Penulis Topik: receiver radio AM  (Dibaca 7090 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline tama

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 53
  • BELAJARLAH DARI KESALAHAN YG SDAH DBUAT.! ide1
receiver radio AM
« pada: Januari 13, 2012, 10:50:34 PM »
  • Publish
  • bagi yang jagojago elektro, saya minta skema rangkaian Receiver Radio AM dong.
    soalnya pengen nyoba sendiri+modif receiver ke bentuk yang baru.  ide1 ide1 ide1
    hehhe
    mohon bantuannya yah
    experience is the best teacher in the world
    ide1 ide1 ide1 ide1 ide1

    Offline masYok

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 252
    • homebrewer otodidak yang banyak belajar dari KHE
    Re:receiver radio AM
    « Jawab #1 pada: Januari 13, 2012, 11:15:54 PM »
  • Publish
  • skedar membantu, ini yg jenis straight

    ...kalo ini yg superheterodyne,
    "Ketika kamu merasa pintar saat itulah kamu menjadi bodoh!" (Durrotun Nashihin)

    http://elektronikanalog.blogspot.com

    Offline tama

    • Jr. Member
    • **
    • Tulisan: 53
    • BELAJARLAH DARI KESALAHAN YG SDAH DBUAT.! ide1
    Re:receiver radio AM
    « Jawab #2 pada: Januari 14, 2012, 07:16:27 PM »
  • Publish
  • kira kira lebih efisien yang mana yah mas ?
    hehe  konek1 konek1

    maaf berhubung masi pemula jadi banyak tanya nih, hahaha
    buat tahu semua fungsi dari komponen tersebut nyari kemana ya ?
    haha

    experience is the best teacher in the world
    ide1 ide1 ide1 ide1 ide1

    Offline masYok

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 252
    • homebrewer otodidak yang banyak belajar dari KHE
    Re:receiver radio AM
    « Jawab #3 pada: Januari 14, 2012, 09:46:16 PM »
  • Publish
  • coba cari buku pelajaran elektronika utk smp kelas 3, ada smua deh  ^-^...jaman skrg masih ada pelajaran keterampilan elektronika pa nggak ya ? wkwkwk....paling2 dah jd mulok skrg
    "Ketika kamu merasa pintar saat itulah kamu menjadi bodoh!" (Durrotun Nashihin)

    http://elektronikanalog.blogspot.com

    Offline hexxer

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 155
    Re:receiver radio AM
    « Jawab #4 pada: Januari 16, 2012, 07:41:52 AM »
  • Publish
  • Klo mau yg lebih sederhana lagi bisa coba pake YS414 alias ZN414, cuma butuh sedikit komponen tambahan
    sumber http://www.aaroncake.net/circuits/single_chip_am_radio_circuit.asp

    versi yg pake miniampli
    sumber http://elec-circuits.blogspot.com/2011/04/low-cost-am-radio.html

    Yang pake MK484 (versi baru ZN414)
    sumber http://bellsouthpwp2.net/w/u/wuggy/mk484.htm
    atau
    sumber http://www.vk6fh.com/vk6fh/mk484radios.htm

    Ini malah disainnya bisa masuk kotak korek api (ane pernah bikin waktu SD n berhasil loh)

    sumber http://www.mds975.co.uk/Content/trfradios.html

    Offline tama

    • Jr. Member
    • **
    • Tulisan: 53
    • BELAJARLAH DARI KESALAHAN YG SDAH DBUAT.! ide1
    Re:receiver radio AM
    « Jawab #5 pada: Januari 17, 2012, 08:46:55 PM »
  • Publish
  • #Hexxer:makasih kang info dan pencerahannya.

