Penulis Topik: tanya rangkaian sederhana merubah DC 12volt menjadi 15volt  (Dibaca 8303 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline yusuf

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 4
tanya rangkaian sederhana merubah DC 12volt menjadi 15volt
« pada: September 05, 2011, 04:38:25 PM »
  • Publish
  • hallo master2 elektronik, nubie mau tanya nih, ada yg bisa bantu rangkaian elektronik dari dc 12 volt menjadi 15 volt output ?

    thx ya

    Offline yusuf

    • Newbie
    • *
    • Tulisan: 4
    Re:tanya rangkaian sederhana merubah DC 12volt menjadi 15volt
    « Jawab #1 pada: September 05, 2011, 09:22:14 PM »
  • Publish
  • waduh ane nanya gk da yang mau bantu
    yo wis lah

    Offline dewo

    • Jr. Member
    • **
    • Tulisan: 55
    • http://trikhpdi.ponselaktif.com
      • http://trikhpdi.ponselaktif.com
    Re:tanya rangkaian sederhana merubah DC 12volt menjadi 15volt
    « Jawab #2 pada: September 05, 2011, 09:34:14 PM »
  • Publish
  • waduh ane nanya gk da yang mau bantu
    yo wis lah
     
    sabar... harus sabar...


     

    A IC MAX634 inverting regulator is combined with a IC MAX630 to provide a dual tracking approximately 15 Volt output from a 12 Volt DC battery. The reference for the - 15 Volt output is derived from the positive output via R3 and R4. Both regulators are set to maximize output power at low battery voltages by reducing the oscillator frequency , via LBR, when V Batt falls to 8,5 volt.

        Technical instruction :
        Max. Input voltage    : 13 Volt / N/a mA
        Max. Output voltage :-15 Volt , + 15 volt / 45 mA

    tapi gak tau komponennya ada gak di indonesia
    >:D Download disini pukulpc
     "Mediacell" Service Hp & Komputer - Maumere Flores NTT

    Offline yusuf

    • Newbie
    • *
    • Tulisan: 4
    Re:tanya rangkaian sederhana merubah DC 12volt menjadi 15volt
    « Jawab #3 pada: September 05, 2011, 09:53:16 PM »
  • Publish
  • waduh makasi banget bro, cuma itu dia bro, komponennya kayaknya susah nih didapet, terutama IC nya

    Offline isurganteng

    • Isurganteng
    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 2652
    • Keseharianku Melawan Waktu
      • Keseharianku Melawan Waktu
    Re:tanya rangkaian sederhana merubah DC 12volt menjadi 15volt
    « Jawab #4 pada: September 07, 2011, 05:25:34 PM »
  • Publish
  • coba tanya di i 1 bandung ... jp
    gdshost.net
    ym : yadi_arfm
    tukangsapu.net, isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdsapp.net

    Offline roxas

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 124
    Re:tanya rangkaian sederhana merubah DC 12volt menjadi 15volt
    « Jawab #5 pada: September 07, 2011, 10:25:55 PM »
  • Publish
  • Kurang detail spek. nya  Om, pinginnya dari 12 jadi 15 Volt berapa Ampere ???
    Kalau Ampere kecil  kurang dari 100 mA, bisa beli modul inverter nya di Jaya Plasa Bdg.
    Kalau Ampere gede bisa beli kit jadi yang 12 ke 24 lalu ditambah regulator LM 7815 etc.
    Kalau beban nya tetap bisa bikin sendiri pake rangkaian Flip flop / Multivibrator dan Trafo besi biasa...

    SEGALA SESUATU ITU ADA WAKTUNYA

    Offline yusuf

    • Newbie
    • *
    • Tulisan: 4
    Re:tanya rangkaian sederhana merubah DC 12volt menjadi 15volt
    « Jawab #6 pada: September 09, 2011, 06:57:36 AM »
  • Publish
  • @atas : oiya, ampere yang saya butuhkan sekitaran 6 ampere, saya buat dipake untuk charger laptop di aki motor bro

    waduh kalo kit yang udah jadi 12 ke 24 volt, beli dimana bro di glodok saya kurang tau, ada referensi nama toko nya ?

    Offline roxas

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 124
    Re:tanya rangkaian sederhana merubah DC 12volt menjadi 15volt
    « Jawab #7 pada: September 10, 2011, 11:40:51 PM »
  • Publish
  • Kalau di Glodok saya kurang paham, tapi kalau di Bdg cukup banyak dijual di toko2 elektronik, kelihatanya buatan lokal, harganya sekitar 60 ribuan untuk 12 ke 24 VDC, 7 Ampere
    Kalau nggaksalah ada juga toko online yg jualan, tapi saya lupa lagi yg jelas bisa dikirim !!!
    SEGALA SESUATU ITU ADA WAKTUNYA

    Offline imansetiawan

    • Newbie
    • *
    • Tulisan: 29
    Re:tanya rangkaian sederhana merubah DC 12volt menjadi 15volt
    « Jawab #8 pada: September 14, 2011, 09:47:07 AM »
  • Publish
  • Mending sekalian di pasang inverter ke 220V aja trus pake charger aslinya ... bisa sekalian di pake buat keperluan yg lebih luas.

