Penulis Topik: Stereo Encoder 16x  (Dibaca 122671 kali)

0 Anggota dan 2 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Machmud

  • Moderator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1253
Stereo Encoder 16x
« pada: Juli 01, 2010, 05:45:12 PM »
yag manah yg harus diapload wong hampir semua rangkainnya yg sy coba ada di forum ini ... ... ... ...

nih sekarang sy mau nyoba stereo encoder yg pake saklar elektronik sampling 8X yg disini
He..he.... sekalian saja pak yang 16x percobaannya, saya sudah punya yang 16x cuma belum saya posting
kelihatannya harus dirahasiakan sedikit, nanti kalau saya sudah pakai yang 32x baru yang 16x diposting ya....
Silahkan ada yang mulai posting stereo 16x?

Offline jeplie

  • Sr. Member
  • ******
  • Tulisan: 347
Re:Stereo Encoder 16x
« Jawab #1 pada: Juli 01, 2010, 08:30:34 PM »
Pak Machmud, tolong donk jelasin tentang 8x, 16x dan 32x
trims' sebelumnya.

Offline ndroe

  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1137
  • beginer banget
Re:Stereo Encoder 16x
« Jawab #2 pada: Juli 02, 2010, 10:00:05 AM »
ebelum yang 8x, 16 dan seterusnya mending dijelasin yang 2x ama yang 4 x pak macmud....mohon ilmunya di bagi pak... ;D
88,1 ..FM Ra' Ajeg

Offline Machmud

  • Moderator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1253
Re:Stereo Encoder 16x
« Jawab #3 pada: Juli 02, 2010, 11:19:07 AM »
Pak Machmud, tolong donk jelasin tentang 8x, 16x dan 32x
trims' sebelumnya.
Agak susah menjelaskannya... ( tidak besa mendifininisakannya mungkin ada orang lain yang bantu)
Perbedaan yang mendasar adalah oscillator yang masuk ke IC stereo bukan 38khz dan 19KHz saja
tetapi ada 76KHz 152Khz dst, misal stereo 8x katruud ascillator yang masuk selain 38khz ada 76 khz dan 152khz.
Bila 16X? maka akan bertambah lagi oscillator yang masuknya.

Offline purwanto-amm

  • Administrator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1066
  • Nikola Tesla
    • purwanto-apriana
Re:Stereo Encoder 16x
« Jawab #4 pada: Juli 02, 2010, 12:44:26 PM »
ebelum yang 8x, 16 dan seterusnya mending dijelasin yang 2x ama yang 4 x pak macmud....mohon ilmunya di bagi pak... ;D

sebagai contoh yg 2X terlebih dahulu .... berhubung softwernya gaada ic4066 nya disinih sy simulasikan yg menggunakan dioda saja,

rangkaian simulasi MPX 2x sampling


Bentuk Sinyal Hasil 2x Sampling


terlihat sinyal yg paling atas hasil sampling dari sinyal yag tengah dan bawah, nah karena mengunakan 2x sampling maka hasilnya masih kotak-kotak nah diperlukan filter yg bagus untuk membuattnya jadi sinus, makanya ada yg buat x4 x8 x16 x32 itu supaya hasil samplingnya mendekati sinus ....

kalo salah koreksi yahhhhh
Kontak INBOX ke FB
facebook.com/purwanto.apriana

BLOG
purwanto1987.wordpress.com

Offline purwanto-amm

  • Administrator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1066
  • Nikola Tesla
    • purwanto-apriana
Re:Stereo Encoder 16x
« Jawab #5 pada: Juli 02, 2010, 12:52:44 PM »
caontoh lagi


perhatikan gambar tersebut, yag paling atas 2x sampling dan yg bawah 4x sampling

sumber dari sini
Kontak INBOX ke FB
facebook.com/purwanto.apriana

BLOG
purwanto1987.wordpress.com

Offline ndroe

  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1137
  • beginer banget
Re:Stereo Encoder 16x
« Jawab #6 pada: Juli 02, 2010, 12:57:59 PM »
mas pur 8 buah dioda itu menggantikan berapa swith pada 4066?
88,1 ..FM Ra' Ajeg

Offline Machmud

  • Moderator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1253
Re:Stereo Encoder 16x
« Jawab #7 pada: Juli 02, 2010, 12:58:43 PM »
Nah dengan foto jelas, yg 4 x dapat dilihat tangga/gergaji ada 4 tangga naik dan 4 turun
berarti yang 8 ada delapan tangga dan yang 16 ada 16 tangga, kemudian di filter dan
hasilnya tidak akan berbentuk tangga lagi.

