Penulis Topik: VSWR Meter Induvtive - Mudah, Murah, Handal..! (asal sedikit teliti saja)  (Dibaca 7547 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Bubun Stupid

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 132
  • Spirit of Undergrounder
Salam, ALL..!
saya tahu di luaran sana mungkin sudah bejibun tentang ini. Namun sekedar memanfaatkan waktu dan kesempatan saya ingin sedikit berbagi tentang ini versi sendiri saja.. Berikut paparan gambarannya:
Bismillahirohmanirohim...

seperti biasa (klise)... Mohon maaf atas segala kekurangannya... (si bos datang.. saya harus langsung cabut...! beresin karung pupuk.. bete1)
Untuk semua kawan-kawan silahkan leluasa menambahkan keterangan, penjelasan, atau pengkoreksian agar hal ini bisa lebih bermanfaat semaksimal mungkin..
--- Satu karya sederhana jauh lebih berharga dari berjuta kalimat. Segala omong kosong adalah kesia-siaan ---

Offline adib ali a

  • Sr. Member
  • ******
  • Tulisan: 282
Ternyata mas bubun sudah bereksperimen...cepet banget mas.,, barusan nanya sudah di posting... hehe  aplos1 aplos1

Offline dedi_Sriwijayafm

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 95
OM kalo yang ini Kalibrasinya gimana..??? konek1 konek1
Aku Orang Biasa

Offline ridho

  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1102
  • http://ridho26.blogspot.com/
    • Elektronika Plus
 top1    wah aku suka ini yang biksen biksen kayak gini
lanjuuuuut dulu dah

Offline YD2USE - Joned

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 92
  • Belajar Tidak Hanya Cukup Sampai Disini
    • Sekolah Tinggi Kesehatan Yang berwawasan Global dan Islami
Namanya Mas Bubun, belakangnya mbok diganti.... Wong nyatane pinter ngono, kok... Ini bisa bikin alat kayak gini.... Ijin ngopi skema dah....

Offline Bubun Stupid

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 132
  • Spirit of Undergrounder
Salam, ALL..!
mumpung ada waktu dan kesempatan, saya susulkan ini ya...


silahkan jika ada yang ingin menambahkan atau memperjelas atau ide lainnya..
--- Satu karya sederhana jauh lebih berharga dari berjuta kalimat. Segala omong kosong adalah kesia-siaan ---

Offline ridokatro

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 122
izin co-pas schema'y mas bubun,,,,
ada 3 pertanyaan ni mas bubun,,
1. kabel RG8 yg d pake buat pencuplik sinyal dibuat agak panjang misal 12 cm,,gmn???ngaruh gk? (ada rencana modif m**D*L ni)
2. apa pengaruhnya kalo RG8 pencuplik diganti RG58?
3. Resistor yg tanda merah nyambung ke serabut RG disolder apa dililit????
maaf ahhh pertanyaanya standar banget... msh blajar....
terimakasih sblumnya
walau bukan yg trbaik tp gk kalh asyik... walau bukan yg trhebat tp layk jd shabat... walau bukan yg trdpan mdh2n bs jd tauladan...... yg jls yg pasti RIDOKATRO gk necko-necko!!!!

Offline Bubun Stupid

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 132
  • Spirit of Undergrounder
izin co-pas schema'y mas bubun,,,,
ada 3 pertanyaan ni mas bubun,,
1. kabel RG8 yg d pake buat pencuplik sinyal dibuat agak panjang misal 12 cm,,gmn???ngaruh gk? (ada rencana modif m**D*L ni)
2. apa pengaruhnya kalo RG8 pencuplik diganti RG58?
3. Resistor yg tanda merah nyambung ke serabut RG disolder apa dililit????
maaf ahhh pertanyaanya standar banget... msh blajar....
terimakasih sblumnya
Halo, Om ridokatro... hallo1
1) ada ngaruh; kepekaan VSWR meter jadi bertambah, daya RF yang digunakan bisa lebih kecila lagi TAPI rentang keterpercayaan ukur frekwensi akan berkurang, paling tidak 150MHz ke bawah karena panjang 12 cm dibanding 200 cm adalah cukup besar (12/200) mau tidak mau panjang sebesar itu memiliki panjang 'liar' induktif yang berpebgaruh atas panjang saluran transmisi keseluruhan.
2) ada pengaruh jika diubah dengan RG-58, terutama batas kapasitas daya yang diukur tentunya lebih kecil dari RG-8 tetapi jika hanya akan digunakan untuk daya 50watt ke bawah, bisa saja. Tetapi juga mengacu pada datasheet coax ternyata RG-58 hampir kebanyakan tidak tepat 50 Ohm contoh Belden RG58/U (82240) memiliki impedansi 53,5 ohm.
3)ya, dililitkan.. dan usahakan semerata mungkin kencangnya. boleh saja di solder juga.. tetapi sayang saya tidak punya solder yang cukup bagus untuk melakukannya.

Saya juga masih sangat belajar Om ridokatro.. jangan lupa bahwa ujung nama saya adalah stupid.. drop1
Bagus juga untuk modif M**D*L daripada menggunakan batang probe sejajar yang belum pasti 50 ohm..

