Penulis Topik: Menambah kesensitifan fm tuner  (Dibaca 62546 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline masYok

  • Sr. Member
  • ******
  • Tulisan: 252
  • homebrewer otodidak yang banyak belajar dari KHE
Re:Menambah kesensitifan fm tuner
« Jawab #30 pada: November 17, 2011, 10:22:00 PM »
  • Publish
  • sama aj spt tuner biasa mas, bisa....tapi ada selisih antara IF dan OSC 10,7 MHz, misal Anda mau memancar di freq 100 MHz, maka OSC tuner = 100 - 10,7 = 89.3, so mesti pake 2 tuner, satu bwt TX satu bwt RX,kecuali kalo karyanya pak Abdulgani, cuma pake 1 tuner bisa bwt TX RX...bener ya mas, nanti saya dikasi tau pin2nya...aq kemaren pesen udah dpt...udah tau pin2nya sih sebenarnya cuma mo tak cek lagi, sama apa nggak...aq dah bkin pcbnya TA7302-7303, malah dah tak siapin tempat bwt cf nya masing2 10 bh hehehe....
    "Ketika kamu merasa pintar saat itulah kamu menjadi bodoh!" (Durrotun Nashihin)

    http://elektronikanalog.blogspot.com

    Offline masugin

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 109
    Re:Menambah kesensitifan fm tuner
    « Jawab #31 pada: November 17, 2011, 10:35:58 PM »
  • Publish
  • Kemarin pernah baca dari tread lupa mas. Setelah out dari tuner ada cf trus diberi penguat pake tr 2026 sampe 5tingkat cfnya sampek 63 buah mas. Ini cman baca2 aja mas. Untuk ic if yang paling sensitif pake tipe berapa kalo 1260 sensitifitasnya katanya 0,2mikro volt mas ada yang lebih bagus pa gak

    Offline masYok

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 252
    • homebrewer otodidak yang banyak belajar dari KHE
    Re:Menambah kesensitifan fm tuner
    « Jawab #32 pada: November 18, 2011, 06:33:48 PM »
  • Publish
  • saya pernah coba juga bikin yg pake C2026...tapi ternyata bbrp kali beli Tr itu koq posisi kakinya laen2...jgn2 Trnya palsu, hasilnya jg kurang maksimal...coba pake AN7222 mas, kalo menurut saya hasilnya gak beda jauh, makanya skrg mo coba yg pake TA7303
    "Ketika kamu merasa pintar saat itulah kamu menjadi bodoh!" (Durrotun Nashihin)

    http://elektronikanalog.blogspot.com

    Offline masYok

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 252
    • homebrewer otodidak yang banyak belajar dari KHE
    Re:Menambah kesensitifan fm tuner
    « Jawab #33 pada: November 18, 2011, 06:49:34 PM »
  • Publish
  • kalo gak salah disini mas treadnya
    http://txfm.blogspot.com/2008/05/antenna-fm-circular.html

    gini kata2 nya .....

    Untuk lebih peka dan sempit, maka tambahkan rangkaian penguat beberapa tingkat pada output tuner sebelum masuk ke IC LA 1260 LA 1140/LA 1165/LA1145 de el el.

    Gunakan Transistor 2sc2026, itu transistor yang terbaik yang pernah saya coba, dari pada transistor lain yang sebagai penguat RF ( RF Amplifier), dengan urutan Pin B E C, jika tulisan transistor menghadap kita.

    Tapi ingat, kalo beli transistor 2026, pilih yang tulisannya kecil sekali, karena kalo tulisannya besar itu tdk bisa dipake, kode depannya biasanya L atau K, jadi tulisannya C2026, trus bagian bawahnya ada tulisan lagi L trus angka2 berapa lupa, atau K trus di ikuti angka juga.)

    Berikut rangkaiannya.

    Kaki Basis-Colector di kopel ( di sambungkan dengan) resistor 68 K Ohm, kaki Colector ditahan Resistor 220 Ohm sebelum di beri Voltage 5 sd 9 Volt. kaki basis masuk ke Cf 10.7 dobel 3 atau 4 kemudian masuk ke tuner bagian yang ada tulisan OUT. kemudian kaki Colector masuk ke CF 10.7 dobel 3 atau 4 kemudian masuk lagi ke basis transistor dengan rangkaian yang sama ( kopel basis-Colector 68 K ohm, Colector di tahan 220 Ohm sebelum diberi tegangan 5 sd 9 Volt) dan Colector ( transistor kedua) masuk ke CF 10.7 dobel 3, 4 atau lima juga bisa ( pilih jumlah CF sambil coba dengarkan suara yang berdesis sampai terdengar jelas) kemudian Cf yang terakhir tersebut baru masuk ke IC pre amplifier.

    Atau jika kurang peka lagi , tambah lagi rangkaian penguat seperti diatas, bahkan saya punya sampai 8 transistor. Dengan jumlah CF 10.7 sebanyak 63 buah. jadi transceiver saya sempit sekali.

