Penulis Topik: Pemancar mini (VCO) Ronica 88-108 MHz untuk pemula  (Dibaca 25699 kali)

0 Anggota dan 2 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline isurganteng

  • Isurganteng
  • Administrator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 2610
  • Keseharianku Melawan Waktu
    • Keseharianku Melawan Waktu
Re:Pemancar mini (VCO) Ronica 88-108 MHz untuk pemula
« Jawab #60 pada: Januari 27, 2010, 02:00:42 AM »
marcos :
kalo pake pcb ronika ato pun yang lainnya yang pake 2 paralel dan 4 paralel ntu harus bener2 teliti dengan komponennya ... karena yang di tata letak ntu ngga bener ... yang gambar transistor di bolak balik nilai r dikurang2 ... sedikit refisi aja dari pcbnya ... untuk transistor untuk fcs9018 ntu letaknya sama hadap kedepan dengan transistor c930 .. kebalikan dari tata letak fcs9018, trus nilai 1k5 sebenarnya 15k yG lain bener... usahakan bikin osc aja dulu ... gunakan 2 lilit jangan 3 lilit ... untuk l1 nya pake koker besar bole ato kecil juga bole... kalo masi belum masuk di radio fm coba pegang2 aja bagian lilitan ... ada tak lewat frekwensinya ... kalo ada lewat ... berarti osc dah jalan cuma tinggal mempaskan saja lilitan dan feritnya pada koker nya ...

jangan lupa untuk penguat c930 pada outputny dipasang resistor 47ohm ato 2x100ohm 1/4 atao 1/2watt carbon. .. biar ngga pedot .... demikian sekilas info //// ,mo tambahin. ... monggo .........
gdshost.net
ym : yadi_arfm
Isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdshost.net

Offline macross

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 39
  • I Am The Lone Fighter
Re:Pemancar mini (VCO) Ronica 88-108 MHz untuk pemula
« Jawab #61 pada: Januari 28, 2010, 07:05:10 PM »
Salam.....

Kang marconist :
Kristal di doubler gmn caranya yah.......
sudah beberapa kali dilihat dan dibaca masih belum mengerti juga tetang PLL dan heterodyne... :'( :'(
...sedih deh.... kayaknya harus nyari buku dulu neeh yg membahas masalah itu...
ada referensi ngga ya untuk ini....

Kang andygaz21 :
aduh sayang sekali kang masalahnya sudah beli rangkaian ronica duluan baru kita ketemu Forum ini...
but its ok lain kali kita minta referensi ama juragan-juragan dulu deh
saturn S083 ya Hm... I keep that in mind untuk semester depan...

Kang Isurganteng :
untuk resistor 1,5K memang betul nilainya berkurang insyaalllah malam ini akan diganti komponennya sudah kita beli siang ini
untuk transistor 9018 klo melihat rangkaiannya dan dibandingkan dengan layout PCBnya sepertinya sudah betul... kaki kolektor bertemu dengan kaki koker, tapi saya coba untuk kita putar ulang transistornya
Saya coba ikuti saran kang isur, malam ini  saya coba fokus di osilatornya dan untuk penguatnya sudah saya lepas induktornya

BTW saya tadi beli koker khusus FM ( kata yg jual seeh tadi ), koker dengan pak kaleng tp kakinya banyak sekali ya apa ini bisa kita pake buat tunning juga???

trims berat sebelumnya untuk juragan-juragan yang sudah meluangkan waktunya buat bantu saya

Offline isurganteng

  • Isurganteng
  • Administrator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 2610
  • Keseharianku Melawan Waktu
    • Keseharianku Melawan Waktu
Re:Pemancar mini (VCO) Ronica 88-108 MHz untuk pemula
« Jawab #62 pada: Januari 29, 2010, 04:39:43 AM »
kaki fcs9018 tampak depan EBC kalo terbalik pasti tak idup ... kalo ragu dapat juga pake c930 sebagai oscilatornya ...

kalo saia si lebih enak beli koker ferrit 8mm... lalu dililit kawat 0,6 sebanyak 2 lilit .. kalo 3 lilit untuk frekwensi bawah ...

