Penulis Topik: Dongkrak kemampuan transistor di Kelas AB  (Dibaca 13032 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Niel

  • Sr. Member
  • ******
  • Tulisan: 413
Dongkrak kemampuan transistor di Kelas AB
« pada: Juni 28, 2011, 09:52:40 PM »
  • Publish
  • Seperti judul diatas bagaimana trik utak-atik tegangan pada Basis Tr dengan tujuan meningkatkan kemampuannya. Sebagai gambaran seperti posisi Tr 2053 di PLL Veronika pada Basis TR itu ada 2 resistor yg satu dari VCC dan yang satu terhubung ke GROUND. 
    Yang menjadi pertanyaan:
    1.   Apakah dengan menaikkan tegangan pada Basis tsb dengan cara mengganti Resistor tersebut dapat meningkat daya pada transistor ini dengan tetap mempertahankan transistor tersebut.
    2.   Aspek apa saja yg perlu diperhatikan kalau mencoba cara ini.
    3.   Apakah berdampak terhadap matching impedansi.
    Saya udah coba utak-atik bagian ini bukan daya yg saya dapatkan justru PANAS.  konek1 konek1 konek1

    Offline isurganteng

    • Isurganteng
    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 2652
    • Keseharianku Melawan Waktu
      • Keseharianku Melawan Waktu
    Re:Dongkrak kemampuan transistor di Kelas AB
    « Jawab #1 pada: Juni 29, 2011, 06:13:30 PM »
  • Publish
  • saya juga berpikiran menggunakan tegangan bias pada tr si ... pengennya dapet broadband ... tapi yang jelas dapat memaksimal kan tr ato fet dengan tegangan yang sesuai ... tentu tidak boleh melebihi dari prinsip kerja normal nya ... kecuali kalo mau pentung2 an dengan resiko jebol ... saya lagi rancang ne untuk pll nya lagi oret2 ... tinggal bagian lcdnya ... masi gunain tsa5511 ....
    gdshost.net
    ym : yadi_arfm
    tukangsapu.net, isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdsapp.net

    Offline zia

    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 633
    Re:Dongkrak kemampuan transistor di Kelas AB
    « Jawab #2 pada: Juni 29, 2011, 08:25:54 PM »
  • Publish
  • kemampuan tr di kelas apapun gak bisa didongkrak. Udah ada speknya masing2. Memang bisa dipaksa lebih tinggi dari datasheet, tapi saya rasa pasti ada efek lainnya...
    Kalo mo dongkrak, ya ganti tr dg kemampuan lebih hehehe...
    Misalnya 1946 bisa di paksa sampe 40W, tapi malah kita sendiri yang ngeri kan?
    sayang tr nya hehehehe

    Offline haze

    • Newbie
    • *
    • Tulisan: 21
    Re:Dongkrak kemampuan transistor di Kelas AB
    « Jawab #3 pada: Juni 29, 2011, 08:46:24 PM »
  • Publish
  • kalau pengalaman saya sih untuk c 22pf sebagai input dari 2053 saya ganti pake trimer sehingga bs di up tuk watt nya  ide1 konek1

    Offline isurganteng

    • Isurganteng
    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 2652
    • Keseharianku Melawan Waktu
      • Keseharianku Melawan Waktu
    Re:Dongkrak kemampuan transistor di Kelas AB
    « Jawab #4 pada: Juni 29, 2011, 09:39:15 PM »
  • Publish
  • biasanya si kelas ab membutuhkan watt lebih kecil ... bayangkan aja jika 1971 bisa dongkrak 2782 ... Ehem ...  piss1
    gdshost.net
    ym : yadi_arfm
    tukangsapu.net, isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdsapp.net

    Offline mimin

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 174
    Re:Dongkrak kemampuan transistor di Kelas AB
    « Jawab #5 pada: Juni 30, 2011, 09:02:24 PM »
  • Publish
  • kelas ab yang bagaimana mas isur, soalnya lagi coba 2782 dikasih input 5 watt, pake kelas c nggak bisa keluar

