Penulis Topik: Penerima FM stereo mengunakan LA1260 dan LA3361  (Dibaca 27449 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline purwanto-amm

  • Administrator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1064
  • Nikola Tesla
    • purwanto-apriana
Penerima FM stereo mengunakan LA1260 dan LA3361
« pada: Pebruari 03, 2010, 05:00:04 PM »
Rangkaian penerima FM ini hasil rancang ulang dari Kit-Kit yg sering dijual di pasaran dengan datasheets IC LA1260 dan LA3361 sehingga menurut saya menghasilkan suara stereo yang lebih bagus... :D

INI rangkaian nya...


Setelah semuanya dirakit ke PCB


bila ada yang salah salah maaf ya.... maklum baru newbie... :D
« Edit Terakhir: Pebruari 03, 2010, 07:10:55 PM oleh purwantoamm »

Offline isurganteng

  • Isurganteng
  • Administrator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 2602
  • Keseharianku Melawan Waktu
    • Keseharianku Melawan Waktu
Re:Penerima FM stereo mengunakan LA1260 dan LA3361
« Jawab #1 pada: Pebruari 03, 2010, 09:31:51 PM »
FM tuner banyak yang jual disana ya gan ??? disini ngga da ... Hikz   :(
gdshost.net
ym : yadi_arfm
Isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdshost.net

Offline purwanto-amm

  • Administrator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1064
  • Nikola Tesla
    • purwanto-apriana
Re:Penerima FM stereo mengunakan LA1260 dan LA3361
« Jawab #2 pada: Pebruari 04, 2010, 09:56:34 AM »
Kalo FMTuner nya sudah jarang yg jual, tapi kalo yg sudah jadi KIT banyak yg jual

keong

  • Pengunjung
Re:Penerima FM stereo mengunakan LA1260 dan LA3361
« Jawab #3 pada: Pebruari 05, 2010, 09:25:48 AM »
kalau kit fm tuner yang masih asli dari toko suaranya tidak stereo harus dirubah dulu
1.kondensator 650pf dicabut
2penguat tr  c829 dan R yang terhubung dengan tr c829 dicabut ,terus output LA1260 elco10UF DAN input LA3361 elco 22uf .out dan input diseri kondensator 100NF
3.AFC pada fm tuner diseri resistor 1M ke bodi tuner atau ke ground.

Offline purwanto-amm

  • Administrator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1064
  • Nikola Tesla
    • purwanto-apriana
Re:Penerima FM stereo mengunakan LA1260 dan LA3361
« Jawab #4 pada: Pebruari 07, 2010, 08:22:48 AM »
kalau kit fm tuner yang masih asli dari toko suaranya tidak stereo harus dirubah dulu
1.kondensator 650pf dicabut
2penguat tr  c829 dan R yang terhubung dengan tr c829 dicabut ,terus output LA1260 elco10UF DAN input LA3361 elco 22uf .out dan input diseri kondensator 100NF
3.AFC pada fm tuner diseri resistor 1M ke bodi tuner atau ke ground.


Pada LA3361 Kaki 8 juga harus diberi resistor 1K ato biar gampang ngeset nya pake trimpot, biasanya kalo yang KIT yang sudah jadi Kaki 8 dihubung ke ground efeknya suaranya makin keras tp stereonya jadi ilang

Offline purwanto-amm

  • Administrator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1064
  • Nikola Tesla
    • purwanto-apriana
Re:Penerima FM stereo mengunakan LA1260 dan LA3361
« Jawab #5 pada: Pebruari 07, 2010, 08:35:16 AM »
FM tuner banyak yang jual disana ya gan ??? disini ngga da ... Hikz   :(

Kalo FMtuner-nya susah dicari bisa bikin rangkaian FM FrondEnd, coba cek ke datasheets LA1185 Dari SANYO ato TA7358 dari TOSHIBA di www.datasheetcatalog.com atao situs resmi pembuat IC tersebut biasanya pada datasheets-nya sudah ada contoh rangkaiannya, tingal dicoba ok ;)

