Penulis Topik: Dioda Varactor di ganti dengan transistor  (Dibaca 22227 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline aljero

  • Sr. Member
  • ******
  • Tulisan: 265
  • mangan ra mangan sing penting sugih
Re:Dioda Varactor di ganti dengan transistor
« Jawab #15 pada: Juli 22, 2010, 12:26:18 PM »
  • Publish
  • BUkan nghejek Pak barangkali saja memang ada yang sudah nyoba, kalau saya pakai varactor yang mirif transistor tetapi kaki nya ada 3 bh, tapi itu bukan transistor teap saja dioda varactor dengan tiga buah kaki seperti dibawah ini


    wah pak macmud masa saya ndak bisa mbedakan mana varactor mana transistor...yang saya pake asli transistor...murah meriah...kalau dibandung harganya mungkin cuma 500 perak..
    seri nya berapa bro,
    Menekung Narawang Ngalampah Paripolah

    Offline Realino Wibowo

    • Moderator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 648
    • All about real life
    Re:Dioda Varactor di ganti dengan transistor
    « Jawab #16 pada: Juli 22, 2010, 12:31:40 PM »
  • Publish
  • saya coba ganti dioda varactornya dengan 2bh 2sc1946 kok kagak bisa ya?
    Coba lagi dengan 2bh c2782 tetap kagak bisa,
    coba lagi dengan 2bh c 1971 kagak bisa lagi,
    cobalagi dengan c1970 kagak bisa lagi..
    (melamun....)
    Ah sayang transistor RF dipakai untuk dioda varactor mending dipakai RF saja

    wah pak machmud ngejek saya neh...mana ada transistor pa dibuat jadi varactor....tapi lilahitaala saya udah coba n bekerja...transistornya harga cuma 1000 perak pak
    BUkan nghejek Pak barangkali saja memang ada yang sudah nyoba, kalau saya pakai varactor yang mirif transistor tetapi kaki nya ada 3 bh, tapi itu bukan transistor teap saja dioda varactor dengan tiga buah kaki seperti dibawah ini


    Saya juga pernah pakai dioda varactor yang kaki 3 pak, tapi memang bukan transistor. kadang2 kita buat PLL dengan tipe dioda varaktor yg berbeda saja kualitas audio n BW berbeda, apalagi pakai transistor.....

    Offline ndroe

    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 1136
    • beginer banget
    Re:Dioda Varactor di ganti dengan transistor
    « Jawab #17 pada: Juli 22, 2010, 12:36:02 PM »
  • Publish
  • weh2 pada ndak percaya semua....pada penasaran kan...kita tunggu posting dari pak machmud 8)...btw saya masih bujang neh blum nikah jadi panggilmas aja..otre bro ;D
    88,1 ..FM Ra' Ajeg

    Offline purwanto-amm

    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 1065
    • Nikola Tesla
      • purwanto-apriana
    Re:Dioda Varactor di ganti dengan transistor
    « Jawab #18 pada: Juli 22, 2010, 12:38:15 PM »
  • Publish
  • mas ndroe transistor yg dipake type apa . . . . ? ? ? ? biar ta coba . . .
    Kontak INBOX ke FB
    facebook.com/purwanto.apriana

    BLOG
    purwanto1987.wordpress.com

    Offline ndroe

    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 1136
    • beginer banget
    Re:Dioda Varactor di ganti dengan transistor
    « Jawab #19 pada: Juli 22, 2010, 12:55:24 PM »
  • Publish
  • mas ndroe transistor yg dipake type apa . . . . ? ? ? ? biar ta coba . . .

    cek pm mas..cuma sampen dan pakmachmud yang saya beritau..soale saya percaya kapabilitas sampen juga pak machmud dalam soal perpemancaran  ;D...jangan lupa diposting hasilnya mas..
    88,1 ..FM Ra' Ajeg

