Penulis Topik: MATCHING ANTENNA  (Dibaca 41374 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Machmud

  • Moderator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1253
Re:MATCHING ANTENNA
« Jawab #15 pada: Juli 03, 2010, 03:01:13 PM »
  • Publish
  • Harga MFJ yang VHF dibawah 3jt, bisa saja Rp 2.999.999,-

    Offline new_bie

    • Jr. Member
    • **
    • Tulisan: 96
    Re:MATCHING ANTENNA
    « Jawab #16 pada: Juli 03, 2010, 03:38:34 PM »
  • Publish
  • Harga MFJ yang VHF dibawah 3jt, bisa saja Rp 2.999.999,-

    bang mahmud kasih gambar desain antenna telex untuk fm dong..... kalo bisa yang 3x5/8

    Offline Sinur

    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 582
    • Elektronik , untuk kehidupan yg lebih baik.
      • Dokumentasi eksperiment
    Re:MATCHING ANTENNA
    « Jawab #17 pada: Juli 03, 2010, 03:58:18 PM »
  • Publish
  • sory bro, menyela ni saran lho.... ;D
    3 X 5/8 lamda, terlau tinggi, jadi rawan patah kalo da angin kenceng + kesangkut layangan .....
    mending , coba buat 2 bay 2 X 5/8 lamda ..... aja..... PD nya  pake kabel RG 11....
    Kutip
                                                    " Practise Makes Perfect "

    Offline Machmud

    • Moderator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 1253
    Re:MATCHING ANTENNA
    « Jawab #18 pada: Juli 03, 2010, 06:01:26 PM »
  • Publish
  • Harga MFJ yang VHF dibawah 3jt, bisa saja Rp 2.999.999,-

    bang mahmud kasih gambar desain antenna telex untuk fm dong..... kalo bisa yang 3x5/8

    Antena 2 x5/8 sudah ada yang posting di
    http://elektronika.web.id/elkav2/index.php?topic=7.0
    Hati-hati cepat patah, cuma cocok untuk brek-breakan

    Offline Sinur

    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 582
    • Elektronik , untuk kehidupan yg lebih baik.
      • Dokumentasi eksperiment
    Re:MATCHING ANTENNA
    « Jawab #19 pada: Juli 03, 2010, 06:20:40 PM »
  • Publish
  • Yach gitu lah pak, kalo mau gain lumayan gede pake 2 bay 2X5/8 ya....resiko nya itu.... cepet patah....
    Kecuali mau repot-2 bikin, 4 bay 5/8...... 
    Tp radio tetangga ada jg yg  pake 3X 5/8 lamda.....ntu..antena....di iket sana- sini....
    Ampe skrng ga mslh.... msh tegak....tegak....aja....
    Kutip
                                                    " Practise Makes Perfect "

    Offline new_bie

    • Jr. Member
    • **
    • Tulisan: 96
    Re:MATCHING ANTENNA
    « Jawab #20 pada: Juli 03, 2010, 10:16:10 PM »
  • Publish
  • Yach gitu lah pak, kalo mau gain lumayan gede pake 2 bay 2X5/8 ya....resiko nya itu.... cepet patah....
    Kecuali mau repot-2 bikin, 4 bay 5/8...... 
    Tp radio tetangga ada jg yg  pake 3X 5/8 lamda.....ntu..antena....di iket sana- sini....
    Ampe skrng ga mslh.... msh tegak....tegak....aja....

    minta gambanrnya bang nur?

    Offline tuvixxx

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 120
    Re:MATCHING ANTENNA
    « Jawab #21 pada: Juli 03, 2010, 10:47:37 PM »
  • Publish
  • tu udah d ksh linknya sm pak machmud, udah pernah d bahas kok d forum ini,,,,
    rajin2 searching ja  ;) ;)

    Offline new_bie

    • Jr. Member
    • **
    • Tulisan: 96
    Re:MATCHING ANTENNA
    « Jawab #22 pada: Juli 04, 2010, 01:12:05 AM »
  • Publish
  • Harga MFJ yang VHF dibawah 3jt, bisa saja Rp 2.999.999,-

    ada alternatif yang lain tidak menggunakan MFJ, soalnya masih tahap belajar

    Offline Sinur

    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 582
    • Elektronik , untuk kehidupan yg lebih baik.
      • Dokumentasi eksperiment
    Re:MATCHING ANTENNA
    « Jawab #23 pada: Juli 04, 2010, 10:28:08 AM »
  • Publish
  •  * Yang aku paham kaya gini, kalo salah koreksi aja..... ;D
    Pake SWR tp jangan yg merk nya MALDOL.....   terus di tap aja ( diatur kerenggan nya ) Lilitan nya ampe dpt SWR yg paling kecil....   kalo pake MFJ bisa lebih maksimal lg, bisa tau antena nya dah beresonansi dgn baik atau tidak misal di frek 107.7, impedansi antena nya dah 50 ohm  atau msh kurang...
    Kutip
                                                    " Practise Makes Perfect "

    Offline new_bie

    • Jr. Member
    • **
    • Tulisan: 96
    Re:MATCHING ANTENNA
    « Jawab #24 pada: Juli 04, 2010, 11:14:47 AM »
  • Publish
  • dapat swr bagus posisinya begini


     kalo saya liat jadi aneh.... apa tidak apa dengan posisi ground mepet begini bang nur? yang penting swr bagus terus untuk mancar saja.... posisi ground ngaruhnya diapa nya?

