Penulis Topik: Skema pemancar Jadul  (Dibaca 4673 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline zia

  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 533
Skema pemancar Jadul
« pada: November 08, 2010, 01:15:21 PM »
Wah ini ada link yang membuat saya senyum2 mengingat masa lalu:

http://sites.google.com/site/yc3lsbqrp/skema-jadul

Saya jadi inget ketika masih kelas 1-2 smp (1987-1988), seneng bikin kit/PCB dari mitra electronic , ronica, dan saturn.
1. Lampu flip flop pake fcs9014, pcb bikin sendiri, solder masih pake api, kepanasen, lednya mati hehehe
2. Lampu flip flop kit ronica
3. Sirine 4 suara dari kit saturn pake tr fcs9012
4. radio penerima AM superheterodyne dari ronica pcb. pake tr c828. bisa dibilang gagal, soalnya selalu dapet SW, bukan MW hehehe
5. pemancar AM 2 transistor . pake tr 2sa101..gagal juga. soalnya gak punya xtal.
6. TXRX 27MHz dari ronica, memakai IC audio an214 dan OT240...tak terselesaikan..padahal udah hampir lengkap.
7. Amplifier kit 12W stereo dari mitra kit. Yang bunyi cuma 1 kanal hehehe...IC-nya pake MA2212 (ternyata sablonan dari LA4440)
8....

Waktu itu harga komponen mahal banget untuk ukuran saya. Soalnya uang saku saya cuma 100 (ya, cepek) , itupun cuma sekali seminggu saat olah raga. Bersekolah pun pake sepeda "jengki", sepeda pancal yang sekarang kayaknya udah gak ada lagi...Jadi bisa ngoprek hanya kalo ada uang2 tambahan...
Sekali2-nya minta ke ortu sambil nangis karena saking pengennya beli avometer merk sanwa sp10d, udah berbulan2 gak kesampean. Akhirnya dibeliin avometer merk kaise sk300 (sampe sekarang masih ada) dulu harganya sekitar 22rb perak. perasaaan itu adalah benda termahal yang pernah saya miliki saat itu.
Wah...jadi seakan balik ke tempo dulu...:)


Offline zerobeat

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 15
Re:Skema pemancar Jadul
« Jawab #1 pada: November 19, 2010, 11:43:25 PM »
Sama om skema itu semua dah pernah saya coba saya jadi ingat kalo anda pernah memakai solder yang dipanaskan pakai api ( kalo di tempat saya pakai lampu ublik he he he he ) karena dulu pernah pakai solder yang pakai listrik pernah konslet jadi takut he he he he he, parnah mambuat walky talky tiga transistor merakit dua biji berhasil bisa komunikasi sampai 500 meter lebih wah senengnya bukan main itu tahun 83 an masih smp kelas dua herannya beberapa tahun terakhir ini iseng2 mencoba merakit lagi ha ha ha ha gak berhasil ........kalo sampyan cerita masalah pingin punya avo meter sama saya juga mempunyai cerita yang mirip dengan anda he he he he he :-X

Offline dian

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 152
Re:Skema pemancar Jadul
« Jawab #2 pada: November 28, 2010, 01:10:43 PM »
saya mulai nyolder sedikit lebih awal (SD), rakitan pertama adalah suara burung, lalu mulai radio, wireless mic dst.. pada saat saya smp, saya beruntung bisa lolos ujian kecakapan amatir radio, dan mulailah saya masuk lebih dalam ke dunia RF, 80m AM dan 27Mhz rakitan awal di dunia RF, SA671, SA699, pipa PVC untuk gulung loading coil mainan tetap sehabis pulang sekolah.

sama seperti rekan2, zaman itu zaman mahal menurut kantong, tapi saya rajin masuk pasar bekas, untuk cari komponen, fyi saya memulai hobbi ini di salah satu kabupaten di propinsi Aceh.. (bisa kebayang kan sulitnya cari komponen disana), tidak ada pilihan lain, pcb radio rusak yg di obral di pasar bekas adalah makanan sehari2 (hunting weekend dengan naik sepeda sejauh 9km ke ibukota kecamatan).. kalau perlu komponen, misalnya 10K ohm, saya cari2 dulu di pcb bekas baru di copot... kalau ada waktu suka saya bongkarin dan kelompokkan... tanpa sadar pada saat saya mulai kuliah ke bandung.. saya punya 4 buah dus besar berisi PCB bekas macam2 alat yang saya kumpulkan sejak SD..

