Penulis Topik: Masih bisa bertahankah berkarya di elektronika?  (Dibaca 12264 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Bubun Stupid

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 132
  • Spirit of Undergrounder
Masih bisa bertahankah berkarya di elektronika?
« pada: September 20, 2011, 01:11:12 PM »
  • Publish
  • ... drop1 drop1 ??? ??? huh,huh... (capek baru ngangkutin pupuk karung ke kebun)...
    sambil nunggu keringat agak kering dan memanfaatkan waktu...  curhatan ah...
    (dulu): bisa hidup dari nyervis elektronik rumah tangga, sekarang... boro2, harga suku cadngnya aja nyaris setengah harga baru... jadinya konsumen mending beli baru aja. misal; harga mpeg dvd 125rb, dvd barunya aja cuma 175rb...

    (dulu): bisa hidup dari nyervis antena/perangkat punya amatir radio, sekarang... orang mikir 1000X kalo mesti ngeluarin duit buat itu... ada hp, lebih murah, lebih praktisan, malah banyak gratisan...

    (dulu): bisa hidup dari nyervis hp, sekarang... gile bener... hp baru aja harganya ada yang cuma 125rb.. kalo hp rusak, orang milih beli baru aja, gak ribet katanya... pukulpc

    (dulu): bisa hidup dari jadi jongos perusahaan elektronika, sekarang... perusahaannya aja pada bangkrut... belum lagi yang lari lebih milih buka pabrikan di negara lain... :-\

    (dulu): bisa hidup dari kuli broadcast radio, sekarang... broadcastnya aja banyak bangkrut... yang bertahan aja senin-kemis kondisinya... kata para owner:"..bukan saya tak perlu jasa anda... saya tak bisa membayar anda... penyiar kami pun.... mewek

    (dulu): bisa hidup dari part-timer jarak jauh dari per.elektro dari negeri sana, sekarang... mereka bilang(ind):"...karyawan tetap kami saja terpaksa dirumahkan sementara, fluktuasi global.."  :-X

    (dulu): bisa hidup dari ngebenerin mobo pc, sekarang... mobo pc barunya aja banyak yg cuma 300rb... pukulpc

    (kemarin dulu): bisa sementara nebeng hidup dari penggemar "..pentung..pentung...", sekarang... mending ngebrik di pc-client aja,coy (kata mereka) lagian sekarang lebih cerdas,,, "apa manfaatnya skarang?" (kata mereka) konek1

    (sekarang dan ke depan): mau mengharapkan perhatian dari pemerintah negeri ini...? kecil ati... bisa jadi cuma sekedar mimpi.. drop1 lagian saya gak mau jadi ngemis-ngemis walau semiskin apapun...

    ya,,, perut saya harus diisi tiap hari dan tak bisa ditangguhkan...  banting setir aja jadi kuli serabutan,,, yang penting bisa hidup dari duit HALAL  tentang elektronika....  jadi kenangan manis pengisi lembar kehidupan... untuk cerita ke anak-cucu nanti...

    kehidupan dari elektronika-ku (R.I.P 1989-2005)...  :(
    « Edit Terakhir: September 20, 2011, 01:18:37 PM oleh bubun stupid »
    --- Satu karya sederhana jauh lebih berharga dari berjuta kalimat. Segala omong kosong adalah kesia-siaan ---

    Offline wawan ^ duna

    • Jr. Member
    • **
    • Tulisan: 79
    Re:Masih bisa bertahankah berkarya di elektronika?
    « Jawab #1 pada: September 20, 2011, 01:23:00 PM »
  • Publish
  •  :( :(

    apa bener ya???
    padalah q baru aja belajar2 elektronika,, tp emang bener jg koq,, nyari komponen aja susah
    Dwi 4n994 Kurniaw4n

    Offline arif

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 258
    Re:Masih bisa bertahankah berkarya di elektronika?
    « Jawab #2 pada: September 20, 2011, 01:53:50 PM »
  • Publish
  • semangat mas top1