    Offline Sinur

    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 582
    • Elektronik , untuk kehidupan yg lebih baik.
      • Dokumentasi eksperiment
    Re:MATCHING ANTENNA
    « Jawab #25 pada: Juli 04, 2010, 11:29:46 AM »
  • Publish
  • Yach gitu lah pak, kalo mau gain lumayan gede pake 2 bay 2X5/8 ya....resiko nya itu.... cepet patah....
    Kecuali mau repot-2 bikin, 4 bay 5/8...... 
    Tp radio tetangga ada jg yg  pake 3X 5/8 lamda.....ntu..antena....di iket sana- sini....
    Ampe skrng ga mslh.... msh tegak....tegak....aja....

    minta gambanrnya bang nur?

    sory bro, ngak punya dan ngak pernah buat.......ntu antena punya radio tetengga..... ntar kalo pulang kampung  tak poto...
    Di forum jg pernah dibahas  tp model F 23 bukan telex gazden , ntar tambah pusing  buatnya..... he..he....



    Detail nya : http://elektronika.web.id/elkav2/index.php?topic=389.0

    Ni baca-2 aja, sapa tau nemu inspirasi model antena yg paling mungkin dibuat.....

    Silah kan dipilih -pilih :http://elektronika.web.id/elkav2/index.php?board=31.0

    dapat swr bagus posisinya begini


     kalo saya liat jadi aneh.... apa tidak apa dengan posisi ground mepet begini bang nur? yang penting swr bagus terus untuk mancar saja.... posisi ground ngaruhnya diapa nya?

    bro semua pertanyaan nt, umum nya dah di jawab sini semua. so ya tingal dibaca- baca aja lg....
    kalo yg ntu coba klik yg ni :http://elektronika.web.id/elkav2/index.php?topic=564.0

    salam....kenal....bro...
    Kutip
                                                    " Practise Makes Perfect "

    bRaVoAjaH

    • Pengunjung
    Re:MATCHING ANTENNA
    « Jawab #26 pada: Agustus 14, 2010, 06:10:15 AM »
  • Publish
  • pak isur..sya mau nanyak ne..5/8 lambda tu gmn cara ukurnya? klo dlam cm.. sya blom ngerti neh..thks

    Offline isurganteng

    • Isurganteng
    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 2652
    • Keseharianku Melawan Waktu
      • Keseharianku Melawan Waktu
    Re:MATCHING ANTENNA
    « Jawab #27 pada: Agustus 15, 2010, 02:19:07 AM »
  • Publish
  • pak isur..sya mau nanyak ne..5/8 lambda tu gmn cara ukurnya? klo dlam cm.. sya blom ngerti neh..thks

    dasar na dulu ...
    1 lamda = 300/F
    ya udah .. kalo 5/8
    300/f x5 / 8
    contoh f 100MHz =
    300/100 = 3meter x 5 = 15 meter / 8 = 1,875 meter
    jadi 5/8 pada frek 100MHz = 1,875 Meter
    di jadikan cm = 1,875 meter = 187,500 centimeter

    hitungan ini biasanya meleset sekian cm ... bisa jadi karena diameter bahan  ...kualitas bahan dll ... tapi rata2 ... mendekati ...

    salah koreksi yo ... he . karena kalo saya buat antena pasti meleset dari rumus . hehehehe
    gdshost.net
    ym : yadi_arfm
    tukangsapu.net, isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdsapp.net

    Offline Machmud

    • Moderator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 1253
    Re:MATCHING ANTENNA
    « Jawab #28 pada: Agustus 15, 2010, 06:28:28 PM »
  • Publish
  • pak isur..sya mau nanyak ne..5/8 lambda tu gmn cara ukurnya? klo dlam cm.. sya blom ngerti neh..thks

    dasar na dulu ...
    1 lamda = 300/F
    ya udah .. kalo 5/8
    300/f x5 / 8
    contoh f 100MHz =
    300/100 = 3meter x 5 = 15 meter / 8 = 1,875 meter
    jadi 5/8 pada frek 100MHz = 1,875 Meter
    di jadikan cm = 1,875 meter = 187,500 centimeter

    hitungan ini biasanya meleset sekian cm ... bisa jadi karena diameter bahan  ...kualitas bahan dll ... tapi rata2 ... mendekati ...

    salah koreksi yo ... he . karena kalo saya buat antena pasti meleset dari rumus . hehehehe
    Betul..betul...betul....
    Hasil akhir bila pakai allumunium pada umumnya  dikalikan  0.96
    187cm X 0.96 =  179.5cm itupun dengan ring gama match pas 1/4 lamda

    Offline achsan

    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 1080
    Re:MATCHING ANTENNA
    « Jawab #29 pada: Agustus 29, 2010, 08:52:36 PM »
  • Publish
  • mantabs jo...... baru ngarti saya itung2an pake lambda....... makasih patas penjelasan para master semuanya..... :)   :)    :)

     


    Facebook Comments