Penulis Topik: VSWR Meter Resistive - Mudah, Murah, Handal...!  (Dibaca 26556 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Bubun Stupid

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 132
  • Spirit of Undergrounder
VSWR Meter Resistive - Mudah, Murah, Handal...!
« pada: Oktober 12, 2011, 10:56:56 PM »
  • Publish
  • Salam ALL..!  hallo1
    ada beberapa yang bertanya tentang alat ukur VSWR meter untuk bisa digunakan untuk belajar dan eksperimen elektronika. saya jawab "..wah, banyak tuh VSWR meter dijual..!" tapi kemudian dijawabnya:"Ya.. kalo saya punya uang gak bakal repot,dong." lalu saya jawab lagi: "..kalu begitu ya buat saja sendiri. coba cari sama paman Google.." lagi-lagi dijawabnya lagi: "sudah nyari.. memang banyak cuma bahannya rada aneh-aneh kayak ferrite anu diode detektor ini,dll. lagian bikinnya kayaknya susah banget.. apalagi buat pemula.."   Oh, ya ampun.. jangan patah semangat untuk belajar.. ini saya coba berbagi tentang membuat VSWR Meter yang mudah, murah, tapi kehandalan akurasinya berani dibandingkan dengan VSWR komersial.. Benar, saya pernah punya M**-259 itu, DA**A CN-101L, dan lainnya.. tapi percayalah justru VSWR meter inilah favorite saya.. dan sudah saya bandingkan dengan yang lainnya itu.
    Baik inilah yang jadi favorit saya itu (ketika saya masih berkutat dengan elektronika)..
    Bismillahirohmanirohim....  ide1 kalkulasi1 konek1

    untu kawan-kawan lainnya silahkan untuk menambahkan sesuatu atau memberikan koreksinya agar hal ini bisa bermanfaat bagi siapapun.. lillahi ta'ala.. untuk pencerdasan bersama..

    Mohon maaf, ALL.. atas segala kekurangan dan kebodohan saya ini.. maaf juga saya jarang bisa OL meskipun saya senantiasa kangen gabung dengan forum ini.. mudah-mudahan suatu ketika nanti saya bisa punya komputer sendiri.. drop1 drop1
    --- Satu karya sederhana jauh lebih berharga dari berjuta kalimat. Segala omong kosong adalah kesia-siaan ---

    Offline dzafoe

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 136
      • http://dzafoe-elektronik.blogspot.com/
    Re:VSWR Meter Resistive - Mudah, Murah, Handal...!
    « Jawab #1 pada: Oktober 12, 2011, 11:01:02 PM »
  • Publish
  • top1 top1 top1 top1 top1 top1 top1 top1 top1 top1

    Offline adib ali a

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 282
    Re:VSWR Meter Resistive - Mudah, Murah, Handal...!
    « Jawab #2 pada: Oktober 13, 2011, 08:29:39 AM »
  • Publish
  • Mas bubun,, itu mampu untuk berapa watt ya...??

    Offline Bubun Stupid

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 132
    • Spirit of Undergrounder
    Re:VSWR Meter Resistive - Mudah, Murah, Handal...!
    « Jawab #3 pada: Oktober 13, 2011, 03:40:15 PM »
  • Publish
  • terimakasih Om dzafoe...
    Om adibin ali a : seperti yang tercantum maksimal 3 watt, 1 watt sudah cukup untuk membuat pengukuran yang bisa dipercaya..

    (Mohon maaf.. ALL.. saya numpang curhat lagi)
    sial hari ini.. bete1 bete1  waktu lagi nyiangi tanaman di kebun timun tiba-tiba dipanggil majikan untuk menghadap. baru juga sampai menghadap dan keringat belum kering, si bos:"Bun.. lo tadi malem maen postingan pake netbook gue,ya..?"
    saya jawab: "betul,bos.. kan sudah minta izin dulu.. lagian cuman sebentar banget.. drop1" si bos nyela:"..bukan gitu,Bun! maksud gue lo bikin postingan kayak gini bisa dipertanggungjawabkan..? bukan ilmu kira-kira..? bukan cuman insting..? cuman copas,ya..? lo jangan bikin penyesatan,dah.. lo jangan maluin gue,lah!"
    saya jawab:"..Insya Allah tidak,bos. sebelumnya saya minta dulu rokok sebatang dan pinjem pulpen sama kertas, pinjem juga netbook sebentaaaarr aja, ya bos.." si bos:"emang lo mo ngapain, Bun..?"  saya jawab:"cekidot,bos..!"