    # SMP kemaren bikin Radionya belom kelar ,jadi penasarannya baru sekarang.
    wkwkkwkw bete1 bete1 bete1
    experience is the best teacher in the world
    ide1 ide1 ide1 ide1 ide1

    Offline masYok

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 252
    • homebrewer otodidak yang banyak belajar dari KHE
    Re:receiver radio AM
    « Jawab #6 pada: Januari 17, 2012, 11:51:00 PM »
  • Publish
  • pengalaman wkt dulu smp, praktek bikin radio superhet AM yg MW (jaman dulu blum ada FM),ngrakitnya mudah & cepet selesai, bagian yg paling susah adalah ngetrimnya...setengah mati, gak kelar2 hehehe....kesalahannya ngrakitnya langsung dirakit smua, harusnya khan perbagian mgkn ya dari oscilator, IF I, IF II - IF III, so krn ngetrimnya gak slesai2 ya udah dikumpulin aj, paling jg ditumpuk di gudang
    "Ketika kamu merasa pintar saat itulah kamu menjadi bodoh!" (Durrotun Nashihin)

    http://elektronikanalog.blogspot.com

    Offline trisno

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 345
      • facebook
    Re:receiver radio AM
    « Jawab #7 pada: Januari 25, 2012, 09:42:14 PM »
  • Publish
  •  cari1 klo jaman sekarang bikin radio super heterodyn yg mudah pakai ic TA2003 dan penguat audionya pake TDA2822 yg 8 pin bisa pakai baterai 3v seperti radio2 bikinan cina.tapi ini khusus hanya buat dibikin didengar bukan untuk pembelajaran.
    malu bertanya berjalan-jalan

    Offline zia

    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 631
    Re:receiver radio AM
    « Jawab #8 pada: Januari 26, 2012, 02:05:48 PM »
  • Publish
  • Dulu waktu awal smp saya pernah bikin superheterodyne , pcb dari saturn kalo gak salah.
    Gagal total, bunyi tapi yang diterima SW, bukan MW. Berbulan2 dioprek2, tetep ndak berhasil.
    Gak punya alat ukur blas. Teori ndak menguasai. Ya cuma bingung sendiri jadinya.
    Informasi terbatas, temen2 juga sama2 ndak tau, guru pun juga ndak bisa solving problem.
    Sekarang waktu udah bisa teorinya, udah ndak tertarik lagi ngoprek2 radio AM hehee..

    Offline cungkrinx

    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 635
      • omrin
    Re:receiver radio AM
    « Jawab #9 pada: Januari 29, 2012, 11:42:04 PM »
  • Publish
  • aku tambahin neh... praktek jaman SMP dulu......


    Offline hexxer

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 155
    Re:receiver radio AM
    « Jawab #10 pada: Januari 30, 2012, 11:03:45 AM »
  • Publish
  • Jadi ngiri ama mas cungkrinx, sisa2 perangku waktu SD/SMP dah ilang semua waktu rumah kebobolan dibawa semua hik hik hik

    Offline cungkrinx

    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 635
      • omrin
    Re:receiver radio AM
    « Jawab #11 pada: Januari 30, 2012, 06:04:01 PM »
  • Publish
  • Om Hexxer kemaren bongkar-bongkar gudang nemu tuh,,, benda-benda peninggalan bersejarah  boys1

    « Edit Terakhir: Januari 30, 2012, 06:21:12 PM oleh cungkrinx »

    Offline zia

    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 631
    Re:receiver radio AM
    « Jawab #12 pada: Januari 30, 2012, 09:26:49 PM »
  • Publish
  • Ini dulu sempat bisa bekerja baik nggak? atau gagal juga?
    kebanyakan gagalnya biasanya di spul antena (inti ferit), soalnya spul antena biasanya ndak umum.

    aku tambahin neh... praktek jaman SMP dulu......



    Offline masYok

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 252
    • homebrewer otodidak yang banyak belajar dari KHE
    Re:receiver radio AM
    « Jawab #13 pada: Januari 30, 2012, 09:32:03 PM »
  • Publish
  • koq jd nostalgila masa SMP smua nih hehehe..... boys1 boys1 boys1
    "Ketika kamu merasa pintar saat itulah kamu menjadi bodoh!" (Durrotun Nashihin)

    http://elektronikanalog.blogspot.com

    Offline cungkrinx

    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 635
      • omrin
    Re:receiver radio AM
    « Jawab #14 pada: Januari 30, 2012, 09:39:11 PM »
  • Publish
  • betul Bang Zia  top1 kalo sesuai dengan skema gak sukses.. harus di modif di bagian front end nya :D baru bisa bunyi... praktek waktu itu gagal  ^-^ tapi waktu STM ada kakak kelas yang kasih tau apa yg di modif jadi bunyi deh, tapi udah lupa apa aja yang di rubah  ;D

     


    Facebook Comments