    Offline Bubun Stupid

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 132
    • Spirit of Undergrounder
    Re:Masih bisa bertahankah berkarya di elektronika?
    « Jawab #3 pada: September 20, 2011, 02:17:11 PM »
  • Publish
  • weit...weit...!!!!  Om Wawan jangan gitu... sekalipun kondisi sedang sesulit apapun,, belajar itu hukumnya wajib sampai mati,lho!!   jadi untuk berkarya lihat2 kondisi.. kalo tetep belajarnya WAJIB !!! siapa tahu nasib Om Wawan lebih baik, saya doa'in setulusnya untuk anda dan semua  rekan....  Tak kan pernah rugi mempelajari suatu pengetahuan... sekalipun tidak berbuah jadi materi... Insya Allah..
    --- Satu karya sederhana jauh lebih berharga dari berjuta kalimat. Segala omong kosong adalah kesia-siaan ---

    Offline hexxer

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 155
    Re:Masih bisa bertahankah berkarya di elektronika?
    « Jawab #4 pada: September 20, 2011, 07:37:33 PM »
  • Publish
  • Mudah2n masih bertahan hobi didunia elektronik, karena ilmunya buaaannyaak banget...
    Jangan nyerah dengan apa yang ada, masih banyak sisi elektronik yang bisa menghasilkan duit koq

    Offline M Febriansyah

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 173
    • SINTESA IKAN LAPER 3
    Re:Masih bisa bertahankah berkarya di elektronika?
    « Jawab #5 pada: September 20, 2011, 09:25:39 PM »
  • Publish
  • Memang untuk service akan terasa berat......saran jangan hanya memperbaiki tapi juga berkreasi untuk mencipta....buat sesuatu yang bermanfaat.....jadilah designer elektronika...jadilah konsultan elektronika....intinya jadilah orang yang menemukan sesuatu (penemu).....ingat sekarang barang-barang buatan cina lebih murah dibeli....... hallo1
    « Edit Terakhir: September 21, 2011, 12:28:50 AM oleh Black Night »
    IKAN LAPER
    PENDIDIKAN PELATIHAN PENYIAR & REPORTER

    Offline isurganteng

    • Isurganteng
    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 2652
    • Keseharianku Melawan Waktu
      • Keseharianku Melawan Waktu
    Re:Masih bisa bertahankah berkarya di elektronika?
    « Jawab #6 pada: September 20, 2011, 10:15:25 PM »
  • Publish
  • sampe sekarang elektronika adalah hobi saya ... sampe bela2in bikin forum ini ... untuk share ilmu2 sama yang lebih mengetahui ... didunia : diatas langit ada langit ... kalo dibilang ampir tiap hari pada menelpon .. sms dari timur barat tengah indonesia ... maaf kalo saya tidak dapet balas sms ... kadang ngetik aja dah susah ... hp dah ampir buta .. heeeeeee.... tapi yang nelp jika waktu luang saya bales ... tapi tergantung pisang di warung ... kalo lagi nambang keluar kota ... ya... ndak di angkat ... sekali lagi sori ....

    tapi elektronika tetap berjalan di darah saya ... maklum ... dari kelas 3 esde ... sudah main2in tabung pemancar am abang... siaran ... dan akhirnya bisa ... buat pemancar ... sampe jadi dudi di stm ... tapi saya tidak pandai .. cuma bisa ... semua saya coba pelajari ... menjelang liang lahat ... "KESEHARIANKU MELAWAN WAKTU"dari jadi kuli pasang tower ... sampe masang sampe ilmu paling tinggi saya naek tower triangle 85 meter ... hmmm ... kek nya masi ada de yang lebih tinggi ilmu yaaaa haaaaaaaaaaaaaaaaaa.....

    sampe akhhir nya mau belajar mikro .. tapi masi belum sempet karena periuk nasi harus idup juga ...

    terus terang saya sekarang sudah banting stir juga .. tapi elektronika tidak bisa dipisahkan dari darah ini ... sudah mendarah daging... hmmm  i love elektronika... sekarang bermain di IT ... masih bermain di RF ... demi sesuap nasi dan sekaleng susu untuk anak ... heee....

    susah rasanya berkembang jika jauh dari kota kembang ... tempat orang2nya yang bisa berkreasi di elektro ... kalo saya harus mikir 4 kali meliat peganti alat yang susah di cari di kota saya ... ujug2 pesen ... boro2 mo produksi ... ngga kan bisa bersaing dengan orang2 bandung ato surabaya ... (gudang nya sih....)