Offline andygaz21

  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 518
  • Adventure is a good teacher
    • trutorial elektro
Re:Penerima FM stereo mengunakan LA1260 dan LA3361
« Jawab #6 pada: Pebruari 09, 2010, 10:30:29 AM »
bozz itu kalo tuner di ganti tuner uhf kira kira reaksinya gimana ya?....

keong

  • Pengunjung
Re:Penerima FM stereo mengunakan LA1260 dan LA3361
« Jawab #7 pada: Pebruari 09, 2010, 08:45:35 PM »
bisa suara tv masuk tapi  tidak bisa stereo!!

Offline jeplie

  • Sr. Member
  • ******
  • Tulisan: 347
Re:Penerima FM stereo mengunakan LA1260 dan LA3361
« Jawab #8 pada: Pebruari 16, 2010, 02:18:04 PM »
kalau kit fm tuner yang masih asli dari toko suaranya tidak stereo harus dirubah dulu
1.kondensator 650pf dicabut
2penguat tr  c829 dan R yang terhubung dengan tr c829 dicabut ,terus output LA1260 elco10UF DAN input LA3361 elco 22uf .out dan input diseri kondensator 100NF
3.AFC pada fm tuner diseri resistor 1M ke bodi tuner atau ke ground.


saya sempat make FM tuner kit2an ic LA1260&LA3361
Nurut saya udah stereo bngt, jd ga perlu dimodif lg....
(Mgkn beda produsen)
Kepekaan penerimaan jg imbang2 dgn fm tuner build up.
Bedanya cuma dikebeningan audio.
Nurut saya sich....
Lanjutt Maaank.....

Offline cahkeyen

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 104
    • ELEKTRONIKA
Re:Penerima FM stereo mengunakan LA1260 dan LA3361
« Jawab #9 pada: Maret 18, 2010, 10:31:24 AM »
mang mas purwnto tinggal dmn?ko msh da tuner yg ky gitu.

Offline VPDX

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 184
    • MARS TEAM
Re:Penerima FM stereo mengunakan LA1260 dan LA3361
« Jawab #10 pada: Maret 20, 2010, 07:39:11 PM »
Di tempatku <jepara> masih banyak kok,yang jual tuner fm,pcb <mono/stereo>, komponennya<IC,R,C,transfomator,dll> ada juga yang udah jadi alias kit-kitan....... Ada yang tau ngak komponen yang kakinya 3 yang berada pada kaki la1260 nomor 9 ......itu namanya apa?.......Fungsinya apa?...........
I LOVE ELEKTRONIKA

THE MARCONIST

  • Pengunjung
Re:Penerima FM stereo mengunakan LA1260 dan LA3361
« Jawab #11 pada: Maret 20, 2010, 10:51:28 PM »
Di tempatku <jepara> masih banyak kok,yang jual tuner fm,pcb <mono/stereo>, komponennya<IC,R,C,transfomator,dll> ada juga yang udah jadi alias kit-kitan....... Ada yang tau ngak komponen yang kakinya 3 yang berada pada kaki la1260 nomor 9 ......itu namanya apa?.......Fungsinya apa?...........
Itu adalah Filter 10,7 Mhz, bisa Ceramic mechanical atau Crystal. Fungsinya adalah sebagai pass band filter, hanya untuk melewatkan frekwensi itu saja dengan bandwidth tertentu.

Offline cahkeyen

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 104
    • ELEKTRONIKA
Re: Penerima FM stereo mengunakan LA1260 dan LA3361
« Jawab #12 pada: April 01, 2010, 09:33:11 AM »
mas2, mbak2, para senior... gimana ya caranya merubah frekwency penerimaan seperti rangkaian diatas, supaya bisa frekwensinya di bawah 88 Mhz? aq pernah coba dibawah 88Mhz, kualitas penerimaan jadi beda, alias ga peka lagi. yang perlu dirubah bagian mana lagi ya? aq merubah frek-nya di bagian tunernya (yang bentuk silinder itu di di puter2 baut asnya). tnx..

