Penulis Topik: Pemancar FM 12W Modivikasi Saturn S-083  (Dibaca 18648 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline andygaz21

  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 518
  • Adventure is a good teacher
    • trutorial elektro
Re:Pemancar FM 12W Modivikasi Saturn S-083
« Jawab #15 pada: September 20, 2010, 10:35:02 PM »
@macross
rangkaian buster ne lom termasuk lpf kalau c10 sebagai penyesuai ipedensi, kalau c7 untuk tun di swr. dan c10 dan c7 ni akan saling berkaitan pada waktu tun di swr. puter puter dan lihat jarumnya

Offline macross

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 39
  • I Am The Lone Fighter
Re:Pemancar FM 12W Modivikasi Saturn S-083
« Jawab #16 pada: September 22, 2010, 07:54:54 PM »
salam

Mas andygaz21 maaf saya tanya lagi neeeh

saya sudah coba untuk yang Tr1971 cuma knapa bisa masuk suara dari radio lainnya
indikasinya klo transmitter di matiin suara radio laiinnya hilang dan klo hidup ada suara radio lain yang masuk

kemudian untuk desisnya ngga tahan....( terlalu bising suaranya radionya malah kecil )
apa ini gara2 swrnya ngga matching ya???

untuk rangkaian matching swr lebih baik setelah LPF ato sebelumnya ya

trims jawaban sebelumnya ya

BTW mohon maaf lahir batin ya untuk semua, maaf klo terlambat ngucapinnya......

Offline achsan

  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1080
Re:Pemancar FM 12W Modivikasi Saturn S-083
« Jawab #17 pada: September 24, 2010, 11:14:35 PM »
salam

Mas andygaz21 maaf saya tanya lagi neeeh

saya sudah coba untuk yang Tr1971 cuma knapa bisa masuk suara dari radio lainnya
indikasinya klo transmitter di matiin suara radio laiinnya hilang dan klo hidup ada suara radio lain yang masuk

kemudian untuk desisnya ngga tahan....( terlalu bising suaranya radionya malah kecil )
apa ini gara2 swrnya ngga matching ya???

untuk rangkaian matching swr lebih baik setelah LPF ato sebelumnya ya

trims jawaban sebelumnya ya

BTW mohon maaf lahir batin ya untuk semua, maaf klo terlambat ngucapinnya......

apa sudah di coba mas tr sebelum tr1971 apa  tetep keluar radio lain dan desisnya masih ada....???
 kalo ia mungkin nilai c kopling antar tingkat nilai kapasitifnya kurang sesuai.....  kalo salah mohon dikoreksi....

Offline macross

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 39
  • I Am The Lone Fighter
Re:Pemancar FM 12W Modivikasi Saturn S-083
« Jawab #18 pada: September 25, 2010, 12:06:07 PM »
Salam

untuk sementara
desis dan dengung berkurang jauh klo test dari osilator dan lebih jelas suaranya
sepertinya masalah memang di penguat 1 dan penguat 2 and penguat 3nya
padahal saya sudah pake varco lho....
apa harus digedein nilai varconya ato bagaimana ya???
soalnya bukannya suaranya makin jelas malah makin kecil

trims jawaban sebelumnya ya

Offline ndroe

  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1136
  • beginer banget
Re:Pemancar FM 12W Modivikasi Saturn S-083
« Jawab #19 pada: September 25, 2010, 12:24:45 PM »
kalau masalah suara biasanya trimer yang ke ground di trim lagi mas....(biasanya sebelum masuk  1970  c8 kali yach)....trimer ini juga buat ngatur supaya ndak nyamber ke tv (menurut pengalaman)
88,1 ..FM Ra' Ajeg

Offline achsan

  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1080
Re:Pemancar FM 12W Modivikasi Saturn S-083
« Jawab #20 pada: September 26, 2010, 12:53:11 PM »
kalau masalah suara biasanya trimer yang ke ground di trim lagi mas....(biasanya sebelum masuk  1970  c8 kali yach)....trimer ini juga buat ngatur supaya ndak nyamber ke tv (menurut pengalaman)

siiipppp......