    Offline isurganteng

    • Isurganteng
    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 2652
    • Keseharianku Melawan Waktu
      • Keseharianku Melawan Waktu
    Re:Dongkrak kemampuan transistor di Kelas AB
    « Jawab #6 pada: Juni 30, 2011, 09:47:54 PM »
  • Publish
  • ya iya lah ndak bisa kelas c mah ... coba tanya sama pak zymcy ato pak Abdulghani ...
    gdshost.net
    ym : yadi_arfm
    tukangsapu.net, isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdsapp.net

    Offline mimin

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 174
    Re:Dongkrak kemampuan transistor di Kelas AB
    « Jawab #7 pada: Juni 30, 2011, 10:37:59 PM »
  • Publish
  • O...jadi yang mas isur pake di skema osc fet itu kelas AB ya untuk penguatnya. gini mas, apa yang di skema mas isur pada c 1947 itu kemudian dipake pada c2782 bisa ataukah untuk watt yang gede ada yang beda misalya diodanya ato yang lain soalnya aq pernahtahu ada yang pake tr d1406, 7808, trimpot, R, C

    Offline isurganteng

    • Isurganteng
    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 2652
    • Keseharianku Melawan Waktu
      • Keseharianku Melawan Waktu
    Re:Dongkrak kemampuan transistor di Kelas AB
    « Jawab #8 pada: Juli 01, 2011, 12:05:14 AM »
  • Publish
  • waduh .. ini skema yang mana ya ?? ?yang baru saya rancang belum ada saya sebarin ...  belum berani soalnya belum dicoba ... apa pcb yang penguat 2026 sampe 1946 ya ? yang 20watt itu ? itu juga ndak da osc fet nya . ... wew bocor neh ...
    gdshost.net
    ym : yadi_arfm
    tukangsapu.net, isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdsapp.net

    Offline mimin

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 174
    Re:Dongkrak kemampuan transistor di Kelas AB
    « Jawab #9 pada: Juli 01, 2011, 12:35:21 AM »
  • Publish
  • sori mas keliru maksudku yang osc pake modulator fm itu, penguatnya kan pake 2026, 2053,1947.yang awalnya pake 930 si depan 930

    Offline mimin

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 174
    Re:Dongkrak kemampuan transistor di Kelas AB
    « Jawab #10 pada: Juli 01, 2011, 12:38:57 AM »
  • Publish
  • betul yg itu mas

    Offline isurganteng

    • Isurganteng
    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 2652
    • Keseharianku Melawan Waktu
      • Keseharianku Melawan Waktu
    Re:Dongkrak kemampuan transistor di Kelas AB
    « Jawab #11 pada: Juli 01, 2011, 01:23:30 AM »
  • Publish
  • yang mana ya ... mana gambar na ???
    gdshost.net
    ym : yadi_arfm
    tukangsapu.net, isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdsapp.net

    Offline mimin

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 174
    Re:Dongkrak kemampuan transistor di Kelas AB
    « Jawab #12 pada: Juli 01, 2011, 06:22:50 AM »
  • Publish
  • maksudku betul kata sampeyan mas, yang penguat 2026 sampai 1946 nggak pake osfet

    Offline dodo mahayasa

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 107
    Re:Dongkrak kemampuan transistor di Kelas AB
    « Jawab #13 pada: Juli 05, 2011, 07:24:21 AM »
  • Publish
  • transistor juga ada kelasnya...kirain sekolah ajah yang ada kelasnya..... hallo1

    Offline mimin

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 174
    Re:Dongkrak kemampuan transistor di Kelas AB
    « Jawab #14 pada: Juli 07, 2011, 08:58:47 AM »
  • Publish
  • lihat skema kelas AB masih bingung.kok ada R lilit ke groundnya juga sama seperti kelas C

     


    Facebook Comments