Penulis Topik: Ampere 0 tapi lampu LED menyala...  (Dibaca 1678 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline bagusoft

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 4
Ampere 0 tapi lampu LED menyala...
« pada: September 08, 2013, 09:36:34 PM »
Gan ane newbi di dunia elektro, ane coba2 eksperimen bt energi alternatif pake air..
Alhasil, voltase yg dihasilkan 29.1 volt dg multitester digital... dan lampu LED bisa nyala tapi kurang terang, trus ane cek aperenya ternyata nilainya 0 (nol).
Pertanyaan ane, gimana caranya biar amperenya bisa ditambah/tidak 0 (nol)...???
Ane dah pake joule thief (liat di youtube) alhasil terang dikiiiit banget...
Please kasih solusi dong... thanks  ;) :D

Offline zia

  • Administrator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 628
Re:Ampere 0 tapi lampu LED menyala...
« Jawab #1 pada: September 08, 2013, 10:55:48 PM »
energinya yang kurang besar.
soal arus/tegangan bisa dikonversi.

Offline bagusoft

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 4
Re:Ampere 0 tapi lampu LED menyala...
« Jawab #2 pada: September 09, 2013, 04:38:21 PM »
Gimana caranya menambah energinya gan?  :-\

Offline zia

  • Administrator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 628
Re:Ampere 0 tapi lampu LED menyala...
« Jawab #3 pada: September 10, 2013, 08:52:15 AM »
emang airnya diapain agar berubah jadi listrik?
dipanasin atau gravitasi?

Offline ken

  • Global Moderator
  • Sr. Member
  • ********
  • Tulisan: 408
Re:Ampere 0 tapi lampu LED menyala...
« Jawab #4 pada: September 12, 2013, 06:18:56 PM »
Tdk mungkin lah ada tegangan tanpa arus. Minimal waktu ukur tegangan pakai voltmeter saja pasti akan narik arus meski hanya nanoAmpere (volt meter impedansi tinggi). Apalagi bisa nyalain lampu led.

Klo mau arunya gede... bikin yg lebih besar lg hehehe

Offline Ayon

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 107
Re:Ampere 0 tapi lampu LED menyala...
« Jawab #5 pada: September 14, 2013, 05:04:07 PM »
coba pake skala miliAmper....

Offline bagusoft

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 4
Re:Ampere 0 tapi lampu LED menyala...
« Jawab #6 pada: September 15, 2013, 08:08:58 PM »
udah pake miliampere... tetep 0.00 ane pake yg digital gan... ane dah coba pake rangkaian joule thief cuma tambah terang dikiiiit banget...
@zia: air gak diapa2in kok... rangkaiannya cuma di celupin air biasa dah bisa nyalain LED... ane dah coba pake air aki, hasilnya per rangkaian menghasilkan 0.5V, pake cuka, 0.5V, pake air jeruk 0.5V, alkohol 70% 0.4-0.5V sedangkan pake air menghasilkan 1.1V.
« Edit Terakhir: September 15, 2013, 11:43:25 PM oleh bagusoft »

Offline zia

  • Administrator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 628
Re:Ampere 0 tapi lampu LED menyala...
« Jawab #7 pada: September 16, 2013, 09:08:23 AM »
ooo....kalo ini lebih ke arah beda potensial, bukan ke arah energi.
kalo energi -> memakai gerakan air, bisa gravitasi (terjun) ataupun tekanan uap.
btw, tujuannya apa? Kalo untuk energi, masih jauh. tapi kalo sekedar beda potensial, bisa.
coba juga pake irisan kentang, beda jenis elektrode, ntar dapet tegangan yang beda2 juga.

Offline bagusoft

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 4
Re:Ampere 0 tapi lampu LED menyala...
« Jawab #8 pada: September 17, 2013, 12:21:37 AM »
Tujuanya sih pengin buat charger hpgan... soalnya klo pake power bank sama aja... harus charge lgi...
Berarti tujuanya energi ya gan?...

Offline erwinmaya

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 14
    • JD
Re:Ampere 0 tapi lampu LED menyala...
« Jawab #9 pada: Juli 22, 2014, 10:25:14 AM »
emang bisa ya, terus airnya itu dalam keadaan tenang atau mengalir

Offline Gondronz

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 1
Re:Ampere 0 tapi lampu LED menyala...
« Jawab #10 pada: Oktober 27, 2015, 08:37:13 PM »
Salam kenal gan, ane newbie mau coba jawab pertanyaan agan.

Dioda itu gak linear, gak seperti resistor sehingga belum tentu  jika tegangannya tinggi, arusnya juga naik sebanding dengan tegangan.

itu tegangannya 29.1 V atau 2.91 volt. Besar amat kalau 29.1 V, diodanya bakal rusak tuh melewati batasnya.

Jadi menurut ane, ada 3 penyebab yang harus ente cek.
1. Cek apakah cara pengukuran arusnya udah betul
2. Cek skala ampere meternya. Kalau di dioda arusnya mA
3. Kalau semuanya udah benar, gak ada nilai arusnya karena arusnya kecil banget dan ingat dioda itu gak linear seperti resistor.

Mohon maaf kalau jawaban ane ada yang salah gan.  :D :D :D :D :D :D :D :D