Penulis Topik: Pemancar mini (VCO) Ronica 88-108 MHz untuk pemula  (Dibaca 50027 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline isurganteng

  • Isurganteng
  • Administrator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 2652
  • Keseharianku Melawan Waktu
    • Keseharianku Melawan Waktu
Pemancar mini (VCO) Ronica 88-108 MHz untuk pemula
« pada: Oktober 01, 2009, 03:52:38 PM »
  • Publish
  • iseng - iseng neh buat oscilator fm mini ... dulu pertamakali maen2 pemancar fm pake ni ... mayan bisa sampe 1km an pake antena J match dengan ketinggian antena 5meter sajah ... :D


    untuk  pecebenya ntar dibikin kan .. lom siap hohohoho
    « Edit Terakhir: Oktober 06, 2009, 01:00:00 AM oleh isurganteng »
    gdshost.net
    ym : yadi_arfm
    tukangsapu.net, isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdsapp.net

    Offline andygaz21

    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 518
    • Adventure is a good teacher
      • trutorial elektro
    Re:Pemancar mini (VCO) Ronica 88-108 MHz untuk pemula
    « Jawab #1 pada: Oktober 02, 2009, 09:30:27 AM »
  • Publish
  • kang ini lo kan saya ada tapi belum saya rakit sih, exciter SATRUN S083 itu ocilatornya memakai C829 Trus bufer pertama C2053, bufer kedua 2XC710, bufer ke tiga 4XC710, dan bufer ke empat juga 4XC710. itu apa bener ya bisa keluar 5W soalnya di keteranganya sih Pemancar FM 5W gitu.

    Offline lutfi

    • Moderator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 663
    Re:Pemancar mini (VCO) Ronica 88-108 MHz untuk pemula
    « Jawab #2 pada: Oktober 02, 2009, 01:52:29 PM »
  • Publish
  • wew kenang kenangan jadi inget waktu dulu masih awam!!!! bisa mancar cuma sampe depan rumah udah seneng banget!! lucunya waktu itu  pemancar ronika sama saya gag di kasih antenna !!! cuma txnya aja :) :) :) heheh betapa awamnya saya di dunia pemancar!!!
    Meonggg

    Offline lutfi

    • Moderator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 663
    Re:Pemancar mini (VCO) Ronica 88-108 MHz untuk pemula
    « Jawab #3 pada: Oktober 02, 2009, 02:05:00 PM »
  • Publish
  • saturn s083 saya pernah beli bagus sih stabil osilasinya tapi output keluaran rf nya
    gag sampe 1watt!! mungkin teman 2 punya pengalaman berbeda
    Meonggg

    Offline andygaz21

    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 518
    • Adventure is a good teacher
      • trutorial elektro
    Re:Pemancar mini (VCO) Ronica 88-108 MHz untuk pemula
    « Jawab #4 pada: Oktober 03, 2009, 12:02:49 PM »
  • Publish
  • itu pcbnya mudah kok di dapat di pasaran dengan harga 1000 saja tapi kan saya dulu juga perna bikin yang kayak gitu tapi kok jangkauanya hanya cuma 50 meteran saja ya padahal saya sudak menggunakan kabal RG8 trus antena vertikal 5/8 dengan gain 3,3 db dan ketinggian antena 15M?...... ganti

    Offline isurganteng

    • Isurganteng
    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 2652
    • Keseharianku Melawan Waktu
      • Keseharianku Melawan Waktu
    Re:Pemancar mini (VCO) Ronica 88-108 MHz untuk pemula
    « Jawab #5 pada: Oktober 05, 2009, 01:59:38 AM »
  • Publish
  • kang ini lo kan saya ada tapi belum saya rakit sih, exciter SATRUN S083 itu ocilatornya memakai C829 Trus bufer pertama C2053, bufer kedua 2XC710, bufer ke tiga 4XC710, dan bufer ke empat juga 4XC710. itu apa bener ya bisa keluar 5W soalnya di keteranganya sih Pemancar FM 5W gitu.

