Penulis Topik: Pemancar TV VHF Mini 2 Watt  (Dibaca 41584 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline haricah

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 5
Re:Pemancar TV VHF Mini 2 Watt
« Jawab #45 pada: Pebruari 11, 2014, 08:45:52 AM »
  • Publish
  • maaf nih awam banget. lagi ingin mancarin tv dari parabola, ketemu forum ini. Saya sdh bikin rangkaian di atas tapi modulatornya pakai proX.  Kenapa kok gambarnya hilang ya? Ada beberapa komponen yg tidak ada di kota saya, jadi trimmer 0-20 diganti 0-10,0-50 diganti 0-60. Lilitan ukurannya seadanya, gak 0,5mm pakai yg kira2 aja. Apa pengaruh dari situ? Mohon penjelasan para master di sini. Terima kasih sebelumnya...

    Offline zia

    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 633
    Re:Pemancar TV VHF Mini 2 Watt
    « Jawab #46 pada: Pebruari 11, 2014, 11:13:49 AM »
  • Publish
  • pake AV modulator saja agar simpel..

    Offline haricah

    • Newbie
    • *
    • Tulisan: 5
    Re:Pemancar TV VHF Mini 2 Watt
    « Jawab #47 pada: Pebruari 11, 2014, 09:56:58 PM »
  • Publish
  • Terima kasih infonya.

    Apakah Pro-X RF Modulator berbeda dengan AV Modulator? Merubah AV menjadi RF? Dari keterangannya kekuatan 90db.

    Permasalahan utama kenapa kok rangkaiannya gak memuaskan hasilnya.   TR C1970 langsung panas, kemudian di trim pada trimmer-trimmer  yang ada gak ada perubahan berarti.

    Dimana errornya kira-kira, Wah awam banget nih saya...




    Offline zia

    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 633
    Re:Pemancar TV VHF Mini 2 Watt
    « Jawab #48 pada: Pebruari 12, 2014, 09:47:56 AM »
  • Publish
  • Transmit gambar analog yang paling mudah adalah memakai modulasi AM di tingkat akhir.
    Itupun daya nggak bisa besar.
    Kalau memakai penguat kelas A, haruslah memiliki bandwith yang cukup lebar.
    Kalo tujuannya hanya untuk radius sekeliling rumah, bisa memakai modulator yang sudah jadi. 
    Kalo memang mo bikin penguat modulator, pastikan modulatornya jalan dulu.
    Jika sudah jalan, tinggal diperkuat saja.

    Offline haricah

    • Newbie
    • *
    • Tulisan: 5
    Re:Pemancar TV VHF Mini 2 Watt
    « Jawab #49 pada: Pebruari 12, 2014, 02:45:39 PM »
  • Publish
  • Modulator sudah jalan. dipasang di ch 8 - 12 (196.25 - 224.25mhz). Di TV tampak sudah bagus hanya saja ada bintik-bintik dan garis lengkung2.  di TV satpam perumahan +/- dari pemancar jaraknya 80m, gambarnya hitam putih.

    Kemudian Booster dinyalakan, maka hasilnya ternyata tidak ada perubahan berarti. . . .

    Adakah yang sudah mencoba skema rangkaian pemancar di atas?
    Bagaimana hasilnya? Kalau sukses kenapa kok saya tidak ya...

    Offline zia

    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 633
    Re:Pemancar TV VHF Mini 2 Watt
    « Jawab #50 pada: Pebruari 12, 2014, 05:24:49 PM »
  • Publish
  • berarti booster video tidak jalan tuh.
    saya tidak menyarankan pemula untuk membuat VHF video booster. effortnya lumayan besar, di waktu, pikiran dan biaya.
    lebih mudah modulasi video di penguat akhir saja.

    Offline haricah

    • Newbie
    • *
    • Tulisan: 5
    Re:Pemancar TV VHF Mini 2 Watt
    « Jawab #51 pada: Pebruari 14, 2014, 01:33:17 AM »
  • Publish
  • Caranya gimana? Ada skemanya? Memang sudah terbukti menghabiskan dana, pikiran dan waktu...

    Offline zia

    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 633
    Re:Pemancar TV VHF Mini 2 Watt
    « Jawab #52 pada: Pebruari 14, 2014, 01:11:13 PM »
  • Publish
  • caranya:
    1. Bikin dulu transmitter VHF. pastikan dia bekerja normal.
    2. Modulasi dengan sinyal video di penguat akhirnya.
    3. Besar modulator sebanding dg daya final PA VHF.
    ini contohnya:
    http://servv89pn0aj.sn.sourcedns.com/~gbpprorg/good_tv_tx.png
    http://servv89pn0aj.sn.sourcedns.com/~gbpprorg/mc1374_tv_tx.png
    http://servv89pn0aj.sn.sourcedns.com/~gbpprorg/tv_tx.png

    Kalo mau simple bisa pake mc1374, tapi daya kecil.

    Offline zia

    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 633

    Offline haricah

    • Newbie
    • *
    • Tulisan: 5
    Re:Pemancar TV VHF Mini 2 Watt
    « Jawab #54 pada: Pebruari 14, 2014, 02:12:21 PM »
  • Publish
  • Terima kasih mas Zia, kelihatannya ok skema nya, tapi nggak tahu deh mampu gak bikinnya. Sebelum nyoba-nyoba bikin, dari sisi logis, skema yang ada di halaman teratas itu, sebenarnya bisa diimplementasi atau tidak? Maksudnya yang dihalaman 1 yang ada RF Modulator ex VCD itu?

    Sebab kalau lihat di skema, sepertinya RF Modulator pro X saya yang untuk CATV tinggal disambung dengan penguat C930, C2053 dan C1970 sudah beres.  Tetapi kenapa tidak berhasil?

    Demikian terima kasih.

    Offline zia

    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 633
    Re:Pemancar TV VHF Mini 2 Watt
    « Jawab #55 pada: Pebruari 14, 2014, 11:37:50 PM »
  • Publish
  • Coba dibaca lagi dari awal sampe akhir, ntar ketemu jawabannya...

    Offline wawan podjok

    • Newbie
    • *
    • Tulisan: 8
    Re:Pemancar TV VHF Mini 2 Watt
    « Jawab #56 pada: Oktober 25, 2014, 07:20:41 AM »
  • Publish
  • salam kenal smua. Saya baru ingin merakit tv vhf dari bekas rf vcd. Saya punya 33p39, M2509, M2519, bagaimana saran rekan2? Apa ada yg punya skemanya?trimakasih.

    Offline wawan podjok

    • Newbie
    • *
    • Tulisan: 8
    Re:Pemancar TV VHF Mini 2 Watt
    « Jawab #57 pada: Oktober 28, 2014, 03:36:27 PM »
  • Publish
  • how about this..... NXP's smart RF Monolithic
    Microwave ICs (MMICs)
    automatically compensate
    for temperature and
    process variations. The
    MMICs dramatically reduce
    board space requirements
    by integrating transistors,
    resistors and capacitors into
    a single device. RF Manual
    10th Edition.
    NXP MMICs can be applied
    to a multitude of
    frequency applications
    spanning up to 2.5GHz. The
    availability of MMIC demo
    boards can help you speed
    up the design process by
    providing you with
    performance and
    integration indication for
    our MMIC products. You
    will be able to test the
    device, study its
    performance and get
    acquainted with what is
    required in terms of
    potential size, layout and
    space for your
    implementation.

     


    Facebook Comments