Penulis Topik: Hombrew OMNI 2.4GHz from GUMPH.ORG  (Dibaca 4207 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline isurganteng

  • Isurganteng
  • Administrator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 2652
  • Keseharianku Melawan Waktu
    • Keseharianku Melawan Waktu
Hombrew OMNI 2.4GHz from GUMPH.ORG
« pada: April 11, 2010, 11:14:27 PM »
  • Publish
  • Dikutip dari : http://wireless.gumph.org/articles/homemadeomni.html

    Pengenalan

    Sebagian besar desain di web untuk 2,4 GHz antena omni tampaknya melibatkan tubing kuningan dan kabel LMR-400, tak satu pun yang ada pada saya. Saya kemudian menemukan hanya untuk desain untuk 444Mhz yang didasarkan pada ide yang sama. Ini masuk akal dan kabel aku bisa dapatkan RG 213 dari Maplin. Dengan skala desain 444Mhz sampai 2,4 Ghz dan menggunakan RG-213 saya pikir saya akan dapat membuat antenna ini. Dalam rangkaian untuk mendapatkan keuntungan sekitar 6db dari antena, maka akan membutuhkan 8 sektor, dengan 1/4 gelombang dari 1 di atas dan paling ujung untuk memancar dengan N-konektor di bagian bawah. Perlu waktu sekitar 2-3 jam untuk membangun antena dengan konsep desain ini, tapi jangan khawatir jika diperlukan waktu lebih lama, Anda akan mendapatkan cepat, terutama karena Anda hanya perlu membuat sekali.



    Sebagian besar desain baik itu magnet toroida atau decoupler pada awal pancaran dari antena.  Namun bagian decoupler tampaknya berbeda dalam setiap desain, dan beberapa desain panjang decoupler dikutip dari 1 / 4 lamda, yang lain. Gelombang 4 kali kecepatan faktor decoupler tabung (tabung kuningan dengan faktor pengali pada 0,95). Saya sudah mencoba sebagian besar bagian dan dapat diketahui bahwa tanpa pengujian yang tepat saya tidak melihat perbedaan dalam rasio Signal Noise dengan memiliki decoupler ataupun tidak.  Saya memutuskan untuk tidak mengganggu bagian karena desain disederhanakan. Jika ada yang tahu alasan bagus mengapa Anda harus memiliki sebuah decoupler maka saya ingin tahu (terutama jika Anda tahu di mana harus diperlukan).   Jika Anda ingin menambahkan decoupler, silakan lakukan, saya dapatkan dengan  menggunakan 15mm atau 22mm dan tabung tembaga atau 22mm 15mm akhir antena membuat desain yang baik, hanya perlu disolder bersama-sama untuk mendapatkan panjang yang tepat, dan lubang dibor pada akhirnya akhir berhenti agar sesuai kabel.


    Masing-masing sektor antena perlu menjadi 1/2 lamda dikalikan dengan faktor kecepatan kabel.  Faktor kecepatan RG-213 adalah 0,66. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan kabel yang berbeda (seperti LMR-400) maka Anda perlu untuk mendapatkan faktor kecepatan dari kabel (yang akan berbeda), dan menghitung ulang semua dimensi.

    V * C    0.66 * 299792458 1/2 wavelength = ------ = ---------------- = 0.0405m = 40.5mm
    2 * F     2 * 2441000000
    V = Velocity Factor   of  RG213  = 0.66
    C = speed of light = 299792458
    F = Frequency of Signal = 2441000000 (kisaran tengah 2.4GHz)

    Gelombang 1/4 lamda tidak disesuaikan dengan faktor Velocity, karena dalam, terbuka sehingga didapatkan hitungan panjang 31mm dan panjang total antena-355mm + ujung pancaran. (Terima kasih kepada Oscar untuk mengoreksi saya tentang ini.)