Offline ridho

  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1101
  • http://ridho26.blogspot.com/
    • Elektronika Plus
Re: Penerima FM stereo mengunakan LA1260 dan LA3361
« Jawab #13 pada: April 01, 2010, 12:43:41 PM »
mas2, mbak2, para senior... gimana ya caranya merubah frekwency penerimaan seperti rangkaian diatas, supaya bisa frekwensinya di bawah 88 Mhz? aq pernah coba dibawah 88Mhz, kualitas penerimaan jadi beda, alias ga peka lagi. yang perlu dirubah bagian mana lagi ya? aq merubah frek-nya di bagian tunernya (yang bentuk silinder itu di di puter2 baut asnya). tnx..
tak bantuin njawab itung2 mbantun tugas momod

bisa dengan memutar trimer yang ada di tuner
tapi saya tidak anjurkan

dibuka tunernya
tu seng gembreng
trus tabung yang paling atas dikopel c 4p atau 5p atau 6p
makin besar makin bergeser ke bawah
nah karena 3 tabung itu saling mempengaruhi kerjanya
pasti budek alias nggak peka
butuh kapasitor untuk mengopel trimer tengah dan yang paling bawah
kalau pengen enak km beli trimer plasrik aja yang harganya 1rbuan
belinya 2 ya
20 juga boleh ntar dikasih aku
hahahaaaaa   :D
setelah trimer sudah ditempel
kamu cari sinyal paling lemah
atau antena cuma dikasih kabel 5 cm aja
ntar kamu tuter yang tengah sampai kedengaran sinyalnya
saya sarankan kamu kasih VU sinyal di radio biar bisa maksimal
cuma gresek VU ma transistor 828 atao sejenis gampang mah
abis yeng tengah udah
trimer yang bawah diputer
dapatkan yang paling jernih
itu dah bagus
dah sip kalo buat ngebrik
korek
kalo pengen peka lagi bisa
tapi itu dah cukup kok

Offline purwanto-amm

  • Administrator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1064
  • Nikola Tesla
    • purwanto-apriana
Re: Penerima FM stereo mengunakan LA1260 dan LA3361
« Jawab #14 pada: April 02, 2010, 08:30:42 PM »
mas2, mbak2, para senior... gimana ya caranya merubah frekwency penerimaan seperti rangkaian diatas, supaya bisa frekwensinya di bawah 88 Mhz? aq pernah coba dibawah 88Mhz, kualitas penerimaan jadi beda, alias ga peka lagi. yang perlu dirubah bagian mana lagi ya? aq merubah frek-nya di bagian tunernya (yang bentuk silinder itu di di puter2 baut asnya). tnx..
tak bantuin njawab itung2 mbantun tugas momod

bisa dengan memutar trimer yang ada di tuner
tapi saya tidak anjurkan

dibuka tunernya
tu seng gembreng
trus tabung yang paling atas dikopel c 4p atau 5p atau 6p
makin besar makin bergeser ke bawah
nah karena 3 tabung itu saling mempengaruhi kerjanya
pasti budek alias nggak peka
butuh kapasitor untuk mengopel trimer tengah dan yang paling bawah
kalau pengen enak km beli trimer plasrik aja yang harganya 1rbuan
belinya 2 ya
20 juga boleh ntar dikasih aku
hahahaaaaa   :D
setelah trimer sudah ditempel
kamu cari sinyal paling lemah
atau antena cuma dikasih kabel 5 cm aja
ntar kamu tuter yang tengah sampai kedengaran sinyalnya
saya sarankan kamu kasih VU sinyal di radio biar bisa maksimal
cuma gresek VU ma transistor 828 atao sejenis gampang mah
abis yeng tengah udah
trimer yang bawah diputer
dapatkan yang paling jernih
itu dah bagus
dah sip kalo buat ngebrik
korek
kalo pengen peka lagi bisa
tapi itu dah cukup kok

yang paling gampang lilitanya diperbanyak,....