Penulis Topik: POWER PEMANCAR VHF ???  (Dibaca 8502 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline ghopretz57

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 77
POWER PEMANCAR VHF ???
« pada: Pebruari 28, 2011, 05:07:19 PM »
  • Publish
  •  corong1 corong1 corong1

    Saya mau tanya,
    Apa bisa jika kita menggunakan Power Pemancar FM untuk Power Pemancar TV VHF ?

     dada2 dada2 dada2
    « Edit Terakhir: Pebruari 28, 2011, 05:12:28 PM oleh ghozien »
    Saya adalah pemula,
    Ilmu saya tentang elektronik masih awam,
    Saya ingin sekali menguasai ilmu elektronik.

    Offline isurganteng

    • Isurganteng
    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 2652
    • Keseharianku Melawan Waktu
      • Keseharianku Melawan Waktu
    Re:POWER PEMANCAR VHF ???
    « Jawab #1 pada: Pebruari 28, 2011, 10:30:09 PM »
  • Publish
  • jawabannya tidak bisa .... karena penguat tv vhf membutuhkan bw sampai 6mhz ... sedangkan pemancar fm palingan 256khz ... gambarnya macem apa nantik ... :D
    gdshost.net
    ym : yadi_arfm
    tukangsapu.net, isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdsapp.net

    Offline ghopretz57

    • Jr. Member
    • **
    • Tulisan: 77
    Re:POWER PEMANCAR VHF ???
    « Jawab #2 pada: Pebruari 28, 2011, 10:56:35 PM »
  • Publish
  • maaf mas, BW itu apa sih?
    tolong dijelasin donk.

    Kalo menurut mas, gambar pemancar TV VHF ini gimana?

    « Edit Terakhir: Pebruari 28, 2011, 11:16:08 PM oleh ghozien »
    Saya adalah pemula,
    Ilmu saya tentang elektronik masih awam,
    Saya ingin sekali menguasai ilmu elektronik.

    Offline Machmud

    • Moderator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 1253
    Re:POWER PEMANCAR VHF ???
    « Jawab #3 pada: Maret 01, 2011, 01:05:57 PM »
  • Publish
  • BW = Bandwith atau lebar frekuensi.
    Pemancar TV maka signyalnya akan memancar di 6mhz, misal di VHF 173 sd 179Mhz
    maka disitulah frekuensinya, sedangkan di FM yang dipebolehkan hanya 300Khz maksimum.
    Coba kalau pemancar FM diperbolehkan 6Mhz maka sudah dipastikan :
     kalkulasi1 kalkulasi1 kalkulasi1 kalkulasi1 kalkulasi1
    a. Pemancar ke-1 dari 88 sd 94
    b. Pemancar ke-2 dari 95 sd 101
    c. Pemancar ke-3 dari 102 sd 108Mhz.
    Beu...... cuma untuk 3 buah pemancar saja di band FM dari 88 sd 108Mhz. Celaka ..........
     dada2 dada2 dada2 dada2 dada2 dada2

    Offline ario

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 289
    Re:POWER PEMANCAR VHF ???
    « Jawab #4 pada: Maret 01, 2011, 01:10:56 PM »
  • Publish
  • waah klo bisa selebar itu audio'ny pasti mataaab dong' pak.. trus daya yg diperlukan sama atau juga tmbah berapa kali lipat tu...  kalkulasi1

    Offline ghopretz57

    • Jr. Member
    • **
    • Tulisan: 77
    Re:POWER PEMANCAR VHF ???
    « Jawab #5 pada: Maret 01, 2011, 01:38:35 PM »
  • Publish
  • BW = Bandwith atau lebar frekuensi.
    Pemancar TV maka signyalnya akan memancar di 6mhz, misal di VHF 173 sd 179Mhz
    maka disitulah frekuensinya, sedangkan di FM yang dipebolehkan hanya 300Khz maksimum.
    Coba kalau pemancar FM diperbolehkan 6Mhz maka sudah dipastikan :
     kalkulasi1 kalkulasi1 kalkulasi1 kalkulasi1 kalkulasi1
    a. Pemancar ke-1 dari 88 sd 94
    b. Pemancar ke-2 dari 95 sd 101
    c. Pemancar ke-3 dari 102 sd 108Mhz.
    Beu...... cuma untuk 3 buah pemancar saja di band FM dari 88 sd 108Mhz. Celaka ..........
     dada2 dada2 dada2 dada2 dada2 dada2

    Owh, gitu ya Pak. cari1 cari1 cari1

    Terus kalau Power Pemancar FM dipakai untuk Power Pemancar TV VHF, akibatnya apa Pak?
    Saya adalah pemula,
    Ilmu saya tentang elektronik masih awam,
    Saya ingin sekali menguasai ilmu elektronik.