    Saya berharap penerus2 elektronika indonesia ndak pantang menyerah ... maju terus ... kalo perlu sampe cari ke negeri cina ... :D

    emang bener ... teknisi lama radio sudah kenyang ... (bayangin kaki 2782 lepas) service 20jt ... ajib bener ..kalo masa saya kebagian kerak nya aja proyek 2m (makasi mas) ato 1/2m (setengah mati) heeeeeee ....

    sekarang kalo mau pake hargai dong orang teknik ... bukan masalah cara perbaiki settt sett sett settt ... hargai dong jasa mereka ... heeeeeee....  aksi tilap2 sudah mendarah daging ... dari orang atasan ... sampe ke kroco2nya minta jatah ... ujug2nya ya tu tadi ... proyek 1/2m dan 2m ... ya sudah lah ... saya jadikan hobi saja....

    weleh ... jadi curhat ... out of topik kok heeeeeeeeeeee.............
    gdshost.net
    ym : yadi_arfm
    tukangsapu.net, isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdsapp.net

    Offline dzafoe

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 136
      • http://dzafoe-elektronik.blogspot.com/
    Re:Masih bisa bertahankah berkarya di elektronika?
    « Jawab #7 pada: September 20, 2011, 11:27:52 PM »
  • Publish
  • Jangan menyerah oleh keadaan bro tetap semangat dan jangan pernah berhenti ... sama seperti kang isur, elektronika ini tidak bisa dipisahkan dari darah ini dan setidaknya kita dapat ilmu dari apa yang dipelajari dan mengamalkannya...Sebelumnya THANX TO KANG ISUR GANTENG atas berdirinya forum ini (walaupun down kena suspend tapi tetap dipertahankankan) dan juga para admin, momod, master dan rekan2 semua. saya dapat banyak pelajaran dan ilmu yang sangat berharga disini ...walaupun saya belum bisa berbuat banyak untuk forum ini setidaknya saya bisa share ilmu apa yang saya punya untuk kepentingan bersama...ciptakan sesuatu jangan berhenti berkarya maju terus elektronika indonesia....
    SEMANGAT

    Offline M Febriansyah

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 173
    • SINTESA IKAN LAPER 3
    Re:Masih bisa bertahankah berkarya di elektronika?
    « Jawab #8 pada: September 21, 2011, 12:47:55 AM »
  • Publish
  • Yup....setuju dengan KANG ISUR GANTENG dan DZAFOE....bukan untuk mengecilkan arti dan fungsi orang yang berprofesi untuk men-service.....tapi ini untuk memberikan semangat agar jiwa berkreasi untuk menemukan sesuatu dapat dihidupkan....terima kasih
    IKAN LAPER
    PENDIDIKAN PELATIHAN PENYIAR & REPORTER

    Offline Bubun Stupid

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 132
    • Spirit of Undergrounder
    Re:Masih bisa bertahankah berkarya di elektronika?
    « Jawab #9 pada: September 21, 2011, 01:07:36 AM »
  • Publish
  • ALL: TERIMAKASIH ATAS SEGALA SUPPORT PENYULUT SEMANGATNYA...!!! beri1 beri1 beri1 beri1 ELEKTRONIKA UNTUK SIAPA SAJA..! top1 top1 top1 top1 top1 top1 top1
    --- Satu karya sederhana jauh lebih berharga dari berjuta kalimat. Segala omong kosong adalah kesia-siaan ---

    Offline abdulgani

    • Moderator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 939
      • PLL FM STEREO
    Re:Masih bisa bertahankah berkarya di elektronika?
    « Jawab #10 pada: September 21, 2011, 05:56:53 AM »
  • Publish
  • sekarang eranya DIGITAL, peralatan elektronik sudah pake DSP, MIKRO, dimensinya kecil2, harganya pun relatif lebih murah, MATI lah kita sekarang tergilas roda zaman, betulkah begitu???, TIDAK!!!, lihat MPX256X oversampling baru dibuat, berapa banyak teman2 kita yg sudah menjajal MPX16X oversampling???, bisa dihitung dengan jari, rata2 mereka pake SPI ato KATRUUD, kita BELOM MATI!!!, kita BELOM TERLINDAS ZAMAN!!!, masih banyak yang memerlukan kita, yang penting BERKARYA!!!, "BERKARYALAH KAMU!!! ALLAH, RASUL DAN KAUM MUMININ AKAN MELIHAT KAMU!!!"  ALLAH yang memberi kita RIZQI!!! BUKAN MANUSIA!!! ALLAH TEMPAT BERGANTUNG!!! jangan bergantung pada manusia dan menyerah pada keadaan ato zaman!!! semuanya ada yang ngatur, ada yang ngurus!!! ALLAH!!! tugas kita hanyalah jadi hambanya, justru yang harus kita pertanyakan sekarang adalah sudahkah kita jadi HAMBA ALLAH???!!!