    Offline Sinur

    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 582
    • Elektronik , untuk kehidupan yg lebih baik.
      • Dokumentasi eksperiment
    Re:Dioda Varactor di ganti dengan transistor
    « Jawab #20 pada: Juli 22, 2010, 01:00:27 PM »
  • Publish
  • Hayo - hayo , yg ngelempar ISU tanggung jawab.....? Pake TR apa an tuch buat subtitusi varactor nya.
    ( ngomporin mode : ON )
    He..... .he...... Tenang bro ga bakal langka tuch TR .....he... Kecuali di borong se indonesia.
    Kutip
                                                    " Practise Makes Perfect "

    Offline ndroe

    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 1136
    • beginer banget
    Re:Dioda Varactor di ganti dengan transistor
    « Jawab #21 pada: Juli 22, 2010, 01:02:56 PM »
  • Publish
  • Hayo - hayo , yg ngelempar ISU tanggung jawab.....? Pake TR apa an tuch buat subtitusi varactor nya.
    ( ngomporin mode : ON )
    He..... .he...... Tenang bro ga bakal langka tuch TR .....he... Kecuali di borong se indonesia.

    kita tunggu dulu hasil percobaan dari dua orang master kita gimana hasilnya...apakah bisa dipake atau ndak.... ;D
    88,1 ..FM Ra' Ajeg

    Offline purwanto-amm

    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 1065
    • Nikola Tesla
      • purwanto-apriana
    Re:Dioda Varactor di ganti dengan transistor
    « Jawab #22 pada: Juli 22, 2010, 01:30:37 PM »
  • Publish
  • semua komponen semikonduktor pasti punya kapasitor liar di sambungan semikonduktor jenis P dan N yg sebenarnya tidak diinginkan kapasitor liar ini yg menjadi dasar dioda varaktor, yg kapasitor liar-nya disengaja dibesarkan. nah transistor-pun pun memiliki kapasitor liar tetapi nilainya kecil.

    ini dia sy ambil dari datasheet transistor yg dimaksud mas ndroe: liaha berapa kapasitor emitornya . . . . . lumayan buat merubah rubah frequensi



    transistor ini biasa sy pake buat FM warles mic/ FM warles gitar, dll yg semuanya pake battre 3V ( tampa dioda varaktor ).

    mas ndroe ga salah dan kawan kawan yg lain ga salah juaga semuanya juaga hasil percobaan . . . . . t o h h h h
    « Edit Terakhir: Juli 22, 2010, 02:49:37 PM oleh purwanto-amm »
    Kontak INBOX ke FB
    facebook.com/purwanto.apriana

    BLOG
    purwanto1987.wordpress.com

    Offline ndroe

    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 1136
    • beginer banget
    Re:Dioda Varactor di ganti dengan transistor
    « Jawab #23 pada: Juli 22, 2010, 01:41:03 PM »
  • Publish
  • nah dari maspur dah keluar pernyataan resmi (sprti cut tari aja.. ;D)tinggal dari master machmud....
    yah intinya kan bisa dibuat pengganti dioda varactor cak pur...dan dapat bekerja dengan baik...bisa buat lock frekuensi pll veronica...
    88,1 ..FM Ra' Ajeg

    Offline purwanto-amm

    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 1065
    • Nikola Tesla
      • purwanto-apriana
    Re:Dioda Varactor di ganti dengan transistor
    « Jawab #24 pada: Juli 22, 2010, 01:58:28 PM »
  • Publish
  • tapi PLL nya  harus muter trimer dulu baru look, eehhhh PLL veronika juga kaya gitu kan walo pake varaktor tetep harus diputer dulu trimernya h e h e h e.

    mas ndroe nyatai aja terus ber experimen biar jadi orang hebat, jadikan pendapat orang sebagai masukan, pertahankan teori kita sendiri yg telah kita coba/peraktekkan

    kaya yg bikin pesawat terbang pertama kali kan dari hasil experimen, walupun dikatain orang gila

    mumpung masih muda OKKK keep Experimen terus . . . . . biar bangsa ini maju . . . .