Offline andygaz21

  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 518
  • Adventure is a good teacher
    • trutorial elektro
Re:Pemancar FM 12W Modivikasi Saturn S-083
« Jawab #21 pada: September 30, 2010, 09:46:57 AM »
Kutip
salam

Mas andygaz21 maaf saya tanya lagi neeeh

saya sudah coba untuk yang Tr1971 cuma knapa bisa masuk suara dari radio lainnya
indikasinya klo transmitter di matiin suara radio laiinnya hilang dan klo hidup ada suara radio lain yang masuk

kemudian untuk desisnya ngga tahan....( terlalu bising suaranya radionya malah kecil )
apa ini gara2 swrnya ngga matching ya???

untuk rangkaian matching swr lebih baik setelah LPF ato sebelumnya ya

trims jawaban sebelumnya ya

BTW mohon maaf lahir batin ya untuk semua, maaf klo terlambat ngucapinnya......

itu biasanya antara kumparan primer dan skunder terbalik. coba di selesaikan dulu ekciter sampai berhasih kemudian baru busternya.
untuk pengetunan urutan ekciter > buster > LPF > SWR > dumilot. oya untuk ekciter kasih lpf juga ya.

Offline achsan

  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1080
Re:Pemancar FM 12W Modivikasi Saturn S-083
« Jawab #22 pada: Oktober 01, 2010, 09:48:18 PM »
okk...ok...ok... banget ...

Offline Niel

  • Sr. Member
  • ******
  • Tulisan: 413
Re:Pemancar FM 12W Modivikasi Saturn S-083
« Jawab #23 pada: November 19, 2010, 04:15:17 PM »
Bagian Osilator nya beberapa tahun saya gunakan sebelum saya berkenalan dengan PLL,yg lari-lari hanya frek dibelakang koma saja. Saat itu rata2 pendengar masih menggunakan radio analog jadi tidak terasa pergeseran freknya.

Offline andygaz21

  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 518
  • Adventure is a good teacher
    • trutorial elektro
Re:Pemancar FM 12W Modivikasi Saturn S-083
« Jawab #24 pada: Desember 26, 2010, 12:39:26 AM »
untuk ekciternya mending pake yang ronica 500mW ntu. itu lebih stabil mirip pll.

Offline Machmud

  • Moderator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1253
Re:Pemancar FM 12W Modivikasi Saturn S-083
« Jawab #25 pada: Januari 28, 2011, 10:17:20 AM »
Salah satu syarat mutlak suatu vco bisa dgabungkan dengan PLL adalah adanya komponen dioda varactor pada vco tsb,
nah rangkain ini tidak dilengkapi dengan dioda varactor maka tidak dapat digabungkan dengan PLL.
Alternatif lain harus mengubah rangkaian oscillator tsb dengan type lainnya yang sudah dilengkapi dioda varactor

Offline achsan

  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1080
Re:Pemancar FM 12W Modivikasi Saturn S-083
« Jawab #26 pada: Pebruari 04, 2011, 02:53:15 PM »
 top1

Offline Rudy(cyberkom)

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 53
Re:Pemancar FM 12W Modivikasi Saturn S-083
« Jawab #27 pada: Pebruari 14, 2011, 04:45:52 PM »
Pemancar FM yang dibahas pada artikel ini adalah modifikasi dari rangkaian Pemancar FM yang ada di pasaran (tipe S-083 dari Saturn). Rangkaian S-083 hanya menghasilkan daya kurang lebih 1 Watt. Dengan sedikit modifikasi, penyederhanaan dan penambahan booster akan didapatkan daya akhir 12 Watt. Rangkaian S-083 terdiri atas 3 bagian, yaknik bagian osilator, Penyangga tingkat pertama (Buffer 1) dan Penyangga tingkat kedua (buffer 2), lihat di Gambar 4 (Komponen yang diberi tanda * adalah bagian yang dimodifikasi )..

Setelah dicoba, osilator S-083 hasilnya cukup memuaskan, selain stabil osilator tersebut menghasilkan sinyal yang kuat. Karena itu bagian osilator dipakai tanpa modifikasi. Transistor di Tingkat penyangga pertama (Buffer 1) yang semula menggunakan C2053, diganti dengan transistor C930, tipe dengan harga yang jauh lebih murah dan mudah diperoleh dipasaran. Untuk keperluan itu nilai R6 diganti menjadi 10K, untuk memberi bias yang sesuai bagi transistor C930.

Kapasitor 33pF pada kaki kolektor transistor penyangga diganti dengan trimmer C8 bernilai 5-60pF untuk mempermudah penalaan. Transistor di Tingkat penyangga kedua (Buffer 2) yang semula C710 diganti pula dengan C930, dan kapastor pada kolektornya juga diganti dengan trimmer C11 bernilai 5-60 pF. Pada keluaran tingkat kedua diberi tambahan induktor dan kapasitor yang berfungsi sebagai penyesuai impedansi, sehingga Impedansi keluaran dari penyangga tingkat akhir yang kurang lebih 380 Ohm dirubah menjadi 50 Ohm.