    --- Satu karya sederhana jauh lebih berharga dari berjuta kalimat. Segala omong kosong adalah kesia-siaan ---

    Offline dedi_Sriwijayafm

    • Jr. Member
    • **
    • Tulisan: 95
    Re:VSWR Meter Resistive - Mudah, Murah, Handal...!
    « Jawab #4 pada: Oktober 13, 2011, 04:26:31 PM »
  • Publish
  • mas bubun VSWR diatas musti di kalibrasi dulu kan????
    Aku Orang Biasa

    Offline Bubun Stupid

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 132
    • Spirit of Undergrounder
    Re:VSWR Meter Resistive - Mudah, Murah, Handal...!
    « Jawab #5 pada: Oktober 13, 2011, 06:22:40 PM »
  • Publish
  • mas bubun VSWR diatas musti di kalibrasi dulu kan????
    O,iya. benar sekali Om dedi_sriwijaya.. top1 (maaf saya sering terburu-buru berpacu dengan si bos, hihihi..) berikut panduan kalibrasi awalnya:

    Kaalu mau menambahkan atau mengkoreksi silahkan siapapun.. untuk kemajuan dan pencerdasan bersama.. ide1
    --- Satu karya sederhana jauh lebih berharga dari berjuta kalimat. Segala omong kosong adalah kesia-siaan ---

    Offline aan

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 321
    Re:VSWR Meter Resistive - Mudah, Murah, Handal...!
    « Jawab #6 pada: Oktober 13, 2011, 07:00:32 PM »
  • Publish
  • lanjuuuuuuuuuuuuutttt,,,, ikut memantau  cari1  cari1

    Offline zmcpy

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 299
    • A-Z
      • iseng-iseng
    Re:VSWR Meter Resistive - Mudah, Murah, Handal...!
    « Jawab #7 pada: Oktober 13, 2011, 08:04:58 PM »
  • Publish
  • hehe,,,maaf sebelumnya,,,lihat dari bhsnya kok kayak bhs google ya  cari1 ,,,,,  hallo1 sekali lg maaf ya om bubun

    Offline ug

    • Jr. Member
    • **
    • Tulisan: 94
    • NeVer crash under PRESSure
    Re:VSWR Meter Resistive - Mudah, Murah, Handal...!
    « Jawab #8 pada: Oktober 13, 2011, 08:51:11 PM »
  • Publish
  • Pak Bubun,bisa tak ya klo VSWR ini d modif utk mengukur watt gede? kalkulasi1 konek1

    Offline Busan

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 495
      • My Electronic Collections
    Re:VSWR Meter Resistive - Mudah, Murah, Handal...!
    « Jawab #9 pada: Oktober 13, 2011, 09:18:07 PM »
  • Publish
  • Bisa, pakai resistor flange dan VU ampere meter besar.
    RBS FM on

    Offline Kang Paimo

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 297
    Re:VSWR Meter Resistive - Mudah, Murah, Handal...!
    « Jawab #10 pada: Oktober 14, 2011, 09:55:41 AM »
  • Publish
  • Kalibrasinya sepertinya kurang lengkap , hanya untuk SWR=1 , SWR= tak hingga , bagaimana misalnya membuat skala pada meter nya?

    Offline Bubun Stupid

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 132
    • Spirit of Undergrounder
    Re:VSWR Meter Resistive - Mudah, Murah, Handal...!
    « Jawab #11 pada: Oktober 14, 2011, 11:02:45 AM »
  • Publish
  • Kalibrasinya sepertinya kurang lengkap , hanya untuk SWR=1 , SWR= tak hingga , bagaimana misalnya membuat skala pada meter nya?
    Halo Om Kang Paimo... hallo1
    (manfaatin waktu sebelum jumat-an,nih..)
    Tak perlu bingung dalam membuat skala meternya tinggal lihat lagi persamaan yg telah coba saya paparkan dimana VSWR=Zbesar/Zkecil .. kalkulasi1 saya beri contoh misalnya ingin mensimulasikan meter saat VSWR=2 .. ini bisa disimulasikan dengan menutup konektor dengan dummy load senilai 50X2=100 Ohm atau dengan dummy load senilai 50/2=25 Ohm silahkan pilih yang mana karena posisi penunjukan jarum tetap pada VSWR=2..  contoh lain simulasi saat VSWR=1,5 bisa dengan dummy load senilai 50X1,5=75 Ohm atau 50/1,5=33,33 Ohm...
    Cara lain dengan mengikuti skala yg sudah ada pada meter, misal untuk meter linear (seperti pada AVO)
    angka 2 berarti menunjukkan posisi VSWR= (10+2)/(10-2) = 12/8 = 1,5 dan lainnya.. atau misalnya meter logaritmik (seperti VU) posisi -10dB artinya 10 pangkat -1 = 0,1 skala 3dB artinya 10 pangkat 0,3=1,99 artinya saat jarum menunjuk angka -10, VSWR= (1,99+0,1)/(1,99-0,1) = 2,09/1,89 = 1,11 .. dan lainya.. sekarang tinggal kita pilih mau cara yang mana? yang simulasi atau ikut skala bawaan?
    Oh ya, kalau mau pilih cara simulasi gunakan resistor 1% sebagai bahan dummy load nya biar makin afdol.. ide1
    --- Satu karya sederhana jauh lebih berharga dari berjuta kalimat. Segala omong kosong adalah kesia-siaan ---