demikian sekilas info .. kalo ada mo tambah... silahin........
gdshost.net
ym : yadi_arfm
Isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdshost.net

Offline andygaz21

  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 518
  • Adventure is a good teacher
    • trutorial elektro
Re:Pemancar mini (VCO) Ronica 88-108 MHz untuk pemula
« Jawab #63 pada: Januari 29, 2010, 09:51:30 PM »
kalau menurut saya sih untuk rangkaian satrun S-083 dan ronica digabung aja buat semester yang sekarang trus buat yang semester depan atau semester berikutnya ganti PLL VERONICA mantep tu ya gak ;D ;D ;D

Offline isurganteng

  • Isurganteng
  • Administrator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 2610
  • Keseharianku Melawan Waktu
    • Keseharianku Melawan Waktu
Re:Pemancar mini (VCO) Ronica 88-108 MHz untuk pemula
« Jawab #64 pada: Pebruari 01, 2010, 12:15:42 AM »
wah ,,, lengkep banget ne warong mpok ... ampun dech ...
gdshost.net
ym : yadi_arfm
Isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdshost.net

Offline macross

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 39
  • I Am The Lone Fighter
Re:Pemancar mini (VCO) Ronica 88-108 MHz untuk pemula
« Jawab #65 pada: Pebruari 01, 2010, 09:07:00 AM »
Salam....

Juragan-juragan semua ....
it works.......it works.........

setelah mengikuti semua tehnik juragan-juragan
pemancarnya sudah berkerja untuk sementara infonya adalah sebagai berikut

Masalahan 1 : transistor FCS9018 terbalik ( Spesial thanks untuk kang isur ganteng )
Masalahan 2 : kokernya ternyata memakai 8mm dengan 3 lilitan  ( Spesial thanks untuk kang isur ganteng lagi dan kang andygaz )

Problem solver
Masalah 1  : transistor FCS9018 sudah dibalik mengikuti transistor C930
Masalah 2  : koker 8mm mengunakan 2 lilitan

Informasi terakhir spesifikasi pemancarnya
1. frekuensi kerja 88,85 MHz ( tuning dengan radio penerimanya nokia 1200 )
2. range 10 meter ( interferensi dengan frekuensi radio komersial yg lain )
3. diameter selenoida pada lilitan koker 0.2mm
4. Noise terlalu besar ( kurang begitu jernih )

oh ya terima kasih juga buat marconist untuk masalah info heterodyne

untuk andygaz21 ( nice idea  :D ) cuma saya di target untuk semester ini anak2 SMP itu harus buat Power supply, Transmitter FM dan Receiver FM (veronika juga neeh, sudah dibeli 1 paket ama pemancar soalnya  ;D ) . mungkin saya buat dulu untuk yang PLL ( rencana pake IC BH1417, kang andygaz21 bisa ceritakan kenapa idenya pake PLL veronika??? ) klo PLLnya sudah berjalan mungkin saya ajukan untuk semester depan.

untuk mbok markonah saya cari dulu ya di glodok untuk kristal 100MHz  ;D , saya seeh minat tp mo sekalian ama IC BH1417 ( di mbok markonah 115 rebu ya.... mantap juga tuh harganya), mo cari harga yang terendah dulu, soalnya seperti biasa orang-orang indonesia keterbatasan cuma 1 yaitu dana.....dana....dan dana mbok....

trims sekali lagi untuk bantuannya

Offline andygaz21

  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 518
  • Adventure is a good teacher
    • trutorial elektro
Re:Pemancar mini (VCO) Ronica 88-108 MHz untuk pemula
« Jawab #66 pada: Pebruari 09, 2010, 02:08:13 PM »
veronika dari segi rangkaiannya cukup simpel dan mudah di pahami tetapi itu produk jadul masih pake dipswit jadi otomatis kalau pindah frekwensi jadi ribet. oya mbok markonah untuk nasi pecel di mbok markonah sebungkus berapa yaa?....... ??? ??? ???

