Penulis Topik: Antena Payung Butut  (Dibaca 7148 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Machmud

  • Moderator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1253
Antena Payung Butut
« pada: Juli 21, 2010, 05:40:29 PM »
  • Publish


  • Antena payung butut, bentuknya simpel dan mudah dibawa-bawa, cocoknya
    untuk keperluan mobile

    Offline Machmud

    • Moderator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 1253
    Re:Antena Payung Butut
    « Jawab #1 pada: Juli 21, 2010, 05:51:10 PM »
  • Publish

  • Biar gambarnya lebih dekat lagi

    Offline lutfi

    • Moderator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 663
    Re:Antena Payung Butut
    « Jawab #2 pada: Juli 21, 2010, 06:44:52 PM »
  • Publish
  • antenna groundplane 1/4 lambda !, sy pernah buat........ bahkan pernah buat dari kawat kuningan kumis & element radiatornya....... murah meriah pak !, 
    Meonggg

    Offline Machmud

    • Moderator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 1253
    Re:Antena Payung Butut
    « Jawab #3 pada: Juli 21, 2010, 06:58:55 PM »
  • Publish
  • Yuups...
    Antena groundplane ini sengaja dibuat menarik sebab penggunaannya untuk indoor misal
    acara seminar dimana pemancar FM dibutuhkan sebagai translate bahasa, pada umumnya
    dibutuhkan lebih dari 1 buah pemancar untuk translate tsb. Peserta seminar dapat mendengarkan
    translate tsb pada jalur FM dengan MP3 (yang ada radionya) atau dengan handphone.
    Wah... kalau tampilannya jelek, diketawain atuh sama peserta seminar sbb antena tsb dipajang
    di ruang seminar tsb.

    Offline lutfi

    • Moderator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 663
    Re:Antena Payung Butut
    « Jawab #4 pada: Juli 21, 2010, 07:41:53 PM »
  • Publish
  • betul pak  :) !, harus bagus barangnya !.....biar harganya jg bagus & gx malu2in......tapi untuk amatir tak masalah !, antena yg dibuat pakai kawat kuningan saat ini sy pasang di Masjid untuk relay ceramah di frequensi 76 MHz.... ntar sy upload ! :)
    Meonggg

    Offline isurganteng

    • Isurganteng
    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 2652
    • Keseharianku Melawan Waktu
      • Keseharianku Melawan Waktu
    Re:Antena Payung Butut
    « Jawab #5 pada: Juli 22, 2010, 12:33:18 AM »
  • Publish
  • bikin kaya gini pake 4 bay kan mantep juga ... saya pernah bikin pake bekas ringgo kumis cuma satu jadi bentuknya L mantep juga tu ..
    gdshost.net
    ym : yadi_arfm
    tukangsapu.net, isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdsapp.net

    Offline Machmud

    • Moderator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 1253
    Re:Antena Payung Butut
    « Jawab #6 pada: Juli 22, 2010, 07:49:45 AM »
  • Publish
  • bikin kaya gini pake 4 bay kan mantep juga ... saya pernah bikin pake bekas ringgo kumis cuma satu jadi bentuknya L mantep juga tu ..
    Bagaimana posisi nyimpan di towernya Pak?

    Offline isurganteng

    • Isurganteng
    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 2652
    • Keseharianku Melawan Waktu
      • Keseharianku Melawan Waktu
    Re:Antena Payung Butut
    « Jawab #7 pada: Juli 22, 2010, 10:41:37 AM »
  • Publish
  • ya sama aja model letak pake gma he ... :D
    gdshost.net
    ym : yadi_arfm
    tukangsapu.net, isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdsapp.net

    Offline lutfi

    • Moderator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 663
    Re:Antena Payung Butut
    « Jawab #8 pada: Agustus 01, 2010, 04:54:14 PM »
  • Publish


  • antenna saya pakai di masjid untuk relay pengajian & sholat jum`at
    Meonggg

    Offline Machmud

    • Moderator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 1253
    Re:Antena Payung Butut
    « Jawab #9 pada: Agustus 27, 2010, 10:24:54 AM »
  • Publish


  • Pengetunan antena ini agak ribet juga.
    Pertama panjang A adalah pas 1/4 lamda (paling dikurang dikit ( 0.96)
    Panjang C sd breket bawah 1/4 lamda juga

    Pengesetan antena dengan manaikturunkan B ( nilai C )
    dan terakhir memotong coax transmisi.

    Lumayan juga untuk menghasilkan R 48 X 0 dan SWR 1.0 di MFJ lama juga
    tetapi ke-5 buah antena tsb berhasil ditune dengan hasil rata semua.

    Antena hanya disimpan pada dudukan speaker jangka segitiga yang disimpan dibawah saja

    Offline achsan

    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 1080
    Re:Antena Payung Butut
    « Jawab #10 pada: Oktober 15, 2010, 11:03:54 PM »
  • Publish
  • simple, unik tapi harus cermat pe-ngetunenan-nya..... agak ribet juga ya....

    Offline yd7lby

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 466
    • elektronika is yahud
    Re:Antena Payung Butut
    « Jawab #11 pada: Oktober 17, 2010, 12:57:12 PM »
  • Publish
  • mantap pak machmud...klo saya pernah buat antenna open dipole pake kabel listrik NGA 1,5mm maklum waktu itu masih pendidikan, jadi kantong kempis...hehehe
    "Siapa yang cinta pada nabi-Nya, pasti bahagia dalam hidupnya"
    -Vita dan Hadad Alwi-

    Offline achsan

    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 1080
    Re:Antena Payung Butut
    « Jawab #12 pada: Oktober 17, 2010, 02:18:11 PM »
  • Publish
  • saya juga pernah pake antena kaya gini pak..... punya penerima FM yang di jual di toko2... ya memang pada waktu itu ngak tau dasarnya/cara kerja antena yaaa... main pasang aja.. giliran test on air.. ternyata sukses om.. ngak di sangka2.... semua chanel TV jadi putih ngak ada gambarnya....wkwkkwwk :D  :D  :D

    Offline didiafandy

    • Newbie
    • *
    • Tulisan: 47
    Re:Antena Payung Butut
    « Jawab #13 pada: Oktober 21, 2010, 05:00:23 PM »
  • Publish
  • wah jadi inget neh saya masih nyimpan bracket antena payung rusak 11 meter,nyimpan dimana ya,lupa?...ha..ha..ha..kan lumayan tuh buat iseng2 bikin antena lagi.. :)

    Offline cungkrinx

    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 639
      • omrin
    Re:Antena Payung Butut
    « Jawab #14 pada: Oktober 31, 2010, 03:48:29 PM »
  • Publish
  • saya juga pernah pake antena kaya gini pak..... punya penerima FM yang di jual di toko2... ya memang pada waktu itu ngak tau dasarnya/cara kerja antena yaaa... main pasang aja.. giliran test on air.. ternyata sukses om.. ngak di sangka2.... semua chanel TV jadi putih ngak ada gambarnya....wkwkkwwk :D  :D  :D

    aku juga sama tuh,, waktu itu masih kelas 1 STM, beli antena yang model kaya gtu, kalo ga salah waktu itu harganya sekitar 10rban... pake pipa aluminium yang tipis terus soketnya pake plastik,,, selesai ngrakit pemancar pake C1971, saat test On Air, TV dirumah sampai di tetangga gambarnya jadi putih semua, udah gitu suara siaran TV ketutup jadi suaraku semua.... Maklum masih Experiment.....

      8) 8) 8) wkwkwkkkk.......

     


    Facebook Comments