Maafkan atas segala kekurangan saya..
--- Satu karya sederhana jauh lebih berharga dari berjuta kalimat. Segala omong kosong adalah kesia-siaan ---

Offline ridokatro

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 122
Halo, Om ridokatro... hallo1
1) ada ngaruh; kepekaan VSWR meter jadi bertambah, daya RF yang digunakan bisa lebih kecila lagi TAPI rentang keterpercayaan ukur frekwensi akan berkurang, paling tidak 150MHz ke bawah karena panjang 12 cm dibanding 200 cm adalah cukup besar (12/200) mau tidak mau panjang sebesar itu memiliki panjang 'liar' induktif yang berpebgaruh atas panjang saluran transmisi keseluruhan.
2) ada pengaruh jika diubah dengan RG-58, terutama batas kapasitas daya yang diukur tentunya lebih kecil dari RG-8 tetapi jika hanya akan digunakan untuk daya 50watt ke bawah, bisa saja. Tetapi juga mengacu pada datasheet coax ternyata RG-58 hampir kebanyakan tidak tepat 50 Ohm contoh Belden RG58/U (82240) memiliki impedansi 53,5 ohm.
3)ya, dililitkan.. dan usahakan semerata mungkin kencangnya. boleh saja di solder juga.. tetapi sayang saya tidak punya solder yang cukup bagus untuk melakukannya.

Saya juga masih sangat belajar Om ridokatro.. jangan lupa bahwa ujung nama saya adalah stupid.. drop1
Bagus juga untuk modif M**D*L daripada menggunakan batang probe sejajar yang belum pasti 50 ohm..

Maafkan atas segala kekurangan saya..
[/quote]

mksh bgt penjelasannya,,,, moga dengan berbagi ilmu d forum ini ilmu mas bubun gk berkurang dan bahkn akn bertambh,,,,,  kalkulasi1 ........amiiin
walau bukan yg trbaik tp gk kalh asyik... walau bukan yg trhebat tp layk jd shabat... walau bukan yg trdpan mdh2n bs jd tauladan...... yg jls yg pasti RIDOKATRO gk necko-necko!!!!

Offline bayu.ngka

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 47
Makasih mas bubun... Ini yang saya cari-cari... Saya do'akan ilmunya mas bubun bertambah.... kalkulasi1 kalkulasi1
Maaf saya tidak mampu menyumbangkan ilmu, Mohon izin untuk menimba Ilmu.
Blog Saya

Offline Bubun Stupid

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 132
  • Spirit of Undergrounder
Makasih mas bubun... Ini yang saya cari-cari... Saya do'akan ilmunya mas bubun bertambah.... kalkulasi1 kalkulasi1
amin.. semoga saja KITA semua makin bertambah ilmunya ya.....
terimakasih banyak atas doa dan dukungann nya Om bayu.ngka.. 
btw.. saya ingin sekali belajar LINUX.. nanti ajari saya ya, kalo sudah punya komputer sendiri tentunya.. malu2 mohon2
--- Satu karya sederhana jauh lebih berharga dari berjuta kalimat. Segala omong kosong adalah kesia-siaan ---

Offline mimin

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 174
Re:VSWR Meter Induvtive - Mudah, Murah, Handal..! (asal sedikit teliti saja)
« Jawab #11 pada: November 30, 2011, 11:18:41 PM »
  • Publish
  • iya mas, sulit untuk pas. pernah buat klo dibalik kalibrasi berbeda dan tambah pusing lagi pembacaan swr naik turun

    Offline mimin

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 174
    Re:VSWR Meter Induvtive - Mudah, Murah, Handal..! (asal sedikit teliti saja)
    « Jawab #12 pada: Desember 02, 2011, 02:43:19 PM »
  • Publish
  • tapi pengen buat lagi, mungkin yang dahulu infonya kurang lengkap, berkas mas bun semangat eksperimen lagi

    Offline adib ali a

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 282
    Re:VSWR Meter Induvtive - Mudah, Murah, Handal..! (asal sedikit teliti saja)
    « Jawab #13 pada: Desember 02, 2011, 05:55:46 PM »
  • Publish
  • Ayo mas Mimin saya sudah mencobanya untuk ngukur SWR akurat kok... intinya kabel RG pencupliknya jangan terlalu panjang. 5cm cukup.

    Offline sicknature

    • Jr. Member
    • **
    • Tulisan: 76
    • bukan ht ku
    Re:VSWR Meter Induvtive - Mudah, Murah, Handal..! (asal sedikit teliti saja)
    « Jawab #14 pada: Desember 02, 2011, 09:48:48 PM »
  • Publish
  • iya mas, sulit untuk pas. pernah buat klo dibalik kalibrasi berbeda dan tambah pusing lagi pembacaan swr naik turun
    ...saya pernah bikin gitu juga tapi (pngalaman pribadi) coba kasih trimmer capacitor di paralel dengan r3x150 ohm yang di tengah kabel ntu....tar di trim sampai kondisi bolak balik fr rw nya sama..

     


    Facebook Comments