Penulis Topik: Bikin Layout PCB  (Dibaca 16406 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline YC5NBX

  • Administrator
  • Newbie
  • ********
  • Tulisan: 8
Re:Bikin Layout PCB
« Jawab #15 pada: Agustus 17, 2010, 11:11:14 AM »
  • Publish
  • @ Mas Aljero : bisa donk diceritain gimana proses Pelapisan PCB, sepertinya menarik sekali.

    Offline isurganteng

    • Isurganteng
    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 2652
    • Keseharianku Melawan Waktu
      • Keseharianku Melawan Waktu
    Re:Bikin Layout PCB
    « Jawab #16 pada: Agustus 17, 2010, 11:36:11 PM »
  • Publish
  • heeheh dah jalan ta kang ????
    gdshost.net
    ym : yadi_arfm
    tukangsapu.net, isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdsapp.net

    Offline YC5NBX

    • Administrator
    • Newbie
    • ********
    • Tulisan: 8
    Re:Bikin Layout PCB
    « Jawab #17 pada: Agustus 18, 2010, 12:29:00 AM »
  • Publish
  • heeheh dah jalan ta kang ????
    Iya neh Kang, klu dirmh bs, tp di ktr selalu 403 Forbidden..., ada solusi ?

    Offline isurganteng

    • Isurganteng
    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 2652
    • Keseharianku Melawan Waktu
      • Keseharianku Melawan Waktu
    Re:Bikin Layout PCB
    « Jawab #18 pada: Agustus 18, 2010, 04:33:29 AM »
  • Publish
  • udah kang sudah bisa dari mana aja .. emang ada masalah dari kemarin sore ... sudah di support
    gdshost.net
    ym : yadi_arfm
    tukangsapu.net, isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdsapp.net

    Offline Ribut

    • Jr. Member
    • **
    • Tulisan: 53
    • Mencari Ridho-NYA
    Re:Bikin Layout PCB
    « Jawab #19 pada: Agustus 18, 2010, 09:16:02 AM »
  • Publish
  • Di Kudus Jateng ada tempat sticker cutting gak ya...??
    Sabar - Ikhlas - Ridho - Rela - Syukur - Yakin

    Offline aljero

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 265
    • mangan ra mangan sing penting sugih
    Re:Bikin Layout PCB
    « Jawab #20 pada: Agustus 18, 2010, 10:14:22 AM »
  • Publish
  • @ Mas Aljero : bisa donk diceritain gimana proses Pelapisan PCB, sepertinya menarik sekali.

    tuh pelapisannya saya gunakan pelapis PCB yang saya beli di toko elektronik di daerah saya, harganya cuma 5 rb perak,  pelapisanya cuma menggunakan cutten but atau kapas, pelapisnya bentuknya cair, hasil pelapisan seperti PCB buatan Saturn.
    Menekung Narawang Ngalampah Paripolah

    Offline Sinur

    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 582
    • Elektronik , untuk kehidupan yg lebih baik.
      • Dokumentasi eksperiment
    Re:Bikin Layout PCB
    « Jawab #21 pada: Agustus 18, 2010, 10:20:45 AM »
  • Publish
  • He... He.... Tak pikir pake songka padat trus di cairin. Abis ntu PCB nya di celup...
    BTW nama cairan nya apa ?
    Jgn-2 pake songka cair warna putih yg biasa di pake buat ngedinginin IC BGA pas di blower.
    He...
    Kutip
                                                    " Practise Makes Perfect "

    Offline aljero

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 265
    • mangan ra mangan sing penting sugih
    Re:Bikin Layout PCB
    « Jawab #22 pada: Agustus 18, 2010, 10:26:56 AM »
  • Publish
  • He... He.... Tak pikir pake songka padat trus di cairin. Abis ntu PCB nya di celup...
    BTW nama cairan nya apa ?
    Jgn-2 pake songka cair warna putih yg biasa di pake buat ngedinginin IC BGA pas di blower.
    He...

    hehehe, bukan mas, di botolnya tulisanya cuma pelapis PCB hehehe, lumayan mas, gak berkarat
    Menekung Narawang Ngalampah Paripolah

    Offline ndroe

    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 1136
    • beginer banget
    Re:Bikin Layout PCB
    « Jawab #23 pada: Agustus 18, 2010, 10:30:14 AM »
  • Publish
  • pake timah wae....pcb di bersihkan trus di lumuri dgn lotfet trus solder tuh timah kepermukaan tembaga pcb dikit2 aja biar tipis n rata....  :)
    88,1 ..FM Ra' Ajeg

    Offline aljero

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 265
    • mangan ra mangan sing penting sugih
    Re:Bikin Layout PCB
    « Jawab #24 pada: Agustus 18, 2010, 10:33:37 AM »
  • Publish
  • pake timah wae....pcb di bersihkan trus di lumuri dgn lotfet trus solder tuh timah kepermukaan tembaga pcb dikit2 aja biar tipis n rata....  :)

    hehehe, boleh juga cuma kadang kalu solder kepanasan, jalurnya terangkat hehehe,... kalo di lapis perak atau timah ada koq mas caranya, saya lupa nama cairanya
    Menekung Narawang Ngalampah Paripolah

    Offline juhar

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 211
      • Tekad Karya Mandiri
    Melapis pcb
    « Jawab #25 pada: Oktober 04, 2010, 01:59:26 PM »
  • Publish
  • Klo aku sederhana aja,

    abis dilarut, PCB digosok ama steel woll, trus dibilas air, keringkan sampe bersih, trus dikuas pake arpus (rosin/getah damar - beli di toko bangunan) yang udah dilarutkan pake spiritus dengan perbandingan 1 arpus : 10 spiritus (encer). Trus dikipasin / diangin-anginkan.

    Maknyoss deh

    Offline ndroe

    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 1136
    • beginer banget
    Re:Bikin Layout PCB
    « Jawab #26 pada: Oktober 04, 2010, 04:02:45 PM »
  • Publish
  • weh ilmu baru neh...sip...makasih infonya pak momod juhar
    88,1 ..FM Ra' Ajeg

    Offline achsan

    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 1080
    Re:Bikin Layout PCB
    « Jawab #27 pada: Oktober 18, 2010, 05:59:06 PM »
  • Publish
  • ea nih mantabs... :-*

    Offline endik

    • Newbie
    • *
    • Tulisan: 8
    Re:Bikin Layout PCB
    « Jawab #28 pada: Desember 02, 2010, 11:39:30 AM »
  • Publish
  • Hallo semua,

    Untuk membuat warna hijau di belakang PCB( bagian tembaga) agar tembaga tidak mudah teroksidasi menggunakan pa ya?

    Offline juhar

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 211
      • Tekad Karya Mandiri
    Re:Bikin Layout PCB
    « Jawab #29 pada: Desember 02, 2010, 12:31:41 PM »
  • Publish
  • Kalo itu sih mending dicat aja / disablon ama cat. Namanya solder mask klo gak salah. Ntar yang masih keliatan hanya yang bagian hole / jatah buat timah nempel.

    Kalo aku, sehabis disolder, di tes jalan normal, bekas2 rosin yang kena solder aku bersihkan lagi ama thinner A special, trus setelah kering dikuas lagi tipis saja, sekedar buat pengaman.

    :)

    malu aku... pake cara yang ndeso dan ngirit poll, tapi gak pa-pa, yang penting hepi dan nggak bikin kantong tipis

    :)

     


    Facebook Comments