Penulis Topik: Segala sesuatu tentang Coax, Loss, velocity,, power handling dan erp  (Dibaca 9660 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Machmud

  • Moderator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1245

Offline Machmud

  • Moderator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1245
Re:Segala sesuatu tentang Coax, Loss, velocity,, power handling dan erp
« Jawab #1 pada: Agustus 26, 2010, 02:11:20 PM »
Contoh penggunaan tabel velocity.
Membuat kabel jumper dengan RG58 di frekuensi 100mhz maka

(300/100)/2*0.66 = 99cm

Offline ndroe

  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1136
  • beginer banget
Re:Segala sesuatu tentang Coax, Loss, velocity,, power handling dan erp
« Jawab #2 pada: Agustus 27, 2010, 09:00:32 AM »
pak machmud apakah velocity ini digunakan juga untuk menentukan panjang antena???
contoh kita mau buat antena 1/4 lamda di 100Mhz dan transmisi line kabel rg 58 maka (300/100)/4*0.66= 0.495 cm begitu pak????
88,1 ..FM Ra' Ajeg

Offline Machmud

  • Moderator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1245
Re:Segala sesuatu tentang Coax, Loss, velocity,, power handling dan erp
« Jawab #3 pada: Agustus 27, 2010, 09:08:53 AM »
Velocity hanya untuk menghitung panjang coax, misal untuk jumper atau panjang
coax transmisi berapa puluh meter. Caranya pilih jenis kabel yang akan dibuat jumper tsb
dan lihat dalam tabel berapa velocity-nya kabel tsb

Secara kasar oanjang coax yang akan dibuat kabel transmisi juga bisa dihitung dengan rumus velocity
tsb diatas tetapi lebih baik pakai alat ukur lain misal MFJ swr analyzer

Offline sunarto

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 12
Re:Segala sesuatu tentang Coax, Loss, velocity,, power handling dan erp
« Jawab #4 pada: Agustus 27, 2010, 09:18:03 AM »
Untuk panjang kabel jumper dari Transmitter ke SWR dan dari SWR ke dummyload pakai rumus apa ya pak?

Offline Machmud

  • Moderator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1245
Re:Segala sesuatu tentang Coax, Loss, velocity,, power handling dan erp
« Jawab #5 pada: Agustus 27, 2010, 09:25:15 AM »
Tabel velocity yang dipakai dengan rumus

((300 dibagi frekuensi)/2*velocity)

Offline Kang Paimo

  • Sr. Member
  • ******
  • Tulisan: 296
Re:Segala sesuatu tentang Coax, Loss, velocity,, power handling dan erp
« Jawab #6 pada: September 09, 2010, 06:28:33 PM »
Yang dimaksud dengan velocity adalah velocity factor , Vp. Yang merupakan perbandingan kecepatan rambatnya dengan kecepatan rambat di ruang hampa. Semakin tinggi velocity factor semakin kecil loss nya.

Offline achsan

  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1080
Re:Segala sesuatu tentang Coax, Loss, velocity,, power handling dan erp
« Jawab #7 pada: Oktober 20, 2010, 07:37:19 PM »
Velocity hanya untuk menghitung panjang coax, misal untuk jumper atau panjang
coax transmisi berapa puluh meter. Caranya pilih jenis kabel yang akan dibuat jumper tsb
dan lihat dalam tabel berapa velocity-nya kabel tsb

Secara kasar oanjang coax yang akan dibuat kabel transmisi juga bisa dihitung dengan rumus velocity
tsb diatas tetapi lebih baik pakai alat ukur lain misal MFJ swr analyzer

mo tanya nih pak machmud.....untuk transmisi line misalnya kita tdk punya MFJ swr analizer.. gimana cara ngitungnya panjang kabel dari pemancar sampai ke antena.... apa jenis antena juga mempengaruhi panjang kabel transmisi line dari pemancar sampai ke antena selain jenis kabel yang digunakan itu sendiri..... di coba dg antena berbeda apakah mempengaruhi jarak pancar..... mohon pencerahanya..... :-*

Contoh:
1. pemancar 20 watt
2. kabel RG8 / RG58
3. antena dipole / yagi gamma match / omb / sierra


Offline Machmud

  • Moderator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1245
Re:Segala sesuatu tentang Coax, Loss, velocity,, power handling dan erp
« Jawab #8 pada: Oktober 28, 2010, 12:32:39 PM »
Velocity hanya untuk menghitung panjang coax, misal untuk jumper atau panjang
coax transmisi berapa puluh meter. Caranya pilih jenis kabel yang akan dibuat jumper tsb
dan lihat dalam tabel berapa velocity-nya kabel tsb

Secara kasar oanjang coax yang akan dibuat kabel transmisi juga bisa dihitung dengan rumus velocity
tsb diatas tetapi lebih baik pakai alat ukur lain misal MFJ swr analyzer

mo tanya nih pak machmud.....untuk transmisi line misalnya kita tdk punya MFJ swr analizer.. gimana cara ngitungnya panjang kabel dari pemancar sampai ke antena.... apa jenis antena juga mempengaruhi panjang kabel transmisi line dari pemancar sampai ke antena selain jenis kabel yang digunakan itu sendiri..... di coba dg antena berbeda apakah mempengaruhi jarak pancar..... mohon pencerahanya..... :-*

Contoh:
1. pemancar 20 watt
2. kabel RG8 / RG58
3. antena dipole / yagi gamma match / omb / sierra

Banyak orang yang bilang coax itu tidak perlu ditune sebab sudah 50 ohm, buat apa di match kalau sudah 50 ohm?
Pertanyaan lainnya mengapa ada rumus velocity factor ?
Nah kalau tidak ada velocity berarti coax tak perlu ditune sedangkan semua coax ada velocity-nya?
dan berbekal dari pemgalaman ternyata perlu di match juga coak dengan penjelasan sebagai berikut :
a. Output pemancar 50 ohm ( test dengan dumyload)
b. Coax 50 ohm dengan cara di dip
c. Antena 50 ohm
Nah  kebanyakan yng point b dan c digabungkan untuk menghasilkan 50 ohm, hasilnya ya untung-untungan sebab bisa saja hasilnya 50 ohm itu coax 52ohm dan antena 48Ohm maka 52+48=100/2 hasilnya 50 ohm.