     cari1 cari1 cari1 cari1 cari1 8) 8) 8) 8)

    Offline roxas

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 124
    Re:Masih bisa bertahankah berkarya di elektronika?
    « Jawab #11 pada: September 21, 2011, 06:46:32 AM »
  • Publish
  • Saya termasuk yang prihatin dengan realita yang dibahas oleh Om Bubun, padahal saya tahu persis kreatifitas dan kemampuan rekan2 yang seringkali melebihi produk2 asing, tapi ....
    Kalau di negeri ini sepertinya sulit untuk bertahan berkarya di elektronika karena kebijakan pemerintah yang sama sekali tidak mendukung, hal ini bisa dirasakan secara langsung  seperti :
    - harga komponen elektronika yang berlipat2 dari harga pabrik, dikarenakan terlalu banyaknya pungutan (resmi + liar)
    - kualitas komponen elektronika yang beredar dipasar lokal tidak jelas karena lebih banyak sablonan dan refurbished, sehingga seringkali kita gagal dalam karyanya karena kualitas komponen yg buruk.
    - Sulitnya mecari komponen elektronika tertentu, sehingga harus pesan dari luar dan lagi2 harus siap dengan berbagai macam pungutan resmi + liar.
    - dan banyak lagi alasan yang semua bersumber pada ketidakmampuan pemerintah meransang industri elektronika di dalam negeri.

     
    SEGALA SESUATU ITU ADA WAKTUNYA

    Offline abdulgani

    • Moderator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 939
      • PLL FM STEREO
    Re:Masih bisa bertahankah berkarya di elektronika?
    « Jawab #12 pada: September 21, 2011, 07:04:08 AM »
  • Publish
  • ya klo pake akal, ya seperti itu, ingat kita ada RUH, teknologi RUH lebih canggih daripada teknologi AKAL, klo pake akal, mana mungkin kita bersaing, perusahaan besar aja pada gulung tikar, cobalah kita kaitkan dengan TUHAN, apapun yang terjadi semua kehendak TUHAN, tapi jangan salahkan TUHAN, merintihlah dan minta kepada TUHAN, tugas kita hanya berusaha dan ikhtiar hasil akhir Allah yang menentukan, tidak perlu kita pesimis, kemudian menyalahkan orang lain, INGAT semua dari TUHAN dan akan dikembalikan kepada TUHAN,
    MAJU TERUS DAN BERTAWAKAL LAH SEMOGA ALLAH MEMBANTU


     8) 8) 8) 8) 8)

    Offline abdulgani

    • Moderator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 939
      • PLL FM STEREO
    Re:Masih bisa bertahankah berkarya di elektronika?
    « Jawab #13 pada: September 21, 2011, 07:08:46 AM »
  • Publish
  • kita mengira bahwa hobi elektronik dan semua yang berhubungan dengan teknologi tidak ada hubungannya dengan TUHAN!!!
    itu salah besar, TUHAN berperanan dalam semua urusan, kita akan ditanya dan diminta pertanggungjawabab atas apa yang kita lakukan tak terkecuali hobi kita yang sedang kita jalani ini


     cari1 cari1 cari1

    Offline isurganteng

    • Isurganteng
    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 2652
    • Keseharianku Melawan Waktu
      • Keseharianku Melawan Waktu
    Re:Masih bisa bertahankah berkarya di elektronika?
    « Jawab #14 pada: September 21, 2011, 08:19:37 AM »
  • Publish
  • bener sekali pak ... jika seseorang yang bisa elektronika .. dan Agamanya kuat ... bisa di implementasikan kok sebagai analisis ... apa sih yang ngga ada di Al Quran dan hadist ... ?? teknologi dan kecanggihan yang menutupi hijab ...

    orang luar bisa bikin monitor manusia pake satelit ..
    ne pake hati aja dah bisa melihat heeeeee....

    Yah, memang bener pak Gani .. Rejeki sudah di atur dan kita sebenernya hara berusaha di dunia ini.....

    Hubungan Vertikal harus lebih di Dekatkan .. jangan Horizontal mulu.... biar konek  konek1 bagus ... harus circular .. semua sisi sempurna...  hallo1
    gdshost.net
    ym : yadi_arfm
    tukangsapu.net, isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdsapp.net

     


    Facebook Comments