Penulis Topik: RADIO PANCAR ULANG  (Dibaca 9711 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Real

  • Moderator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 642
  • All about real life
Re:RADIO PANCAR ULANG
« Jawab #15 pada: Agustus 25, 2010, 03:34:49 PM »
RPU (RADIO PANCAR ULANG) emang gelap tapi dibolehkan karena frequensi yg dipakai dibawah 87,5

Bukan dibolehkan kali mas, tapi belum ketahuan......  ;)
Kalau menurut saya sih, balmon Jogja enak.... sejauh yang saya kenal sih....
Sayang gak bisa dengerin, gak punya receiver dibawah 87,5 MHZ  :(

Offline Pancaroba[$]

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 161
  • Hanya untuk Pribadi tidak untuk umum,:hammer:
Re:RADIO PANCAR ULANG
« Jawab #16 pada: Agustus 25, 2010, 04:22:06 PM »

Bukan dibolehkan kali mas, tapi belum ketahuan......  ;)
Kalau menurut saya sih, balmon Jogja enak.... sejauh yang saya kenal sih....
Sayang gak bisa dengerin, gak punya receiver dibawah 87,5 MHZ  :(
kayanya jg gitu mas..
haha..krn blm tercium aparat saja.. ;D
kl udh tercium.bkl jadi ladang...hahaha ;D
lreceiver dibawah 87Mhz kan bisa di buat gan..pake LA1260 itu,trs tunernya di kopel pke kapasitor.ntr freq nya turun jauh kok.

Offline Niel

  • Sr. Member
  • ******
  • Tulisan: 413
Re:RADIO PANCAR ULANG
« Jawab #17 pada: Agustus 25, 2010, 04:33:07 PM »
Memangnya frek. 87.5 kebawah bisa digunakan secara bebas ya... setahu saya 2.4Ghz saja yang masih di ijinkan bebas.

Offline Real

  • Moderator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 642
  • All about real life
Re:RADIO PANCAR ULANG
« Jawab #18 pada: Agustus 25, 2010, 04:34:24 PM »
lreceiver dibawah 87Mhz kan bisa di buat gan..pake LA1260 itu,trs tunernya di kopel pke kapasitor.ntr freq nya turun jauh kok.
Iya dulu aku juga breaker tapi bukan di Sleman, Di Karanganyar sana dan sekarang Tunerpun sudah gak punya hehehehe. Kapan2 deh ngrakit, pengen juga nyoba ngebreak di Jogja  :)

Offline Pancaroba[$]

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 161
  • Hanya untuk Pribadi tidak untuk umum,:hammer:
Re:RADIO PANCAR ULANG
« Jawab #19 pada: Agustus 25, 2010, 04:42:48 PM »
Memangnya frek. 87.5 kebawah bisa digunakan secara bebas ya... setahu saya 2.4Ghz saja yang masih di ijinkan bebas.

setau saya ga sih...
dari dulu main pemancar FM allhmdllh saya ga kena "GARUKAN"
tapi udh pernah denger ada yg kena,tp itu karena mereka buat radio komunitas,jadi pemancar FM nya ga buat ngebrik tp bt siaran gitu..

Iya dulu aku juga breaker tapi bukan di Sleman, Di Karanganyar sana dan sekarang Tunerpun sudah gak punya hehehehe. Kapan2 deh ngrakit, pengen juga nyoba ngebreak di Jogja  :)

silahkan gan...
ngebrik tu paling asik pokoknya..
ga bakal di telan jaman..haha  ;D

Offline Niel

  • Sr. Member
  • ******
  • Tulisan: 413
Re:RADIO PANCAR ULANG
« Jawab #20 pada: Agustus 25, 2010, 07:48:18 PM »
Ada sensasi tersendiri jika ngebrik dengan perangkat buatan sendiri. Sayangnya didaerah kami yg minat elektronik jarang. Pernah ngbrik di 2 meteran sudah gulung antena semua. Semua pada beralih ke HP dengan tarif murahnya. Sebaiknya pindah aja ke Pulau jawa ya :)

garciass gathool

  • Pengunjung
Re:RADIO PANCAR ULANG
« Jawab #21 pada: Agustus 25, 2010, 07:49:40 PM »
tahun 2000an breaker fm banyak yg kena.skrng kl komunitas paling2 cuman didata doang.saya dulu jg pernah kampiran koq!!!

