Penulis Topik: Trafo 10A in ditap 185v supaya out naik. Bahaya gak?  (Dibaca 2904 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline hexxer

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 155
Trafo 10A in ditap 185v supaya out naik. Bahaya gak?
« pada: Januari 03, 2012, 06:05:06 PM »
  • Publish
  • Sesepuh yg baik hati, mo tanya n minta masukannya nih...
    Ane punya trafo 10A yg inputnya variable 0v 185v 200v 220v 255v, outnya 15v doang. Nah sehubung ane butuh input sekitar 18v akhirnya iseng deh input ane taro di 0v - 185v, lumayan out bisa ampir nyentuh 18v. Ni dah dipake beberapa minggu, tapi koq mulai hari ini timbul bau2 aneh dari trafonya, apakah karena inputnya ane taro di 185v ato karena penyebab lain ya? padahal cuma tuk ngangkat kipas 0,2A ama perangkat dalam konsidi RX doang.
    Mohon petunjuk... konek1 konek1 konek1

    Offline Busan

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 495
      • My Electronic Collections
    Re:Trafo 10A in ditap 185v supaya out naik. Bahaya gak?
    « Jawab #1 pada: Januari 03, 2012, 06:24:31 PM »
  • Publish
  • Kalau tegangan dan luas inti trafo tetap  tetapi jumlah gulungan berkurang maka ada kemungkinan inti trafo mengalami saturasi yang berakibat impedansi trafo berkurang sehingga sisi primer akan menarik arus yang lebih besar dari kewajaran walaupun pada sisi sekundernya tanpa beban. Gejala lainnya inti trafo akan lebih panas walau tanpa beban
    RBS FM on

    Offline purwanto-amm

    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 1065
    • Nikola Tesla
      • purwanto-apriana
    Re:Trafo 10A in ditap 185v supaya out naik. Bahaya gak?
    « Jawab #2 pada: Januari 03, 2012, 07:00:37 PM »
  • Publish
  • aduh aduh itu nama nya pemaksaan untung gak kebakar tuh trafo ...
    Kontak INBOX ke FB
    facebook.com/purwanto.apriana

    BLOG
    purwanto1987.wordpress.com

    Offline adib ali a

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 282
    Re:Trafo 10A in ditap 185v supaya out naik. Bahaya gak?
    « Jawab #3 pada: Januari 03, 2012, 07:11:01 PM »
  • Publish
  • Awas bentar lagi gosong.....sebaiknya jangan mas hexer,

    Offline zia

    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 633
    Re:Trafo 10A in ditap 185v supaya out naik. Bahaya gak?
    « Jawab #4 pada: Januari 03, 2012, 07:24:57 PM »
  • Publish
  • Wah udah bagus tuh trafonya gak kebakar.
    Kalau bebannya kecil sih caranya pake doubler voltage saja.
    So PLN 220V dimasukin ke 0-255V primer trafo.
    Ntar keluaran trafo akan sekitar 12-13V. Nah ini yang di double kan.
    Kapasitor masing2 pake yang 10000uF/25V.
    Selamat mencoba...

    Offline hexxer

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 155
    Re:Trafo 10A in ditap 185v supaya out naik. Bahaya gak?
    « Jawab #5 pada: Januari 03, 2012, 10:57:12 PM »
  • Publish
  • Makasih masukannya....,
    Pas tu adaptor jadi sempet ane tes idupin semaleman (sekitar 10jam) dan hasilnya cuma anget tipis aja. Ya karena hasil percobaannya berhasil (ane anggep gitu) ya dipake aja dah ampir sebulan ini n normal banget. Ni penasaran dah jalan beberapa minggu normal aja, baru hari ini diidupin gak sampe 5 menit muncul bau2 aneh.
    Bro zia bisa dikasih gambaran skemanya tuk voltage doublernya??
    thanks


    Offline hexxer

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 155
    Re:Trafo 10A in ditap 185v supaya out naik. Bahaya gak?
    « Jawab #7 pada: Januari 04, 2012, 08:44:45 AM »
  • Publish
  • Makasih bro zia...
    ni mo ngerubah dulu deh posisi inputnya trus didoubler voltagenya

    Offline trisno

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 345
      • facebook
    Re:Trafo 10A in ditap 185v supaya out naik. Bahaya gak?
    « Jawab #8 pada: Januari 04, 2012, 04:06:47 PM »
  • Publish
  • gimana kang zia untuk kuat arusnya?sepertinya jadi turun.
    malu bertanya berjalan-jalan

    Offline adib ali a

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 282
    Re:Trafo 10A in ditap 185v supaya out naik. Bahaya gak?
    « Jawab #9 pada: Januari 04, 2012, 05:34:37 PM »
  • Publish
  • Iya kayaknya kurang arusnya... barangkali cocoknya untuk daya rendah, seperti kipas, dll.  boys1

    Offline hexxer

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 155
    Re:Trafo 10A in ditap 185v supaya out naik. Bahaya gak?
    « Jawab #10 pada: Januari 04, 2012, 07:47:54 PM »
  • Publish
  • Sayang amat trafo 10A cuma buat jalanin kipas, ni lagi dites ulang setelah dikembalikan kejalan yg benar (tap 220V). Mudah2n aman.
    makasih semua atas masukannya

     


    Facebook Comments