perkenalan dengan elektronika digital baru dimulai sejak saya kuliah di awal 90an.. dunia RF saya tinggal dulu, sehingga puncaknya saya berhasil membuat motherboard PCXT lengkap dengan ROM BIOSnya yang paling minimalis.. (gak jelas apa gunanya juga)

ingat pertama kali beli buku Vademekum Elektronia (karya Wasito) di tahun 1986 seharga 6ribu rupiah (covernya masih tebal berwarna hitam) seolah2 ngajinya pake buku itu :), beberapa buku jadul karangan francis de yuri (walky talky) masih ada di rak buku saya..

catatan menarik buat saya semua dilakukan dengan menghemat uang jajan.... tidak ada subsidi, dan entah seberapa kupernya saya waktu itu.. sampe di katain setiap hari ngeramin telor ayam di rumah :))

Offline yd7lby

  • Sr. Member
  • ******
  • Tulisan: 466
  • elektronika is yahud
Re:Skema pemancar Jadul
« Jawab #3 pada: November 28, 2010, 01:16:50 PM »
klo sekarang buku vademikum warna putih mas...dulu beli harga kisaran 30-60rb...lupa harga pasnya...karangan wasito juga...
btw "motherboard PCXT lengkap dengan ROM BIOSnya" buat apaan mas?
"Siapa yang cinta pada nabi-Nya, pasti bahagia dalam hidupnya"
-Vita dan Hadad Alwi-

Offline dian

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 152
Re:Skema pemancar Jadul
« Jawab #4 pada: November 28, 2010, 01:26:07 PM »
klo sekarang buku vademikum warna putih mas...dulu beli harga kisaran 30-60rb...lupa harga pasnya...karangan wasito juga...
btw "motherboard PCXT lengkap dengan ROM BIOSnya" buat apaan mas?

benar sekarang buku itu berwarna putih, saya belikan satu untuk anak saya.... entah dia baca atau tidak tapi mungkin utk menyenangkan saya itu buku dia bawa tiap hari kesekolah....

Motherboard PC XT, saya rakit di tahun 1993, mungkin karena pengen bisa bikin motherboard komputer from scratch..

Offline Busan

  • Sr. Member
  • ******
  • Tulisan: 473
    • My Electronic Collections
Re:Skema pemancar Jadul
« Jawab #5 pada: November 28, 2010, 03:49:06 PM »
Saya juga punya kopian buku vademekum elektronika, buku itu sangat  menunjang belajar elektronika saya waktu kelas 2 smp th 97.
Sampai sekarang masih ada buku itu.
RBS FM on

Offline chuvlink_46sbg

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 187
  • "JAUZATI.......ANTI HABIBATI ANTI...."
    • www.ar-risalahfm.blogspot.com
Re:Skema pemancar Jadul
« Jawab #6 pada: November 28, 2010, 04:31:50 PM »
Buku francies the yuri warisan bapak masih ada..!

Offline Niel

  • Sr. Member
  • ******
  • Tulisan: 413
Re:Skema pemancar Jadul
« Jawab #7 pada: November 28, 2010, 07:32:54 PM »
Kalau ingat masa lalu ingat susahnya cari dana buat proyek. Saat masih smp pernah menemukan rangkaian amplifier karena tidak ada solder terpaksa nyalain lilin dan dibakar bagian timahnya buat mencopot komponennya, ada komponen yg berhasil dicopot lebih banyak yg gosong dan meleduk. Ini awal perkenalan dengan elektronika, selanjutnya setelah STM baru mulai buat beberapa proyek elektronik. Membuat ampli merupakan projek yg laris manis, maklum lagi zamannya. Beberapa komponen dan rangkaian yg saya bukukan masih tersimpan dengan baik.

Offline chuvlink_46sbg

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 187
  • "JAUZATI.......ANTI HABIBATI ANTI...."
    • www.ar-risalahfm.blogspot.com
Re:Skema pemancar Jadul
« Jawab #8 pada: November 29, 2010, 07:59:57 AM »
Wah kalo saya mah smp bikin flip-flop di triplek....Dilihat dr perkembangan elektronika zaman skarang saya ambil ksimpulan banyak mengalami penurunan banyak toko komponen elektronika pada gulung tikar,komponen2 jd tdak lengkap,sulit berexsperimen,anak2 skrg malah doyan maen game on line drpd berkreatifitas...

Offline dian

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 152
Re:Skema pemancar Jadul
« Jawab #9 pada: November 29, 2010, 12:13:45 PM »
Wah kalo saya mah smp bikin flip-flop di triplek....Dilihat dr perkembangan elektronika zaman skarang saya ambil ksimpulan banyak mengalami penurunan banyak toko komponen elektronika pada gulung tikar,komponen2 jd tdak lengkap,sulit berexsperimen,anak2 skrg malah doyan maen game on line drpd berkreatifitas...