    bagian

    Semua bagian yang tersedia murah dari Maplin baik dan setiap toko DIY.
    • 1m kabel RG-213U. Hal ini cukup untuk 2 antena. Beli lebih panjang flylead apa pun yang Anda inginkan.
    • Konektor N, Tergantung pada apa yang Anda ingin terhubung ke, gunakan konektor baik laki-laki atau perempuan, dan inline atau sekat. Ingat harus sesuai dengan diameter 10mm-kabel RG 213
    • 20mm saluran pvc (tersedia di setiap toko DIY) Memiliki diameter dalam 20mm, dan 22mm luar.
    • klip pipa 22mm (tergantung pada bagaimana Anda ingin me-mount antena), klip pipa membuatnya mudah untuk me-mount dan unmount, atau gunakan kurung saluran yang tepat (tapi  tampaknya sedikit mahal).
    • Anda tidak memerlukan alat khusus
    • gergaji besi
    • Stanley pisau
    • Tang
    • solder standar dan Timah
    • memotong kayu untuk membuat jig untuk bantuan solder
    • bangku atau wakil untuk menahan kabel saat Anda memotongnya
     


    TO BE CONTINUD ... Susah translet na ... bersabar de ya  ... :D
    gdshost.net
    ym : yadi_arfm
    tukangsapu.net, isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdsapp.net

    Offline santrikhosh

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 110
      • mbah latif blog
    Re:Hombrew OMNI 2.4GHz from GUMPH.ORG
    « Jawab #1 pada: April 12, 2010, 09:35:41 AM »
  • Publish
  • ijin nyelani tulisan Anda mas Izurganteng....
    saya dah buat beberapa omni collinear menggunakan bahan utama dari pipa tembaga yg biasa untuk AC, pake tembaga bukan kuningan ...pipa tembaga bisa dibeli di toko/service AC...sedangkan kabelnya pake RG-6 yang biasa untuk parabola....hasilnya lumayan tak pake untuk tplink 601 dgn daya 20dBm dengan ketinggian 15 mtr bisa sampe 3km dengan client wajabolik tplik501 yg berdaya 17dBm. cuma kayaknya matchnya di chanel bawah atau chanel 1-3. untuk yg chanel 6 ke atas sinyal semakin drop...saya gak punya SWR apalagi yg untuk band 2,4GHz. referensi saya ambil dari web di bawah ini....makasih banyak....
    http://www.nodomainname.co.uk/Omnicolinear/2-4collinear.htm

    Offline jinbe

    • Newbie
    • *
    • Tulisan: 10
    Re:Hombrew OMNI 2.4GHz from GUMPH.ORG
    « Jawab #2 pada: Mei 07, 2010, 04:04:56 PM »
  • Publish
  • cara menghubungkanya ke kmputer gmn? lwat USB kah?
    danz-dloverz

    Offline achsan

    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 1080
    Re:Hombrew OMNI 2.4GHz from GUMPH.ORG
    « Jawab #3 pada: September 26, 2010, 03:53:29 PM »
  • Publish
  • cara menghubungkanya ke kmputer gmn? lwat USB kah?

    kalo di taruh di luar rumah maks ketinggian antena berapa om ganteng....

    Offline yd7lby

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 466
    • elektronika is yahud
    Re:Hombrew OMNI 2.4GHz from GUMPH.ORG
    « Jawab #4 pada: September 26, 2010, 04:41:10 PM »
  • Publish
  • bikin kaya gini ya om ganteng  ;D (see attachment)
    « Edit Terakhir: September 26, 2010, 04:48:18 PM oleh yd7lby »
    "Siapa yang cinta pada nabi-Nya, pasti bahagia dalam hidupnya"
    -Vita dan Hadad Alwi-

    Offline achsan

    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 1080
    Re:Hombrew OMNI 2.4GHz from GUMPH.ORG
    « Jawab #5 pada: September 27, 2010, 12:32:35 AM »
  • Publish
  • saya batuin perbesar gambarnya ya bang.... nih depannya yang dalam paralon antennya bang..... terus yang belakang antena juga apa fungsinya sebagai reflektor bang....



    sebelum di feed pake balun juga bang...... ukuran panjang antena berapa bang..... oh iya kok pake paralon bang.... kalo ngak pake paralon kan lebih kenceng signal-na...hehhehe... (masih awam.. lagi mode:on)



    mohon pencerahannnya terima kasih.........

    Offline aljero

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 265
    • mangan ra mangan sing penting sugih
    Re:Hombrew OMNI 2.4GHz from GUMPH.ORG
    « Jawab #6 pada: Pebruari 28, 2011, 02:43:06 PM »
  • Publish
  • nah ... siiip
    Menekung Narawang Ngalampah Paripolah

     


    Facebook Comments