    Offline TXD

    • Newbie
    • *
    • Tulisan: 16
    Re:tanya rangkaian sederhana merubah DC 12volt menjadi 15volt
    « Jawab #9 pada: September 21, 2011, 11:19:19 PM »
  • Publish
  • Bisa pake rangkaian inverter 12v ke 24v standar yang ada dipasaran (biasanya keluaran tegangan simetris, untuk amplifier) Tinggal kita modif (lilitan sekundernya kita kurangi jumlahnya) untuk menyesuaikan tegangan yang dibutuhkan. ide1

    Offline masYok

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 252
    • homebrewer otodidak yang banyak belajar dari KHE
    Re:tanya rangkaian sederhana merubah DC 12volt menjadi 15volt
    « Jawab #10 pada: September 23, 2011, 08:49:40 AM »
  • Publish
  •  ide1...baru sebatas ide mas, dg komponen seadanya...kalo misalnya tegangan 12 volt diturunkan pake 7809, kemudian kaki tengah 7809 tadi dikasi dioda IN4001 seri sebanyak 9 biji utk outputnya jadi 15,3 volt, kalo mo dibuat 19,5 volt ya diseri sebanyak 15 biji, (1 dioda bisa nambah 0,7 volt) utk current boosternya pake TIP 2955 aj, coz kluaran dari 7809 khan cuma 1 ampere...saya dah nyoba tapi cuma pake 5 dioda aj, blum nyoba kalo sampe > 5 ....
    "Ketika kamu merasa pintar saat itulah kamu menjadi bodoh!" (Durrotun Nashihin)

    http://elektronikanalog.blogspot.com

    Offline imansetiawan

    • Newbie
    • *
    • Tulisan: 29
    Re:tanya rangkaian sederhana merubah DC 12volt menjadi 15volt
    « Jawab #11 pada: September 23, 2011, 09:22:04 AM »
  • Publish
  • ide1...baru sebatas ide mas, dg komponen seadanya...kalo misalnya tegangan 12 volt diturunkan pake 7809, kemudian kaki tengah 7809 tadi dikasi dioda IN4001 seri sebanyak 9 biji utk outputnya jadi 15,3 volt, kalo mo dibuat 19,5 volt ya diseri sebanyak 15 biji, (1 dioda bisa nambah 0,7 volt) utk current boosternya pake TIP 2955 aj, coz kluaran dari 7809 khan cuma 1 ampere...saya dah nyoba tapi cuma pake 5 dioda aj, blum nyoba kalo sampe > 5 ....
    Pasti ga bisa dong, kalo inputnya kurang dr 15v ya tetap aja out nya ga akan lebih dr itu.

    Offline Awi

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 159
    Re:tanya rangkaian sederhana merubah DC 12volt menjadi 15volt
    « Jawab #12 pada: September 23, 2011, 12:58:59 PM »
  • Publish
  • .................. tegangan 12 volt diturunkan pake 7809, kemudian kaki tengah 7809 tadi dikasi dioda IN4001 seri sebanyak 9 biji utk outputnya jadi 15,3 volt, kalo mo dibuat 19,5 volt ya diseri sebanyak 15 biji...........
    menurut ane ga bisa mas, ic regulator tegangan inputna harus lebih tinggi dr pd tegangan outputna :D
    aku hanyalah manusia yang tak sempurna

    Offline masYok

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 252
    • homebrewer otodidak yang banyak belajar dari KHE
    Re:tanya rangkaian sederhana merubah DC 12volt menjadi 15volt
    « Jawab #13 pada: September 23, 2011, 09:20:16 PM »
  • Publish
  • iya gan...  kalkulasi1 kelupaan Vin-nya hehehe....tengkyu
    "Ketika kamu merasa pintar saat itulah kamu menjadi bodoh!" (Durrotun Nashihin)

    http://elektronikanalog.blogspot.com

    Offline zia

    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 633
    Re:tanya rangkaian sederhana merubah DC 12volt menjadi 15volt
    « Jawab #14 pada: September 23, 2011, 10:01:25 PM »
  • Publish
  • Kedua ide ini ok, tinggal pilih yang mana...silahkan..
    Kalau di Glodok saya kurang paham, tapi kalau di Bdg cukup banyak dijual di toko2 elektronik, kelihatanya buatan lokal, harganya sekitar 60 ribuan untuk 12 ke 24 VDC, 7 Ampere
    Kalau nggaksalah ada juga toko online yg jualan, tapi saya lupa lagi yg jelas bisa dikirim !!!
    Bisa pake rangkaian inverter 12v ke 24v standar yang ada dipasaran (biasanya keluaran tegangan simetris, untuk amplifier) Tinggal kita modif (lilitan sekundernya kita kurangi jumlahnya) untuk menyesuaikan tegangan yang dibutuhkan. ide1

     


    Facebook Comments