Offline STL

  • Oversea Member
  • Full Member
  • *****
  • Tulisan: 113
Re:Pemancar mini (VCO) Ronica 88-108 MHz untuk pemula
« Jawab #67 pada: Pebruari 10, 2010, 10:25:00 AM »
            Veronika .....(Audio) Voice gradually and  PCB  big  / Mono , IC-  74ALS74  and  TR RF AMP  (2N4427 ,2SC1947 , 2N3866 ,2SC3053 ,2SC1970, 2S
C1971)  in Thailand   find difficult equipment , Even  varicap

            Transmitter will not at all.


                       STL
           FM MPX 105.00 MHZ
                   THAILAND




Offline andygaz21

  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 518
  • Adventure is a good teacher
    • trutorial elektro
Re:Pemancar mini (VCO) Ronica 88-108 MHz untuk pemula
« Jawab #68 pada: Pebruari 10, 2010, 10:59:27 AM »
maybe in Thailand can be difficult but if in Indonesia is still a lot of Veronika and to use such material in the transistor is still easy to find in stores electronics components. we are here more often used as a The final 2SC1947 transistors. and achieve 1W output power.
but in some areas of Indonesia may also be difficult to get it, because Veronika own products obsolete, because the average person to switch to digital systems microcontroller.

Offline isurganteng

  • Isurganteng
  • Administrator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 2610
  • Keseharianku Melawan Waktu
    • Keseharianku Melawan Waktu
Re:Pemancar mini (VCO) Ronica 88-108 MHz untuk pemula
« Jawab #69 pada: Pebruari 12, 2010, 01:02:52 AM »
iki topik ronika bukan veronika ... udah buka sana topik veronika ...  :-\
gdshost.net
ym : yadi_arfm
Isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdshost.net

Offline STL

  • Oversea Member
  • Full Member
  • *****
  • Tulisan: 113
Re:Pemancar mini (VCO) Ronica 88-108 MHz untuk pemula
« Jawab #70 pada: Pebruari 12, 2010, 11:41:01 AM »
 
   Hello...all
   Thank you very much. microcontroller IC Sales are very expensive. Frequency is often distorted.  Sometimes asked clapping like chicken. The use of dip- switch. No problem.  Varicap  BB204 ....... The number BB105 instead make noise. But frequency is not locked. 
    You... andygaz21  .... have a  encoder stereo . To do some other good audio.   Suggest some.


    Thank you..

        STL

Offline STL

  • Oversea Member
  • Full Member
  • *****
  • Tulisan: 113
Re:Pemancar mini (VCO) Ronica 88-108 MHz untuk pemula
« Jawab #71 pada: Pebruari 12, 2010, 11:51:49 AM »
Now....I use this circuit. Sent in 45-watt.

http://www.jonasbairros.xpg.com.br/transmissores%20de%20fm/transmissor%20de%20fm%20stereo%20pll/transmissor%20de%20fm%20stereo%20pll.htm

 
in Circuit  wrong..... L1  and  IC3   , Must be  edit new, Change encoder stereo (use BH1417F)  ....audio  OK OK OK




Offline andygaz21

  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 518
  • Adventure is a good teacher
    • trutorial elektro
Re:Pemancar mini (VCO) Ronica 88-108 MHz untuk pemula
« Jawab #72 pada: Pebruari 12, 2010, 01:22:13 PM »
stereo encoder that I mostly buy directly so think about the price Rp.250.000, 00 Kwalitasnya already very good sound produced is very good. when assembling itself even loss, because assembling themselves together to buy direct so nearly the same expiration and assemble their own if it is not necessarily satisfying.

Offline andygaz21

  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 518
  • Adventure is a good teacher
    • trutorial elektro
Re:Pemancar mini (VCO) Ronica 88-108 MHz untuk pemula
« Jawab #73 pada: Pebruari 12, 2010, 01:23:52 PM »
sory kang isur keceplosan ngomongin veronika

Offline STL

  • Oversea Member
  • Full Member
  • *****
  • Tulisan: 113
Re:Pemancar mini (VCO) Ronica 88-108 MHz untuk pemula
« Jawab #74 pada: Pebruari 12, 2010, 04:03:24 PM »
  ;D  Thank you  very much.    ;D