    ngga ah .. ngaco tuh ... ntu rangkaian ngga jalan saia .. harus dirubah2 nilai komponenna ... tapi ngga tau deng kalo yang lain bisa jalan ... sedangkan pcb yang ronika ntu aja kaki transistor osc dibalik2 dan ada nilai komp yang tak bener ... kalo tak teliti pasti tak jalan :D

    dulu pernah saya buat tu ronika ... pake 1971 1946 2782 keluar 100watt ... dah seneng2 wuihh mantep ne pasti jauh ... eh jarak 1 kilo dah ilang ... rupane oscilatornya di di bawah 88mhz ... hahahha ngakak abiss saia ... maklum lah masi cupu ... baru tamat smp hohoho ... rupana osc 3 lilit kebanyakan ... makanya kalo pake koker 8mm suka pake 2 sampe 2.5 lilitan max .. :D
    gdshost.net
    ym : yadi_arfm
    tukangsapu.net, isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdsapp.net

    Offline isurganteng

    • Isurganteng
    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 2652
    • Keseharianku Melawan Waktu
      • Keseharianku Melawan Waktu
    Re:Pemancar mini (VCO) Ronica 88-108 MHz untuk pemula
    « Jawab #6 pada: Oktober 05, 2009, 02:08:15 AM »
  • Publish
  • itu pcbnya mudah kok di dapat di pasaran dengan harga 1000 saja tapi kan saya dulu juga perna bikin yang kayak gitu tapi kok jangkauanya hanya cuma 50 meteran saja ya padahal saya sudak menggunakan kabal RG8 trus antena vertikal 5/8 dengan gain 3,3 db dan ketinggian antena 15M?...... ganti

    ... kali aja yang mancar speleterannya ... kalo mao buat oscilatornya aja dulu ... jangan pasang penguatnnya ... pasang boleh ... tapi lilitan ke colektor penguat di lepas aja dulu ... nah pas osc dah di set pada frek yang di inginkan ... baru deh pasang penguat2na ... kalo osc saia rasa haromik kecil ... masi bisa lah kita bedakan ....

    setelah itu di akhir penguat dipasang resistor 2x100 ohm 1/2watt karbon ... di paralel sebage dumilud ... terus .. di setiap tingkatan pake rf meter apa sih lupa namanya ... field strange meter ... gitu ya .\??? makloum gaptek englesshh .... ntar de dibikinkan rangkaian rf strange meter sederhana ... saia kemarin buat pake VU level dan dioda 4148 2 biji ... bagusnya si katanya pake 1N60 ... untuk liat keluaran rf ... tingal atur trimer sama renggang rapat lilitan untuk lev tertinggi ... ada salah tolong koreksi ato ngga ada ya ... tambahin pengalaman ,, na ...  :D
    gdshost.net
    ym : yadi_arfm
    tukangsapu.net, isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdsapp.net

    Offline andygaz21

    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 518
    • Adventure is a good teacher
      • trutorial elektro
    Re:Pemancar mini (VCO) Ronica 88-108 MHz untuk pemula
    « Jawab #7 pada: Oktober 05, 2009, 08:54:05 AM »
  • Publish
  • kang vco ronika di betulin lagi dong sekemanya, lis komponen dan layout pcb nya....... trus ini kang kan temenku punya pemancar VCO rakitan sendiri tapi kok kalau input audio di gedekan di radio penerimanya langsung besssssssssssss seolah olah pemancar di matikan padahal itu tidak di matikan lo kang. trus caranya mbetulin kembali pemancar di matikan trus input audionya dikecilin dulu lalu pemancar di hidupkan lagi. tapi kalau in audio digedein lagi ya langsung bessssss di radio penerina itu kenapa ya kang?........ ganti

    Offline isurganteng

    • Isurganteng
    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 2652
    • Keseharianku Melawan Waktu
      • Keseharianku Melawan Waktu
    Re:Pemancar mini (VCO) Ronica 88-108 MHz untuk pemula
    « Jawab #8 pada: Oktober 05, 2009, 12:26:08 PM »
  • Publish
  • jangan2 ngambilnya dari output amplifier .... jangan gunakan dari amplifier ... cukup dari headpone saja ... trus kalo masi juga ... coba pada elko input audio sebelumnya di tambah resistror 47k ... iya sabar ... ntar di perbaiki .. ne ja baru bangun ... hehehehhe  ;D
    gdshost.net
    ym : yadi_arfm
    tukangsapu.net, isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdsapp.net