Skema rangkaian Exciter

Saat merakit sebaiknya jangan tergesa-gesa dengan mengerjakan langsung secara keseluruhan, tapi  kerjakan tiap bagian agar adanya kesalahan dapat diketahui lebih awal.

Bagian pertama yang dikerjakan adalah osilator, setelah selesai dirakit dapat langsung dicoba, dengan cara menyalakan radio FM pada gelombang yang kosong dan atur volume radio sehingga suara desis terdengar jelas (akan lebih mudah jika dipakai radio yang mempunyai indikator tuning). Putar inti dari koker (L1) kekanan sampai maksimal. (Dengan memutar koker kekanan frekuensi yang dihasilkan osilator makin rendah.) Ny

alakan pemancar FM, putar inti koker kekiri sampai desis pada radio FM hilang atau sampai indikator tuning menyala. Jika didapatkan sinyal yang kuat dan stabil, osilator dari pemancar ini telah bekerja dengan baik.

Bagian selanjutnya dapat mulai dirakit, setelah selesai dirakit, hubungkan rangkaian exciter (Gambar 4) seperti diagram Gambar 5. Nyalakan catu daya dan putar kedua trimmer (C8 dan C11) pada penyangga secara bergantian sampai didapatkan daya paling besar dan SWR paling kecil. Kalau rangkaian exciter bekerja dengan baik, akan didapatkan daya kurang lebih 0,25 Watt.

Sampai tahap ini exciter sudah siap pakai. Untuk mendapatkan daya yang lebih besar lagi dapat dapat ditambahkan rangkaian booster 12 Watt, sehingga akan jarak jangkauan pancaran meningkat sampai 7 kali lipat.

Skema rangkaian booster

Rangkaian booster 12 Watt pada Gambar 6, terdiri dari dua tingkat penguat transistor yang masing-masing bekerja pada kelas C, masomg-masing input dan output penguat transistor ini diberi rangkaian penyesuai impedansi.

Penguatan tingkat pertama memakai transistor C1970. Rangkaian Penguatan ini mempunyai penguatan daya 9,2dB (8 kali), sehingga dari exciter berdaya 0,25 W seharusnya bisa dihasilkan daya 2 W. Pada kenyataannya dari keluaran penguatan tingkat pertama ini hanya menghasilkan daya 1,75 Watt, hal ini disebabkan adanya kerugian dari rangkaian matching network.

Penguatan tingkat kedua memakai transistor C1971. Rangkaian Penguat ini mempunyai penguatan daya 10dB (10 kali). Sehingga daya dari tingkat pertama yang 1,75 W bisa diperkuat menjadi 17,5 W. Pada kenyataannya daya dari penguatan tin

gkat kedua hanya mencapai 12,5 Watt. Hal ini disebabkan adanya kerugian dari rangkaian matching network dan keterbatasan dari transistor C1971.

Karena panas yang dihasilkan kedua transistor cukup besar maka jangan lupa memasang pendinginan yang cukup.

Setelah booster selesai dirangkai selanjutnya booster dapat dicoba dan ditala, dengan merangkai exciter, booster, SWR & Power Meter dan Dummy Load seperti Gambar 7. Sebelum catu daya dinyalakan, semua trimmer pada booster diputar pada posisi tengah. Pastikan catu daya yang dipakai dapat memberikan arus lebih dari 3 Ampere. A

mati power meter. Power meter seharusnya menunjukkan daya beberapa watt. Putar trimmer pada booster dimulai dari bagian input sampai didapatkan daya paling besar. Ulangi beberapa kali. Seharusnya akan didapatkan daya sampai 12W.
Dari pengukuran didapatkan kebutuhan arus adalah 2,2 Ampere dan daya maksimal yang dapat dicapai adalah 12,5 Watt. Daya yang terlalu besar tentu saja akan memperpendek umur transistor tingkat akhir. Untuk itu disarankan untuk menurunkan daya keluaran dengan menurunkan tegangan supply menjadi 12 Volt. :D

Cara menggandeng skema ini dengan PLL gimana ya... sudah pernah ada yg mencobanya?

ini cara buat lilitan kokernya gimana ya..kok ada primer ama sekunder..ada yang bisa kasih pencerahan nggak ya dengan gambar mungkin akan leih sangat membantu maklum saya pemula banged....makasih
bima

 


Facebook Comments