Benar sekali, 20 tahun lalu di pasar cikapundung Bandung masih mudah cari komponen untuk RF dan macam2 komponen, kalau sekarang semua sudah jadi toko ampli dan speaker, komponen nya juga seragam, akhirnya saya semakin malas ke sana, masih jauh lebih banyak pilihan di pasar Jaya Paza Bandung. Mungkin mereka pun perlu bertahan hidup sehingga tidak mungkin menjual komponen yang cuma diminati kita2 ini yg suka bereksperiment dengan budget cekak... he he

Offline purwanto-amm

  • Administrator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1064
  • Nikola Tesla
    • purwanto-apriana
Re:Skema pemancar Jadul
« Jawab #10 pada: November 29, 2010, 12:18:16 PM »
Wah kalo saya mah smp bikin flip-flop di triplek....Dilihat dr perkembangan elektronika zaman skarang saya ambil ksimpulan banyak mengalami penurunan banyak toko komponen elektronika pada gulung tikar,komponen2 jd tdak lengkap,sulit berexsperimen,anak2 skrg malah doyan maen game on line drpd berkreatifitas...

Benar sekali, 20 tahun lalu di pasar cikapundung Bandung masih mudah cari komponen untuk RF dan macam2 komponen, kalau sekarang semua sudah jadi toko ampli dan speaker, komponen nya juga seragam, akhirnya saya semakin malas ke sana, masih jauh lebih banyak pilihan di pasar Jaya Paza Bandung. Mungkin mereka pun perlu bertahan hidup sehingga tidak mungkin menjual komponen yang cuma diminati kita2 ini yg suka bereksperiment dengan budget cekak... he he

jaya plasa juga kalo komponen-komponen RF agak susah :(  :(  :(, 2 minggu yang lalu cari LM7001 dari sekian banyak toko cuman dapat 1 biji  :(  :(

Offline dian

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 152
Re:Skema pemancar Jadul
« Jawab #11 pada: November 29, 2010, 12:21:14 PM »
Wah kalo saya mah smp bikin flip-flop di triplek....Dilihat dr perkembangan elektronika zaman skarang saya ambil ksimpulan banyak mengalami penurunan banyak toko komponen elektronika pada gulung tikar,komponen2 jd tdak lengkap,sulit berexsperimen,anak2 skrg malah doyan maen game on line drpd berkreatifitas...

Benar sekali, 20 tahun lalu di pasar cikapundung Bandung masih mudah cari komponen untuk RF dan macam2 komponen, kalau sekarang semua sudah jadi toko ampli dan speaker, komponen nya juga seragam, akhirnya saya semakin malas ke sana, masih jauh lebih banyak pilihan di pasar Jaya Paza Bandung. Mungkin mereka pun perlu bertahan hidup sehingga tidak mungkin menjual komponen yang cuma diminati kita2 ini yg suka bereksperiment dengan budget cekak... he he

jaya plasa juga kalo komponen-komponen RF agak susah :(  :(  :(, 2 minggu yang lalu cari LM7001 dari sekian banyak toko cuman dapat 1 biji  :(  :(

nah tuh masih untung dapet...

Offline lutfi

  • Moderator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 663
Re:Skema pemancar Jadul
« Jawab #12 pada: Desember 07, 2010, 12:46:33 AM »
nyari LB3500 jg di jayaplasa tak ada jual
Meonggg

Offline gluiermo marconi

  • Sr. Member
  • ******
  • Tulisan: 360
  • IKHLAS...
Re:Skema pemancar Jadul
« Jawab #13 pada: Januari 26, 2011, 11:44:54 AM »
aberarti yg paling apes saya yah..tak satu pun berhasil,,mn transistornya pke yg jdul 2sa101,,108,,bc 187..yg casing aluminiumm itu loh,,terakhir yg berhasil cm lampu flip flop 2 tr..wakakakakakk...eh btw,,ada ga neh temen2 yg pnya transmitter yg ga di pke ge,,mao tak buat radio komunitas,,he he he he,,habis,gw ga pnya bnyak modal neh,,hobby tanpa modal susah jg yah..!

Offline abdulgani

  • Moderator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 932
    • PLL FM STEREO
Re:Skema pemancar Jadul
« Jawab #14 pada: Januari 26, 2011, 07:40:37 PM »
emang hobby ngabisin uang daripada narik uang, cuma bikin ati puas aja. nah sekarang mesti mulai hobby jadi alat dapetin uang juga, ayo kita bersatu