Penulis Topik: cara merangkai power toa ke speaker horn toa  (Dibaca 4851 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Fahrozi

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 2
cara merangkai power toa ke speaker horn toa
« pada: November 23, 2010, 12:25:03 AM »
minta solusi dong nih kepada semua master, gimana ya untuk menginstal yang benar 5 horn toa(impedansi /toa 16 ohm) ke power toa diparalel atau diseri dan bagaimana membagi impedansinya

Offline isurganteng

  • Isurganteng
  • Administrator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 2610
  • Keseharianku Melawan Waktu
    • Keseharianku Melawan Waktu
Re:cara merangkai power toa ke speaker horn toa
« Jawab #1 pada: November 23, 2010, 12:16:26 PM »
hampir sama dengan resistor ... kalo di paralel ... ohm berkurang daya tamppung naek .. mis ....

speker 16ohm diparalel 4 menjadi 4 ohm ... jadi membutuhkan amp dengan ipedansi 4 0hm ... mis speker 50w jadi x 4 menjadi 200watt

kalo salah koreksi bro .  ;D ;D
gdshost.net
ym : yadi_arfm
Isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdshost.net

Offline Machmud

  • Moderator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1246
Re:cara merangkai power toa ke speaker horn toa
« Jawab #2 pada: November 23, 2010, 02:16:51 PM »
Ya bagusnya tambah lagi ampli toanya sbb tak mungkin kuat untuk mengangkat 5 speaker TOA, kecuali amplifier toa yang outputnya sudah diset untuk 5 toa. Saya ingat waktu ada toa 125 watt, dibelakangnya ada 4 buah X 16 ohm toa 35 watt. Maka tak masalah untuk mengangkat toa tsb sebab di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan Trafo OT yang outputnya 4 buah.

Nah kalau amplifier TOA bohong-bohongan yang didalamnya IC LA4440 mana mungkin bisa ngangkat 5 TOA? Jangankan 5 toa 1 buah toa juga belum tentu bisa.

Nah coba lihat dulu ampli TOA tsb berapa watt outputnya, dan isinya apakah ampli TOA betulan atau IC LA4440 dan sejenisnya.

Ingat ke ampli TOA ini dipakai teman saya untuk ngebreak INTERCOM (tahun 88), ya dia paling besar dan echonya palinnnnnnnnngg panjang dibanding orang lain pakai UPC1181 atau UPC1182 atau LA4440 bahkan ampli TOA ini sanggupmengalahkan OCL 150watt.

He ke bayang mau maen intercom bandung-pekanbaru, kemana ya nyangkutin kabelnya?

Offline isurganteng

  • Isurganteng
  • Administrator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 2610
  • Keseharianku Melawan Waktu
    • Keseharianku Melawan Waktu
Re:cara merangkai power toa ke speaker horn toa
« Jawab #3 pada: November 23, 2010, 02:44:26 PM »
 :D :D :D jangan mo kalah sama fiber optik ... pake kabel interkom bawah laut ...  :D :D :D
gdshost.net
ym : yadi_arfm
Isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdshost.net

Offline zia

  • Global Moderator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 563
Re:cara merangkai power toa ke speaker horn toa
« Jawab #4 pada: Desember 03, 2010, 10:15:44 AM »
wah susah kalau 5 horn, kalau 4 horn sih bisa. Konfigurasinya dipasang seri paralel. artinya 2biji horn diseri (impedansi jadi 32). nah ini diparalel dengan 2biji horn lain yang juga telah diseri.
nah impedansi seri 32, setelah di paralel jadi 16 lagi.
kalo mo nekat pake 5 biji, ada 3 biji yang diseri, dan ada 2 biji yang diseri juga. Nah 2 kelompok ini diparalel, tapi ini berarti impedansi 32 ohm paralel dg 48 ohm. Jadi impedansi akhir total sekitar 19.2 ohm.

Salam,

Offline zia

  • Global Moderator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 563
Re:cara merangkai power toa ke speaker horn toa
« Jawab #5 pada: Desember 03, 2010, 10:25:03 AM »
Waduh ampli toa buat intercom...jadi raja intercom tuh pak..hehehe iya saya inget th 88 lagi rame2nya intercom. dulu beli intercom sekitar 7,500 udah bisa halo2...kawatnya membentang kemana2.
ICnya pake upc1181/1182 udah kenceng, pernah  juga bikin pake pcb interkom turbo, pake IC tda2003 ternyata hasilnya sama2 aja ...hehehe