Penulis Topik: menentukan kualitas elco  (Dibaca 8901 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline ahmadfay

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 143
menentukan kualitas elco
« pada: April 01, 2013, 10:31:20 AM »
berbagai macam merek komponen terutama elco, tetapi yang bikin bingung ada istilah asli dan palsu, bagaimana menentukan kualitas komponen asli apa palsu pada elco terutama dari segi fisik? monggo dishare yang punya pengalaman....
saya adalah seorang murid yang selalu butuh bimbingan guru

Offline ken

  • Global Moderator
  • Sr. Member
  • ********
  • Tulisan: 408
Re:menentukan kualitas elco
« Jawab #1 pada: April 02, 2013, 07:28:38 AM »
Untk meyakinkan ya dipecah / dibongkar.

Offline Machmud

  • Moderator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1253
Re:menentukan kualitas elco
« Jawab #2 pada: April 02, 2013, 01:20:25 PM »
Untk meyakinkan ya dipecah / dibongkar.
Ya begitulah yang betul..... Jangan sampai elco 10.000uf/50v isinya elco 2.200uf/50v
Minimum tidak tertipu ukuran uF nya.....

Offline Busan

  • Sr. Member
  • ******
  • Tulisan: 494
    • My Electronic Collections
Re:menentukan kualitas elco
« Jawab #3 pada: April 02, 2013, 02:42:45 PM »
Untk meyakinkan ya dipecah / dibongkar.
Ya begitulah yang betul..... Jangan sampai elco 10.000uf/50v isinya elco 2.200uf/50v
Minimum tidak tertipu ukuran uF nya.....

Sepertinya pengalaman pribadi nih
RBS FM on

Offline zaboen

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 8
  • Belajar tiada henti
Re:menentukan kualitas elco
« Jawab #4 pada: April 02, 2013, 09:56:10 PM »
bawa C meter ke toko, ukur C..kalo nilainya sesuai baru dibeli... :) :) :)

Offline ken

  • Global Moderator
  • Sr. Member
  • ********
  • Tulisan: 408
Re:menentukan kualitas elco
« Jawab #5 pada: April 03, 2013, 08:06:44 AM »
Sepertinya pengalaman pribadi nih

Hehehehe... Beliau kan (pak bos Cimahi) sudah asin malang melintang didunia per-soderan.  8)

bawa C meter ke toko, ukur C..kalo nilainya sesuai baru dibeli... :) :) :)

Sedangkan klo pakai capacitas tester  hanya bisa mengukur capasitas (farad) dari capasitor.
Tetapi tdk bisa mengukur tegangan capasitor dan watt capasitor.
« Edit Terakhir: April 06, 2013, 10:51:49 AM oleh ken »

Offline Machmud

  • Moderator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1253
Re:menentukan kualitas elco
« Jawab #6 pada: April 03, 2013, 08:16:03 AM »
Pernah diukur pakai c meter ada yang betul 10.000uf diukur diatas sedikit 10.000uf
maklum c mater tak akurat, tapi voltasenya yang ditipu sbb isinya 10.000/35v diganti jadi
10.000uf/50v

Sudah menukarkan puluhan elco 10.000uf tsb. Bukan cari yang murah cuma pas beli
tidak ada yang bagus dan yang ada yang itu, sampai rumah dicek dan isinya palsu
ya dikembalikan lagi dech......

Salut, kemasan luarnya pakai pipa PVC sehingga terasa berat dan meyakinkan, dalamnya
elco kecil he he he.....

Offline ken

  • Global Moderator
  • Sr. Member
  • ********
  • Tulisan: 408
Re:menentukan kualitas elco
« Jawab #7 pada: April 03, 2013, 08:46:32 AM »

Wah klo pakai sleading PVC segala bisa jadi bom C4 jenis baru... ;D ;D


Offline zaboen

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 8
  • Belajar tiada henti
Re:menentukan kualitas elco
« Jawab #8 pada: April 03, 2013, 06:09:53 PM »
hahaha.....ada juga yg cor semen.....
tp sbenarnya kalo dah biasa sih dengan feeling jg bisa keliatan, apalagi kalo dah kenal dgn tokonya....suka ngomong ko yg mana bagong yang mana beneran....

Offline ahmadfay

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 143
Re:menentukan kualitas elco
« Jawab #9 pada: April 06, 2013, 09:41:02 AM »
Untk meyakinkan ya dipecah / dibongkar.
Ya begitulah yang betul..... Jangan sampai elco 10.000uf/50v isinya elco 2.200uf/50v
Minimum tidak tertipu ukuran uF nya.....

Sepertinya pengalaman pribadi nih
ga jd dipake donk....?! hehe
saya adalah seorang murid yang selalu butuh bimbingan guru

Offline ahmadfay

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 143
Re:menentukan kualitas elco
« Jawab #10 pada: April 06, 2013, 09:42:53 AM »
Sepertinya pengalaman pribadi nih

Hehehehe... Beliau kan (pak bos Cimahi) sudah asin malang melintang didunia per-soderan.  8)

Sedangkan klo pakai capacitas tester  hanya bisa mengukur capasitas (farad) dari capasitor.
Tetapi tdk bisa mengukur tegangan capasitor dan watt capasitor.
klo untuk ukur nilai tegangannya gmn? apa perlu dicoba dulu(trial n error)? siap2 sumpet telinga.... hahaha
saya adalah seorang murid yang selalu butuh bimbingan guru

Offline ken

  • Global Moderator
  • Sr. Member
  • ********
  • Tulisan: 408
Re:menentukan kualitas elco
« Jawab #11 pada: April 06, 2013, 11:12:12 AM »
klo untuk ukur nilai tegangannya gmn? apa perlu dicoba dulu(trial n error)? siap2 sumpet telinga.... hahaha

Hahaha.... pokoknya hati-hati, 1000uF aja mending klo hanya ngempes (bocor karetnya) saja,
jika chasingnya melesat bisa kayak meteor... bikin benjol jidat  :)  :)

Klo seringnya ya tetap di pecah kemudian lihat ukuran didalam :
* jika fisik besar kemungkinan kapasitasnya besar.
* kalau kertas kapasitornya berkualitas / tebel dimungkinkan teganganya tinggi.
* dan jika fisik gede, electrolit banyak, dielectrikum banyak, gulungan banyak... dimungkinkan watt-nya gede.
* segera cuci tangan atau basuh air pada kulit yg kena cairanya dan sebelum makan, hehehehe....

Salam
« Edit Terakhir: April 06, 2013, 12:55:02 PM oleh ken »

Offline Awi

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 159
Re:menentukan kualitas elco
« Jawab #12 pada: April 14, 2013, 10:55:47 PM »
coba perhatikan gambar elco (atas dan bawah elco) di www.awipunna.blogspot.com/2011/10/ciri-ciri-elco-bermerk.html

klo beli elco, sesuaikan saja dgn gambar itu :D
aku hanyalah manusia yang tak sempurna

Offline poelietz

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 1
Re:menentukan kualitas elco
« Jawab #13 pada: April 29, 2015, 11:03:57 PM »
di glindingin aj mas, klo glinding nya lancar kmungkinan besar asli mas, tpi klo ndut ndutan Bisa di pastikan Palau.. itu brdasarkan. pengalaman pribadi says mas.

 


Facebook Comments