Penulis Topik: Dioda Varactor di ganti dengan transistor  (Dibaca 22217 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Machmud

  • Moderator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1253
Dioda Varactor di ganti dengan transistor
« pada: Juli 21, 2010, 05:57:29 PM »
  • Publish
  • ganti aja dioda varactornya (pll Veronica) pake transistor....lebih ciamik hasilnya...suaranya juga lebih sip ndak mendem
    di pll veronika dioda varactornya bentuknya memang seperti transistor typenya lupa soalnya ndak pernah pake varaktor lagian dikota saya jarang ada....karena itu saya gunakan transistor sebagai pengganti varactor...hasilnya memuaskan....ntar kalau di kasi tau varactor ndak laku lagi..... ;D
    Saya menyamakan banwidth ini spt selang air. Dg tekanan yg sama, antara selang kecil dan besar tentunya air muncrat lebih jauh yg selang kecil. Kekurangan BW sempit adalah kualitas modulasi yg cenderung medium atau kecepit.. Ga bisa HI-FI kalo buat broadcast. Hampir sama klo di SSB, biar bs dung2 pret, filter SSB-nya dilebarin BW-nya.. cmiiw

    betul..betul..betul...

    jadi kalau varactor diganti tansistor bw nya lebar sehingga audionya bgus....
    Saya menyamakan banwidth ini spt selang air. Dg tekanan yg sama, antara selang kecil dan besar tentunya air muncrat lebih jauh yg selang kecil. Kekurangan BW sempit adalah kualitas modulasi yg cenderung medium atau kecepit.. Ga bisa HI-FI kalo buat broadcast. Hampir sama klo di SSB, biar bs dung2 pret, filter SSB-nya dilebarin BW-nya.. cmiiw
    Waktu pemancar belum ada audio bandwidth masih menitik (mungkin hanya 1khz saja) tetapi setelah ada audio maka melebar.
    Ukuran melebar ini tidak boleh melebihi 350khz (+/- 175khz dari frekuensi induk).
    Yang bikin lebar tsb dioda varactor dan stereo encoder.

    Untuk dioda varactor diganti dengan transistor baru mendengar dan secara teori tak mungkin hal tsb bisa digantikan.
    Fungsi transistor dan dioda varactor jelas beda dan lambang dioda varactor dan transistor juga beda.
    Ada juga orang lain yang bilang bisa pakai IN4148 ! Kurang tahu juga apa bisa tidaknya.

    untuk pll veronika, dioda varaktor bisa diganti pake transistor pak.....saya dah buat beberapa kali dan bekerja dengan baik.....

    rangkaian dasar taransistor adalah dioda dengan memperhatikan jenis transistor maka anda akan tau mana transistor yang dapat digunakan dalam rangkaian pll veronika sebagai pengganti dioda varactor... ;D

    Silahkan ada yang komentar.....!

    Offline Machmud

    • Moderator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 1253
    Re:Dioda Varactor di ganti dengan transistor
    « Jawab #1 pada: Juli 21, 2010, 06:03:08 PM »
  • Publish
  • saya coba ganti dioda varactornya dengan 2bh 2sc1946 kok kagak bisa ya?
    Coba lagi dengan 2bh c2782 tetap kagak bisa,
    coba lagi dengan 2bh c 1971 kagak bisa lagi,
    cobalagi dengan c1970 kagak bisa lagi..
    (melamun....)
    Ah sayang transistor RF dipakai untuk dioda varactor mending dipakai RF saja

