempengaruhi penerima 
    SEGALA SESUATU ITU ADA WAKTUNYA

    Offline rohmani roy

    • Jr. Member
    • **
    • Tulisan: 76
    Re:Pemancar mini (VCO) Ronica 88-108 MHz untuk pemula
    « Jawab #140 pada: Agustus 03, 2012, 07:07:48 PM »
  • Publish
  • kalo dijakarta PCB nya masih banyak yang jual,,sekarang aja sy lg rakit pcb ronica,,tp daya pancarnya gak begitu jauh. tp sekarang masih dioprek2 supaya agak jauh.
    jangan berhenti menimba ilmu,kecuali maut yang menghentikannya.

    Offline Arkaz_joe

    • Newbie
    • *
    • Tulisan: 1
    Re:Pemancar mini (VCO) Ronica 88-108 MHz untuk pemula
    « Jawab #141 pada: Desember 24, 2014, 03:48:14 AM »
  • Publish
  • Mo nanya nih master" sekalian. 1.Sya pke 2xc930 (beli 5 biji yg 3 biji pnas klo d pke)-c2053 jarak pancar cuma 10m dengan suara bening. Ketika d tune lagi suara dengung bisa sampe 20m dgn antena colokan dvd. Tpi kalo d pasang antena kok d dpn pintu udah butek suara ny. help me...
    2. Untuk booster: kaki bd139 kan ECB. Saat d rangkai alhasil konslet. help me.. N sya punya c1969(asli stok lma, d liat dari kaki ny yg karatan. harga cuma 13rb. Masih ada 5 d toko) bisa ndak d dorong bd139(biar kluar watt gede). Salam

    Offline zia

    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 633
    Re:Pemancar mini (VCO) Ronica 88-108 MHz untuk pemula
    « Jawab #142 pada: Desember 24, 2014, 11:16:51 PM »
  • Publish
  • c930 / c2053 untuk transmitter daya kecil.
    bd 139 bukan untuk VHF.
    kalo mau coba veronica saja. final pake 2053.
    perkuat dengan 1970 dan 1971 udah cukup.

    Offline cungkrinx

    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 643
      • omrin
    Re:Pemancar mini (VCO) Ronica 88-108 MHz untuk pemula
    « Jawab #143 pada: Pebruari 12, 2015, 12:05:12 PM »
  • Publish
  • Mo nanya nih master" sekalian. 1.Sya pke 2xc930 (beli 5 biji yg 3 biji pnas klo d pke)-c2053 jarak pancar cuma 10m dengan suara bening. Ketika d tune lagi suara dengung bisa sampe 20m dgn antena colokan dvd. Tpi kalo d pasang antena kok d dpn pintu udah butek suara ny. help me...
    2. Untuk booster: kaki bd139 kan ECB. Saat d rangkai alhasil konslet. help me.. N sya punya c1969(asli stok lma, d liat dari kaki ny yg karatan. harga cuma 13rb. Masih ada 5 d toko) bisa ndak d dorong bd139(biar kluar watt gede). Salam
    boleh neh C1969 nya di lempar kemari :D

     


    Facebook Comments