    Tapi kalo pengan peka tapi ga terlalu sempit pake aja sekitar 4 penguat transistor C2026 sudah cukup.
    "Ketika kamu merasa pintar saat itulah kamu menjadi bodoh!" (Durrotun Nashihin)

    http://elektronikanalog.blogspot.com

    Offline mimin

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 174
    Re:Menambah kesensitifan fm tuner
    « Jawab #34 pada: November 24, 2011, 10:42:53 PM »
  • Publish
  • mas ugin sekarang apa masih ngebrik i ponorogo?ponorogonya mana, jangan2 tetangga. rumahku di ngasinan - jetis

    Offline ridho

    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 1102
    • http://ridho26.blogspot.com/
      • Elektronika Plus
    Re:Menambah kesensitifan fm tuner
    « Jawab #35 pada: November 24, 2011, 10:47:53 PM »
  • Publish
  • ponorogo sepertinya ada yg amanya fosil
    bener kagak aku dah lupo

    tuh cf nya banyak kali 63 pcs, saya yg cuma 8 pcs aja ndengerin audionya nggak begitu enak apalagi itu

    Offline masugin

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 109
    Re:Menambah kesensitifan fm tuner
    « Jawab #36 pada: November 24, 2011, 11:36:34 PM »
  • Publish
  • Benar mas ridho cf dtambah 1ja dh gak enak suaranya palagi 63 mas. Tapi dari blognya pak win jombang bgus katanya. Di sela2 cf diberi penguat mas pake 2026. Mas ridho di kartosuro da toko elektro dkete pasar tu gmana lengkap pa gak. Trus da juga dkate lampu merah kaliworo tu ada juga. Kpan2 ja lo bise rusak dklaten aq tak mampir ke tempate mas ridho ae ya

    Offline ridho

    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 1102
    • http://ridho26.blogspot.com/
      • Elektronika Plus
    Re:Menambah kesensitifan fm tuner
    « Jawab #37 pada: November 25, 2011, 07:35:03 AM »
  • Publish
  • iya mas dikasih penguat nho klo cm cf saja malah radione bukanya peka malah nggak denger siapa2
    silahkan coba pakai 63 pasti kerepotan sekali dan tidak enak malahan
    apalagi klo seting serobit sama sinyalnya mlengse
    ampun pokoknye
    seara lawan jelas suara kita rada pecah
    risi

    bastol tu lumYn murah2 mas
    bisnya rusak gmn mas?
    klo mau maen. maen aja sini

    Offline adib ali a

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 282
    Re:Menambah kesensitifan fm tuner
    « Jawab #38 pada: November 25, 2011, 09:55:26 AM »
  • Publish
  • Hallo  hallo1 mas mimin salam kenal... tambah temen nih ada orang ponorogo ternyata,,, saya juga ponorogo nih.

    Offline masYok

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 252
    • homebrewer otodidak yang banyak belajar dari KHE
    Re:Menambah kesensitifan fm tuner
    « Jawab #39 pada: November 25, 2011, 06:34:25 PM »
  • Publish
  • coba2 scanning lg...eh ternyata kedengeran RPU Telomoyo di 81,7...hehehe...
    "Ketika kamu merasa pintar saat itulah kamu menjadi bodoh!" (Durrotun Nashihin)

    http://elektronikanalog.blogspot.com

    Offline sicknature

    • Jr. Member
    • **
    • Tulisan: 76
    • bukan ht ku
    Re:Menambah kesensitifan fm tuner
    « Jawab #40 pada: November 25, 2011, 08:01:42 PM »
  • Publish
  • nyimak...kyke perlu klo mo brik2an  corong1 corong1 corong1

    Offline aan

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 321
    Re:Menambah kesensitifan fm tuner
    « Jawab #41 pada: November 25, 2011, 10:36:28 PM »
  • Publish
  • ikut mantau

    Offline masYok

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 252
    • homebrewer otodidak yang banyak belajar dari KHE
    Re:Menambah kesensitifan fm tuner
    « Jawab #42 pada: November 25, 2011, 11:02:30 PM »
  • Publish
  • input di 75,7MHz...silakan yg mo ngebrik...kemaren sempat monitoring, siang2 ada yg masuk dr bojonegoro cuma dg pesawat 0,5 watt, tapi mgkn antena pake pengarah,saya coba masuk blum bisa coz antena kurang memenuhi syarat kali ya hehe....
    "Ketika kamu merasa pintar saat itulah kamu menjadi bodoh!" (Durrotun Nashihin)

    http://elektronikanalog.blogspot.com

    Offline Eko Pur

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 141
    Re:Menambah kesensitifan fm tuner
    « Jawab #43 pada: November 26, 2011, 04:37:17 AM »
  • Publish
  • Rpu Telomoyo terdengar sape ke purwokerto cuman blm bgtu sempurna,dulu waktu outputnya di sekitar 83,1 mhz kalau aq ga lupa sampai ke purwokerto kualitas signalnya luar biasa sempurnanya,saya kira bkn rpu telomoyo,trus coba nanya sama rekan jogja,pak Harno sama rekan salatiga pak Tanggo sama Pak eko ternyata eh...ternyata input di 75.75mhz dah coba msk malah blm bsa....harus ada pembenahan di antena nich...... aplos1 aplos1 aplos1 boys1 boys1

    Offline ridho

    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 1102
    • http://ridho26.blogspot.com/
      • Elektronika Plus
    Re:Menambah kesensitifan fm tuner
    « Jawab #44 pada: November 26, 2011, 07:01:01 AM »
  • Publish
  • wah kenal pak harno jg ya mas pilax
    klo dari sini outpunya kedengeran, tapi nggak bisa masuk, kehalang gunung merbabu

     


    Facebook Comments