    Offline Machmud

    • Moderator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 1253
    Re:POWER PEMANCAR VHF ???
    « Jawab #6 pada: Maret 01, 2011, 02:45:30 PM »
  • Publish
  • Akibatnya gambar bagus audio ngeresek....
    Audio bagus gambarnya miring-miring dan bergulung
    Tinggal pilih mau lihat gambar atau mau mendengarkan audionya.
    Yang intinya frekuensi antara auido dan gambar beda tergantung rangkaian
    VCOnya, makanya diperlukan 6Mhz bandwidth nya

    Offline jeckoexxel

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 186
    Re:POWER PEMANCAR VHF ???
    « Jawab #7 pada: Maret 08, 2011, 09:34:09 AM »
  • Publish
  • Prinsipnya tetep bisa.. asal penguatannya klas A minimum klas AB karena yang dikuatkan sudah termodulasi audio video composite, hanya karena BW yang digunakan sangat lebar (kalo ngga pake filter VSB bisa sampe 11 MHZ!!!, karena carier suara plus audionya muncul di atas 5,5 MHZ di bawah 5,5 MHz dari carier gambar /ingat pemancaran AM !).. BW yang lebar maka faktor Q nya turun... akibatnya power yang dihasilkan akan turun.. kalo mau gambar dan suaranya bagus!
    Saya pake C 2094 saja paling keluar 5-8 Watt sudah pollll... gambar bagus suara lumayan (agak tipis karena sistem carier suaranya sub carier 5,5 MHz)...
    Mungkin begitu...

    Offline jeckoexxel

    • Full Member
    • ****
    • Tulisan: 186
    Re:POWER PEMANCAR VHF ???
    « Jawab #8 pada: Maret 08, 2011, 09:38:16 AM »
  • Publish
  • maaf mas, BW itu apa sih?
    tolong dijelasin donk.

    Kalo menurut mas, gambar pemancar TV VHF ini gimana?


    Skema ini bisa bos... tapi saya gak suka pake 1970, shieldingnya susah! karena kolektornya diisolasi, suka liar mancar kemana2.. mending pake C 1947.. keluar 1/2 watt saja... buat RT RT TV...

    Offline ghopretz57

    • Jr. Member
    • **
    • Tulisan: 77
    Re:POWER PEMANCAR VHF ???
    « Jawab #9 pada: Maret 09, 2011, 11:42:42 AM »
  • Publish
  • maaf mas, BW itu apa sih?
    tolong dijelasin donk.

    Kalo menurut mas, gambar pemancar TV VHF ini gimana?


    Skema ini bisa bos... tapi saya gak suka pake 1970, shieldingnya susah! karena kolektornya diisolasi, suka liar mancar kemana2.. mending pake C 1947.. keluar 1/2 watt saja... buat RT RT TV...
    Wah pake  c1947 cuma 1/2watt ya, padahal huarganya mahal abis 300ribuan.
    Kalo pake c1971 keluarnya berapa watt mas?
    Saya adalah pemula,
    Ilmu saya tentang elektronik masih awam,
    Saya ingin sekali menguasai ilmu elektronik.

    Offline ario

    • Sr. Member
    • ******
    • Tulisan: 289
    Re:POWER PEMANCAR VHF ???
    « Jawab #10 pada: Maret 09, 2011, 11:51:06 AM »
  • Publish
  • di daerah mna tu mas ghoizen 1947 300rb matadolar  klo gax salah 1947 masih di bawah 100rb kmren temen ada yg beli buat ganti HT2N

    Offline ghopretz57

    • Jr. Member
    • **
    • Tulisan: 77
    Re:POWER PEMANCAR VHF ???
    « Jawab #11 pada: Maret 09, 2011, 01:12:42 PM »
  • Publish
  • di daerah mna tu mas ghoizen 1947 300rb matadolar  klo gax salah 1947 masih di bawah 100rb kmren temen ada yg beli buat ganti HT2N
    Eh maaf bukan c1947 tapi c1946 yang harganya 300ribu
    Saya adalah pemula,
    Ilmu saya tentang elektronik masih awam,
    Saya ingin sekali menguasai ilmu elektronik.

    Offline ghopretz57

    • Jr. Member
    • **
    • Tulisan: 77
    Re:POWER PEMANCAR VHF ???
    « Jawab #12 pada: Maret 09, 2011, 02:51:10 PM »
  • Publish
  • Oh ya mas, kok gak pake c1946 atau c2782 biar outputnya 80watt?
    Saya adalah pemula,
    Ilmu saya tentang elektronik masih awam,
    Saya ingin sekali menguasai ilmu elektronik.

    Offline isurganteng

    • Isurganteng
    • Administrator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 2652
    • Keseharianku Melawan Waktu
      • Keseharianku Melawan Waktu
    Re:POWER PEMANCAR VHF ???
    « Jawab #13 pada: Maret 09, 2011, 09:25:56 PM »
  • Publish
  • ndak bisa lah ... kan dah dibilang bw 6mhz .... di fm iltu besar wattntya karena bw kecil .... coba aja itung perbandingan dari 300khz:6mhz ./... di fm 2782 bisa 80watt pada 300khz.... la kalo ditivi 6000khz itung deh diri p[erbandingannya .......  kalkulasi1 kalkulasi1
    gdshost.net
    ym : yadi_arfm
    tukangsapu.net, isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdsapp.net

    Offline Machmud

    • Moderator
    • Hero Member
    • ********
    • Tulisan: 1253
    Re:POWER PEMANCAR VHF ???
    « Jawab #14 pada: Maret 10, 2011, 11:37:06 AM »
  • Publish
  • Mungkin c2782nya masih keluar sekitar 12 watt bila dipakai di TV VHF

     


    Facebook Comments