    Offline lutfi

    • Moderator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 663
    Re:Dioda Varactor di ganti dengan transistor
    « Jawab #2 pada: Juli 21, 2010, 06:36:34 PM »
  • Publish
  • saya coba ganti dioda varactornya dengan 2bh 2sc1946 kok kagak bisa ya?
    Coba lagi dengan 2bh c2782 tetap kagak bisa,
    coba lagi dengan 2bh c 1971 kagak bisa lagi,
    cobalagi dengan c1970 kagak bisa lagi..
    (melamun....)
    Ah sayang transistor RF dipakai untuk dioda varactor mending dipakai RF saja


    pa mahmud mah aya aya wae ! :)........
    Meonggg

    Offline zia

    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 633
    Re:Dioda Varactor di ganti dengan transistor
    « Jawab #3 pada: Juli 21, 2010, 07:13:01 PM »
  • Publish
  • Hehehehehe...so funny.
    Btw, saya pernah memakai diode biasa untuk varaktor, dan itu bekerja kok. Tapi batas2 frekuensinya jadi terbatas, tidak selebar memakai varaktor.
    Ya tentu saja tidak langsung dipasang di tempatnya varaktor, melainkan dihitung dulu nilai kapasitansi diode tersebut, baru kemudian disesuaikan kapasitor tambahannya
    Kalo directly menggantikan varactor, ya sampe seratus tahun juga, itu PLL kagak pernah nge-lock.

    Kalo mo trial:

    1. Bikin dulu sumber variabel yang mirip dengan output PLL, katakan 1V-5V. GUnakan ini sbg input VCO.
    2. Nyalakan VCO dengan menggantikan varaktor dg diode biasa.
    3. Ukur range frekuensi keluaran sewaktu tegangan (poin 1) 1V-5V
    4. Dengan tegangan setengahnya (input VCO), in this case 2,5V or 3V, Atur2 nilai kapasitor di osilator sehingga frekuensinya seperti yg diinginkan.
    5. Nanti PLL yang akan mencari2 frekuensi itu secara otomatis.
    6. Nah....silahkan berlibur dengan hati gembira hehehheheheheh

    Salam,


    saya coba ganti dioda varactornya dengan 2bh 2sc1946 kok kagak bisa ya?
    Coba lagi dengan 2bh c2782 tetap kagak bisa,
    coba lagi dengan 2bh c 1971 kagak bisa lagi,
    cobalagi dengan c1970 kagak bisa lagi..
    (melamun....)
    Ah sayang transistor RF dipakai untuk dioda varactor mending dipakai RF saja

    Offline Machmud

    • Moderator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 1253
    Re:Dioda Varactor di ganti dengan transistor
    « Jawab #4 pada: Juli 21, 2010, 07:43:27 PM »
  • Publish
  • Ha..ha....
    Saya cuma menampilkan posting orang lain yang nota bene transistor bisa menggantikan dioda varactor.
    Barangkali saja ada yang mencoba dan berhasil.
    Yang pernah saya coba memakai IN4148 dan ternyata bisa tetapi :
    a. Audio kecil sekali
    b. Range lock sempit

    Offline aljero

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 265
    • mangan ra mangan sing penting sugih
    Re:Dioda Varactor di ganti dengan transistor
    « Jawab #5 pada: Juli 21, 2010, 07:55:47 PM »
  • Publish
  • kalo gak salah, semua dioda menampilkan efek kapasitas variable apabila dihubungkan terbalik. Pada umumnya, lebih tinggi batas ukuran arusnya, lebih besar kapasitas dan perobahannya bila tegangan padanya di variasi. Dioda seri 1N4000 dengan kapasitas 1A dapat dipakai sebagai varactor bila yang diperlukan perobahan kapasitas yang kecil (beberapa pico farad)saja
    Menekung Narawang Ngalampah Paripolah

    Offline lutfi

    • Moderator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 663
    Re:Dioda Varactor di ganti dengan transistor
    « Jawab #6 pada: Juli 21, 2010, 08:36:19 PM »
  • Publish
  • kalo gak salah, semua dioda menampilkan efek kapasitas variable apabila dihubungkan terbalik. Pada umumnya, lebih tinggi batas ukuran arusnya, lebih besar kapasitas dan perobahannya bila tegangan padanya di variasi. Dioda seri 1N4000 dengan kapasitas 1A dapat dipakai sebagai varactor bila yang diperlukan perobahan kapasitas yang kecil (beberapa pico farad)saja


    betul2 !, cocoknya dioda ini dipakai sebagai fine tuning !, dengan bandwith kurang dari 1 MHz
    Meonggg