Celakanya begitu ganti salah satu misal antena atau coax maka swr jadi ngaco alis tinggi, maka lebih baik di match-kana satu satu yaitu coaxnya dan antenanya.

Untuk nge-match coax bisa juga dengan pemancar caranya :
a. Siapkan pemancar yang 5watt saja
b. Kabel jumper yang sudah diukur pada frekuensi yang diinginkan. Nah jumper ini pesan kepada yang punya swr analizer
c. Ujung jumper masuk ke pemancar dan ujungnya lagi ke swr.
d. output swr tutup dengan conector T dan salah satu ujung conector T tsb tutup dengan dumyload tanpa jumper
e. Ke ujung satu lagi connector T masukan kabel transmisi dan dip ujungnya sedikit-sedikit sd swr rendah
Silahkan dicoba

Offline achsan

  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1080
Re:Segala sesuatu tentang Coax, Loss, velocity,, power handling dan erp
« Jawab #9 pada: November 01, 2010, 11:00:32 AM »
waaahhh.... agak panjang juga ya pak langkah2nya..... :-\

b. Kabel jumper yang sudah diukur pada frekuensi yang diinginkan. Nah jumper ini pesan kepada yang punya swr analizer

saya di daerah nih pak machmud..... kayaknya kesulitam mesen kabel jumpernya kemana..??
atau pak machmud punya cara / rumus  bagaimana membuat kabel jumper dari pemancar ke SWR srta kabel apa yg seharusnya dipakai untuk jumper...?? dan di DIP.. berarti di potong sedikit2 / dibagaimanakan ya pak.....??? untuk nge-DIP aja masih kebingungan.... SWR analizer aja ngak punya pak.... mf kebanyakan nanya (masih newbie).....

kalau konektor "T" dan dummyload masih bisa di usahakan....  mohon pencerahannya lagi dari pak machmud atau para master yang lain......  :-\  :-\  :-\ :-*  :-*  :-*
« Edit Terakhir: November 01, 2010, 11:05:40 AM oleh achsan »

Offline Machmud

  • Moderator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1245
Re:Segala sesuatu tentang Coax, Loss, velocity,, power handling dan erp
« Jawab #10 pada: November 01, 2010, 12:02:16 PM »
Untk jumpernya masih bisa pakai rumus
Misal pakai RG8 yang tengahnya serabut maka (((300/100)/2)*.66) = 99cm

Offline bondanpepi

  • Sr. Member
  • ******
  • Tulisan: 303
  • berbagi ilmu hal yg tdk salah
Re:Segala sesuatu tentang Coax, Loss, velocity,, power handling dan erp
« Jawab #11 pada: November 01, 2010, 02:31:38 PM »
mohon pencerahan pak mahmud ........apakah panjang kabel x 1/2 lmda* vilfactor berlaku untuk semua jenis tipe antenna,1/2 lmda,5/8 lamda atau 1lamda,......? atau rumus pd lamda kabel mengikuti model tipe antenna.......? terimakasih sebelumnya....?

Offline Machmud

  • Moderator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1245
Re:Segala sesuatu tentang Coax, Loss, velocity,, power handling dan erp
« Jawab #12 pada: November 01, 2010, 02:45:35 PM »
mohon pencerahan pak mahmud ........apakah panjang kabel x 1/2 lmda* vilfactor berlaku untuk semua jenis tipe antenna,1/2 lmda,5/8 lamda atau 1lamda,......? atau rumus pd lamda kabel mengikuti model tipe antenna.......? terimakasih sebelumnya....?

Secara teori panjang coax untuk jumper maka 1/2 lamda X velocity, misal RG8 tengahnya serabut,  frekuensi 100Mhz maka (((300/100)/2*.66) hasilnya 99cm bila dikalikan 30 maka menghasilkan 29.70m, tetapi pada kenyataannya mungkin lebih atau kurang dari 29.7M
bisa saja jadi 29.55m atau 29.80m, mengingat coax tsb belum tentu flat impedansinya dari ujung sd ujung.

Rumus tsb berlaku untuk semua jenis coax, antenanya terserah antena apa pun tak jadi masalah.

Offline bondanpepi

  • Sr. Member
  • ******
  • Tulisan: 303
  • berbagi ilmu hal yg tdk salah
Re:Segala sesuatu tentang Coax, Loss, velocity,, power handling dan erp
« Jawab #13 pada: November 01, 2010, 03:23:14 PM »
ok makasih om .... !!! tp om klo sudah terpasang terus mecingnya agak turun dikit dr frek yg dikehendaki bisa tidak dipotong dikit kabelnya untuk kejar mechingnya...? he,...he,... banyak tanya om......!

Offline Machmud

  • Moderator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1245
Re:Segala sesuatu tentang Coax, Loss, velocity,, power handling dan erp
« Jawab #14 pada: November 01, 2010, 03:25:51 PM »
Ya... tinggal potong saja untuk mathing-nya