    Offline andygaz21

    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 518
    • Adventure is a good teacher
      • trutorial elektro
    Re:Pemancar mini (VCO) Ronica 88-108 MHz untuk pemula
    « Jawab #9 pada: Oktober 05, 2009, 01:08:33 PM »
  • Publish
  • iya ini ngambilnya dari stereo mini amplifier soalnya kalau gak pake ampli mini kedengeranya di radio sangat kecil sekali volumenya

    Offline isurganteng

    • Isurganteng
    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 2652
    • Keseharianku Melawan Waktu
      • Keseharianku Melawan Waktu
    Re:Pemancar mini (VCO) Ronica 88-108 MHz untuk pemula
    « Jawab #10 pada: Oktober 05, 2009, 01:21:40 PM »
  • Publish
  • boleh di ambil dari ampli tapi harus dikasi tahanan dulu ... mungkin range nya dari 5k6 sampe 100k, biasanya pemancar fm kalo di ambil dari headphone aja sudah cukup tuh :D
    gdshost.net
    ym : yadi_arfm
    tukangsapu.net, isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdsapp.net

    Offline andygaz21

    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 518
    • Adventure is a good teacher
      • trutorial elektro
    Re:Pemancar mini (VCO) Ronica 88-108 MHz untuk pemula
    « Jawab #11 pada: Oktober 05, 2009, 03:15:10 PM »
  • Publish
  • oooo jadi itu normal ya?..... trus untuk yang Pemancar mini (VCO) Ronica itu yang bagian L koker berapa lilit ya?..... trus kokernya sendiri diameternya berapa ya?....... kang. ganti

    Offline isurganteng

    • Isurganteng
    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 2652
    • Keseharianku Melawan Waktu
      • Keseharianku Melawan Waktu
    Re:Pemancar mini (VCO) Ronica 88-108 MHz untuk pemula
    « Jawab #12 pada: Oktober 05, 2009, 11:31:06 PM »
  • Publish
  • kalo untuk frekwensi di atas saia biasa pake 2 lilit ... kalo di bawah pake 3 .... biasa banyak tu yang jual di pasaran koker ferrite 8mm,  ini ada gambar dapet dari google tapi kaianya ini yang kecil ...


    tapi model2 gitu lah ....

    duh ... iki buat pcb na rued juga ya .. dare tadi lom selese2 ... pake pcb express ...
    gdshost.net
    ym : yadi_arfm
    tukangsapu.net, isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdsapp.net

    Offline isurganteng

    • Isurganteng
    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 2652
    • Keseharianku Melawan Waktu
      • Keseharianku Melawan Waktu
    Re:Pemancar mini (VCO) Ronica 88-108 MHz untuk pemula
    « Jawab #13 pada: Oktober 06, 2009, 12:49:23 AM »
  • Publish
  • tata letak komponent

    layout bawah

    sori rada mencong2 ... hahahha baru coba2 ne beken pcb pake pcb express ...
    « Edit Terakhir: Oktober 06, 2009, 12:54:03 AM oleh isurganteng »
    gdshost.net
    ym : yadi_arfm
    tukangsapu.net, isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdsapp.net

    Offline andygaz21

    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 518
    • Adventure is a good teacher
      • trutorial elektro
    Re:Pemancar mini (VCO) Ronica 88-108 MHz untuk pemula
    « Jawab #14 pada: Oktober 06, 2009, 08:30:23 AM »
  • Publish
  • ooo jadi itu menggunakan koker yang 8 mm ya bukan 5 mm trus tu 2lilit itu kawatnya ukurannya apa sama ya 0,3 mili M?...... trus frek di atas frek di bawah tu maksutnya apa ya?..... ganti

     


    Facebook Comments