    Offline widyo

    • Jr. Member
    • **
    • Tulisan: 79
      • Hobby Radio & Elektronika
    Re:Dioda Varactor di ganti dengan transistor
    « Jawab #7 pada: Juli 21, 2010, 09:14:20 PM »
  • Publish
  • saya coba ganti dioda varactornya dengan 2bh 2sc1946 kok kagak bisa ya?
    Coba lagi dengan 2bh c2782 tetap kagak bisa,
    coba lagi dengan 2bh c 1971 kagak bisa lagi,
    cobalagi dengan c1970 kagak bisa lagi..
    (melamun....)
    Ah sayang transistor RF dipakai untuk dioda varactor mending dipakai RF saja

    hehehe.. drpada untuk dioda varactor mending utk saya aja pak 2SC's nya, ntar saya kirim balik MV209 segenggam deh  ;D

    BTW kalau baca datasheet transistor, saya sering menemukan data ttg nilai kapasitansi reverse (Cre / Reverse transfer capacitance) dalam satuan pF. Apakah hal ini salah satu penyebab Tr bisa digunakan utk substitusi varactor?

    Offline purwanto-amm

    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 1065
    • Nikola Tesla
      • purwanto-apriana
    Re:Dioda Varactor di ganti dengan transistor
    « Jawab #8 pada: Juli 21, 2010, 09:16:42 PM »
  • Publish
  • BTW kalau baca datasheet transistor, saya sering menemukan data ttg nilai kapasitansi reverse (Cre / Reverse transfer capacitance) dalam satuan pF. Apakah hal ini salah satu penyebab Tr bisa digunakan utk substitusi varactor?

    mungkin itu yg dinamakan kapasitor liar yg sebenarnya tidak diinginkan .......
    Kontak INBOX ke FB
    facebook.com/purwanto.apriana

    BLOG
    purwanto1987.wordpress.com

    Offline isurganteng

    • Isurganteng
    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 2652
    • Keseharianku Melawan Waktu
      • Keseharianku Melawan Waktu
    Re:Dioda Varactor di ganti dengan transistor
    « Jawab #9 pada: Juli 22, 2010, 12:25:48 AM »
  • Publish
  • saya coba ganti dioda varactornya dengan 2bh 2sc1946 kok kagak bisa ya?
    Coba lagi dengan 2bh c2782 tetap kagak bisa,
    coba lagi dengan 2bh c 1971 kagak bisa lagi,
    cobalagi dengan c1970 kagak bisa lagi..
    (melamun....)
    Ah sayang transistor RF dipakai untuk dioda varactor mending dipakai RF saja

    jadi teringat masalalu .. saat 1971 masi 10 rban .. saya buat oscilator pake 2x sc1971 mayan juga keluar 5 watt hahhahaha .. cuma ya .. kalo panas trna harus berlarian tuning radio kejar frek na hahaha ... saya cuma kepikiran veronika itu pake 4 tr .. masing2 1 osc pake 2tr trus 50mhz di lock dan dimiksing sama osc vco na .. apa ener ya ?? 

    seperti dibawah ne .. saya pernah buat .. apa dassar osc pll veronica macam ne ???

    gdshost.net
    ym : yadi_arfm
    tukangsapu.net, isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdsapp.net

    Offline Machmud

    • Moderator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 1253
    Re:Dioda Varactor di ganti dengan transistor
    « Jawab #10 pada: Juli 22, 2010, 07:54:23 AM »
  • Publish
  • jadi teringat masalalu .. saat 1971 masi 10 rban .. saya buat oscilator pake 2x sc1971 mayan juga keluar 5 watt hahhahaha .. cuma ya .. kalo panas trna harus berlarian tuning radio kejar frek na hahaha ... saya cuma kepikiran veronika itu pake 4 tr .. masing2 1 osc pake 2tr trus 50mhz di lock dan dimiksing sama osc vco na .. apa ener ya ?? 