Offline purwanto-amm

  • Administrator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1066
  • Nikola Tesla
    • purwanto-apriana
Re:Stereo Encoder 16x
« Jawab #8 pada: Juli 02, 2010, 01:17:16 PM »
Nah dengan foto jelas, yg 4 x dapat dilihat tangga/gergaji ada 4 tangga naik dan 4 turun
berarti yang 8 ada delapan tangga dan yang 16 ada 16 tangga, kemudian di filter dan
hasilnya tidak akan berbentuk tangga lagi.

setuju pa mahmut ... ...

mas pur 8 buah dioda itu menggantikan berapa swith pada 4066?

yg pake 8 dioda itu mengantikan 1 IC 4066 = 4 swith ... ... ... saja.... .... ... dan untuk saat ini sudah tidak dikembangkan lagi

Kontak INBOX ke FB
facebook.com/purwanto.apriana

BLOG
purwanto1987.wordpress.com

Offline ndroe

  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1137
  • beginer banget
Re:Stereo Encoder 16x
« Jawab #9 pada: Juli 02, 2010, 01:52:58 PM »
jadi semakin banyak switchnya semakin mendekati sinus begitu cak pur???
88,1 ..FM Ra' Ajeg

Offline purwanto-amm

  • Administrator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1066
  • Nikola Tesla
    • purwanto-apriana
Re:Stereo Encoder 16x
« Jawab #10 pada: Juli 02, 2010, 02:01:37 PM »
bukan berarti semakin banyak switch mendekati  sinus tapi harus di rangkai sedemikaian rupa bahkan sangkin rumitnya IC 4066 pun sulit digunakan pada 8x 16x 32x . . . . .

-----------------------------------------------------------------------

ini manah sih stereo encodernya 16x pa Machmud ga mau ngasih liat minimal photonya gitu. . . . . . . .
Kontak INBOX ke FB
facebook.com/purwanto.apriana

BLOG
purwanto1987.wordpress.com

Offline Machmud

  • Moderator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1253
Re:Stereo Encoder 16x
« Jawab #11 pada: Juli 02, 2010, 03:45:58 PM »
bukan berarti semakin banyak switch mendekati  sinus tapi harus di rangkai sedemikaian rupa bahkan sangkin rumitnya IC 4066 pun sulit digunakan pada 8x 16x 32x . . . . .

-----------------------------------------------------------------------

ini manah sih stereo encodernya 16x pa Machmud ga mau ngasih liat minimal photonya gitu. . . . . . . .
4066 tidak bisa dibuat setereo 8x atau 16x
lihat juga input audio stereo katruud yang 8 x sada berapa buah
Nah kalau yang 16x input audionya kira2 berapa buah dan nilai resistornya yang tak lajim


Offline ndroe

  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1137
  • beginer banget
Re:Stereo Encoder 16x
« Jawab #12 pada: Juli 02, 2010, 03:54:52 PM »
Kalo saya pake yang 16x oversampling, pake kristal 4,864 MHz sama IC 4066 8 buah, IC TL072 2 buah dan 10 buah IC yang nomernya udah diamplas/dihilangkan.

nah tuh pak dia malah pake 4066 8 buah...
88,1 ..FM Ra' Ajeg

Offline Machmud

  • Moderator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1253
Re:Stereo Encoder 16x
« Jawab #13 pada: Juli 02, 2010, 04:02:50 PM »
Stereo 8x bila dihitung ada 8 input audionya (4 kiri dan 4 kanan)
maka stereo 16x input audionya ada 16x (8 kiri dan 8 kanan) bisa memakai 4051 2buah tapi bagaimana gabungnya?
Yang saya punya masih prototype buatan teman saya pakai 40xx juga
dengan input 8 kiri dan 8 kanan, lupa seri icnya ( atau rahasia ya..)
pin IC tsb ada 24 pin

Offline Machmud

  • Moderator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1253
Re:Stereo Encoder 16x
« Jawab #14 pada: Juli 02, 2010, 04:10:22 PM »
Kalo saya pake yang 16x oversampling, pake kristal 4,864 MHz sama IC 4066 8 buah, IC TL072 2 buah dan 10 buah IC yang nomernya udah diamplas/dihilangkan.

nah tuh pak dia malah pake 4066 8 buah...
Ribet ya...... buat 16x pakai 8 buah ic 4066
Saran.. coba dibuka datasheet semua ic cmos dari 4000 sd 45xx
ada beberapa buah ic Multiplexers/Demultiplexers, cuma itu tuh belum kesampaian
ilmunya untuk menghitung nila R dan nilai kristallnya yang harus dikeluarkan untuk
menggerapak ic tsb, belum lagi filternya harus diitung dan terakhir ada tidak resistornya

 


Facebook Comments