    Kontak INBOX ke FB
    facebook.com/purwanto.apriana

    BLOG
    purwanto1987.wordpress.com

    Offline ndroe

    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 1136
    • beginer banget
    Re:Dioda Varactor di ganti dengan transistor
    « Jawab #25 pada: Juli 22, 2010, 02:06:04 PM »
  • Publish
  • iya mas kelemahan pll veronica belum benar2 broad band..kisaran up down nya cuma +-1Mhz tanpa muter trimer...
    Makasih suportnya mas pur..saya mah masih beginer masih perlu banyak belajar dan masukan dari orang2 yang telah mumpuni seperti anda n pak machmud juga teman2 di forum ini...mohon bantuan dan bimbingannya.. :-[
    88,1 ..FM Ra' Ajeg

    Offline purwanto-amm

    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 1065
    • Nikola Tesla
      • purwanto-apriana
    Re:Dioda Varactor di ganti dengan transistor
    « Jawab #26 pada: Juli 22, 2010, 02:14:27 PM »
  • Publish
  • sy juga masih belajar, masih experimen, tanya-sana-tanya-sini, pokoke cari ilmu sebanyak - banyanya.
    Kontak INBOX ke FB
    facebook.com/purwanto.apriana

    BLOG
    purwanto1987.wordpress.com

    Offline Realino Wibowo

    • Moderator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 648
    • All about real life
    Re:Dioda Varactor di ganti dengan transistor
    « Jawab #27 pada: Juli 22, 2010, 02:46:54 PM »
  • Publish
  • Wah bikin penasaran aja hehehehe, Nunggu perkembangan  :)

    Offline abdulgani

    • Moderator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 940
      • PLL FM STEREO
    Re:Dioda Varactor di ganti dengan transistor
    « Jawab #28 pada: Juli 22, 2010, 03:05:38 PM »
  • Publish
  • sebetulnya yg broadband pun ujung2 nya harus muter2 L nya, karena deviasinya tidak sama, klo buat ngbreak sih ga kerasa tapi untuk musik apalagi stereo coder terasa sekali, misal lock awal di 90mhz trus pindah ke ke 100mhz pasti suarane mengecil, untuk mengembalikan suara agar sama dgn yg di 90mhz maka L nya di puter2 dan suara pun kembali kenceng, jadi klo veronica pindah freq muter2 dulu suara ok, klo yg brod pindah freq suara ga ok muter2 baru ok, sama aja, klo buat ngbreak bagus pake brod, klo broadcas bagus pake veronica, kan ga lari2 diem ditempat

    Offline purwanto-amm

    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 1065
    • Nikola Tesla
      • purwanto-apriana
    Re:Dioda Varactor di ganti dengan transistor
    « Jawab #29 pada: Juli 22, 2010, 03:29:34 PM »
  • Publish
  • sebetulnya yg broadband pun ujung2 nya harus muter2 L nya, karena deviasinya tidak sama, klo buat ngbreak sih ga kerasa tapi untuk musik apalagi stereo coder terasa sekali, misal lock awal di 90mhz trus pindah ke ke 100mhz pasti suarane mengecil, untuk mengembalikan suara agar sama dgn yg di 90mhz maka L nya di puter2 dan suara pun kembali kenceng, jadi klo veronica pindah freq muter2 dulu suara ok, klo yg brod pindah freq suara ga ok muter2 baru ok, sama aja, klo buat ngbreak bagus pake brod, klo broadcas bagus pake veronica, kan ga lari2 diem ditempat

    he he he bener oge gaakan lari-lari,

    oya Pemancar veronika yg pa abdulgani bikin unik juga PCB-nya lebih kecil:
    Kontak INBOX ke FB
    facebook.com/purwanto.apriana

    BLOG
    purwanto1987.wordpress.com

     


    Facebook Comments