    seperti dibawah ne .. saya pernah buat .. apa dassar osc pll veronica macam ne ???


    schematics tersebut pernah saya buat pcbnya tetapi belum pernah dirakit dgn pertimbangan sayang c1971 dua
    buah digabungkan dan hanya keluar 5watt, pernah nyoba gitu Pak dan frekuensi gesernya jauh tidak?

    Offline ndroe

    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 1136
    • beginer banget
    Re:Dioda Varactor di ganti dengan transistor
    « Jawab #11 pada: Juli 22, 2010, 08:35:32 AM »
  • Publish
  • saya coba ganti dioda varactornya dengan 2bh 2sc1946 kok kagak bisa ya?
    Coba lagi dengan 2bh c2782 tetap kagak bisa,
    coba lagi dengan 2bh c 1971 kagak bisa lagi,
    cobalagi dengan c1970 kagak bisa lagi..
    (melamun....)
    Ah sayang transistor RF dipakai untuk dioda varactor mending dipakai RF saja

    wah pak machmud ngejek saya neh...mana ada transistor pa dibuat jadi varactor....tapi lilahitaala saya udah coba n bekerja...transistornya harga cuma 1000 perak pak
    88,1 ..FM Ra' Ajeg

    Offline isurganteng

    • Isurganteng
    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 2652
    • Keseharianku Melawan Waktu
      • Keseharianku Melawan Waktu
    Re:Dioda Varactor di ganti dengan transistor
    « Jawab #12 pada: Juli 22, 2010, 10:40:19 AM »
  • Publish
  • ngga jauh2 banget de pak ... ngga sempet coba pake tr lain mang 1971 dulu tuh .. he .. mungkin bisa aja pak pake tr rf lainnya ..
    gdshost.net
    ym : yadi_arfm
    tukangsapu.net, isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdsapp.net

    Offline Machmud

    • Moderator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 1253
    Re:Dioda Varactor di ganti dengan transistor
    « Jawab #13 pada: Juli 22, 2010, 11:31:34 AM »
  • Publish
  • saya coba ganti dioda varactornya dengan 2bh 2sc1946 kok kagak bisa ya?
    Coba lagi dengan 2bh c2782 tetap kagak bisa,
    coba lagi dengan 2bh c 1971 kagak bisa lagi,
    cobalagi dengan c1970 kagak bisa lagi..
    (melamun....)
    Ah sayang transistor RF dipakai untuk dioda varactor mending dipakai RF saja

    wah pak machmud ngejek saya neh...mana ada transistor pa dibuat jadi varactor....tapi lilahitaala saya udah coba n bekerja...transistornya harga cuma 1000 perak pak
    BUkan nghejek Pak barangkali saja memang ada yang sudah nyoba, kalau saya pakai varactor yang mirif transistor tetapi kaki nya ada 3 bh, tapi itu bukan transistor teap saja dioda varactor dengan tiga buah kaki seperti dibawah ini

    Offline ndroe

    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 1136
    • beginer banget
    Re:Dioda Varactor di ganti dengan transistor
    « Jawab #14 pada: Juli 22, 2010, 12:21:50 PM »
  • Publish
  • BUkan nghejek Pak barangkali saja memang ada yang sudah nyoba, kalau saya pakai varactor yang mirif transistor tetapi kaki nya ada 3 bh, tapi itu bukan transistor teap saja dioda varactor dengan tiga buah kaki seperti dibawah ini


    wah pak macmud masa saya ndak bisa mbedakan mana varactor mana transistor...yang saya pake asli transistor...murah meriah...kalau dibandung harganya mungkin cuma 500 perak..
    88,1 ..FM Ra' Ajeg

     


    Facebook Comments