    Offline Kang Paimo

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 297
    Re:VSWR Meter Resistive - Mudah, Murah, Handal...!
    « Jawab #12 pada: Oktober 14, 2011, 04:34:09 PM »
  • Publish
  • trima kasih infonya

    Offline dedi_Sriwijayafm

    • Jr. Member
    • **
    • Tulisan: 95
    Re:VSWR Meter Resistive - Mudah, Murah, Handal...!
    « Jawab #13 pada: Oktober 14, 2011, 08:06:21 PM »
  • Publish
  • Wahhh...OM Bubun emang Yahuuuddd..... :-X :-X :-X :-X

    Om bubun kira-kira bisa menjamin ggak kalo SWR gk akan berubah sewaktu kita kasih watt gede,
    misal saya tuning antena pake swr ini dengan daya +- 3watt seperti yang disarankan om bubun, setelah antena matching 1:1 dengan watt tersebut,terus saya ganti dengan watt gede misal 300 watt,,kira-kira swr tetep 1:1 gkk????
    Aku Orang Biasa

    Offline Bubun Stupid

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 132
    • Spirit of Undergrounder
    Re:VSWR Meter Resistive - Mudah, Murah, Handal...!
    « Jawab #14 pada: Oktober 14, 2011, 09:01:04 PM »
  • Publish
  • Wahhh...OM Bubun emang Yahuuuddd..... :-X :-X :-X :-X

    Om bubun kira-kira bisa menjamin ggak kalo SWR gk akan berubah sewaktu kita kasih watt gede,
    misal saya tuning antena pake swr ini dengan daya +- 3watt seperti yang disarankan om bubun, setelah antena matching 1:1 dengan watt tersebut,terus saya ganti dengan watt gede misal 300 watt,,kira-kira swr tetep 1:1 gkk????

    Halo OM dedi_sriwijaya.. hallo1
    Berbagi pengalaman saya (dulu):
    nge-set antena 2m, tinggi tiang sementara 1 lambda, tidak ada benda apapun dari antena dalam radius 1 lambda.. coax yang digunakan set adalah coax yang akan digunakan seterusnya..
    awal==> I*OM IC-2N ,9Volt batere, power 1,5 Watt         VSWR=1:1 (RESISTIVE)
    naik1==>AL**CO DJ-135, 14,5Volt, power 60 Watt           VSWR=1:1  (DA**A CN-101 + DI**OND SX-400)
    naik2==>M*R**E B-1060, 15Volt,   power 160 watt          VSWR=1:1  (DA**A CN-101 + DI**OND SX-400)
    naik3==>R**T*X 5S00, xxxxVolt,    power 400 watt          VSWR=1:1  (DA**A CN-101)

    demikian pula saat membuat antena untuk FM broadcast circular turnstile dan lainnya awal cukup 2-3 watt saja..

    untuk HF (mungkin karena sukar tinggi antena 1 lambda) perubahan berkisar dari 1:1 ke 1:1,2

    Oh,ya dengan M*J-259 saya tidak peroleh seperti itu, justru setelah di set dengan RESISTIVE saya uji ukur dengan M*J-259 hasilnya R=48 s/d R=52 dan X=0   

    mudah-mudahan bisa terjadi sama seperti itu..
    --- Satu karya sederhana jauh lebih berharga dari berjuta kalimat. Segala omong kosong adalah kesia-siaan ---

     


    Facebook Comments