Offline Pancaroba[$]

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 161
  • Hanya untuk Pribadi tidak untuk umum,:hammer:
Re:RADIO PANCAR ULANG
« Jawab #22 pada: Agustus 25, 2010, 08:05:09 PM »

garciass gathool

  • Pengunjung
Re:RADIO PANCAR ULANG
« Jawab #23 pada: Agustus 25, 2010, 08:17:57 PM »

Offline Machmud

  • Moderator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1245
Re:RADIO PANCAR ULANG
« Jawab #24 pada: Agustus 25, 2010, 09:30:28 PM »
Kembali ke topiq semula
Jadi bagaimana cara kerjanya RPU ini? dan p[erangkat apa saja yang dibutuhkan ?
Sbb ini kan RPU di FM bukan di 2meter band, kalau di 2 meter band banyak sekali
rangkaian RPU di google, tapi di FM tidak ada.


Offline Kang Paimo

  • Sr. Member
  • ******
  • Tulisan: 296
Re:RADIO PANCAR ULANG
« Jawab #25 pada: Agustus 26, 2010, 06:01:45 AM »
Ya betul pak Machmud , rangkaiannya seperti itu. Untuk kedua antenna sebaiknya terpisah secara
vertikal (atas bawah ) agar isolationnya (tidak saling mengganggu satu sama lain) semakin bagus.
Bisa sih pakai satu antenna TX dan RX tapi ya harus dipasang duplexer. Frequency separation/duplex separationnya di eksperimen sampai RX nya sedikit mungkin terganggu oleh TX.
Saya sendiri belum pernah coba di frekuensi itu , tapi di 2 meter pernah merangkai dari dua buah HT. Relay DC atau rangkaian pengontrol ( COR, carrier operated relay ) dihubungkan ke kedua HT tsb melalui jack mic dan speaker.

Offline dudung

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 16
Re:RADIO PANCAR ULANG
« Jawab #26 pada: Agustus 27, 2010, 09:13:22 PM »
RPU (RADIO PANCAR ULANG) emang gelap tapi dibolehkan karena frequensi yg dipakai dibawah 87,5

Bukan dibolehkan kali mas, tapi belum ketahuan......  ;)
Kalau menurut saya sih, balmon Jogja enak.... sejauh yang saya kenal sih....
Sayang gak bisa dengerin, gak punya receiver dibawah 87,5 MHZ  :(
satu tahun yang lalu RPU jogja freq 85,5 mhz mengadakan acara ulang tahun RPU. terus mengundang dari pihak balmon yang sekaligus memberi sambutan katanya kalau hanya untuk brik - brikan itu dibolehkan asalkan dibawah 87,5 mhz

Offline dudung

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 16
Re:RADIO PANCAR ULANG
« Jawab #27 pada: Agustus 27, 2010, 09:21:04 PM »
Ya betul pak Machmud , rangkaiannya seperti itu. Untuk kedua antenna sebaiknya terpisah secara
vertikal (atas bawah ) agar isolationnya (tidak saling mengganggu satu sama lain) semakin bagus.
Bisa sih pakai satu antenna TX dan RX tapi ya harus dipasang duplexer. Frequency separation/duplex separationnya di eksperimen sampai RX nya sedikit mungkin terganggu oleh TX.
Saya sendiri belum pernah coba di frekuensi itu , tapi di 2 meter pernah merangkai dari dua buah HT. Relay DC atau rangkaian pengontrol ( COR, carrier operated relay ) dihubungkan ke kedua HT tsb melalui jack mic dan speaker.
biar jangkauannya bisa jauh kebanyakan pada dipasang di pegunungan

Offline Kang Paimo

  • Sr. Member
  • ******
  • Tulisan: 296
Re:RADIO PANCAR ULANG
« Jawab #28 pada: Agustus 28, 2010, 07:38:40 AM »
satu tahun yang lalu RPU jogja freq 85,5 mhz mengadakan acara ulang tahun RPU. terus mengundang dari pihak balmon yang sekaligus memberi sambutan katanya kalau hanya untuk brik - brikan itu dibolehkan asalkan dibawah 87,5 mhz
Balmon itu kan fungsinya seperti polisi lalu lintas , kalau ada sopir yang ketahuan nggak pakai SIM ya harus ditilang.

Offline ridho

  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1102
  • http://ridho26.blogspot.com/
    • Elektronika Plus
Re:RADIO PANCAR ULANG
« Jawab #29 pada: Agustus 29, 2010, 11:37:01 PM »
we... mas dudung tho,,, pye rpu ne pak gareng??
hehe,,, iseh rame?