Penulis Topik: ada yg tahu cara kerja LED infrared dan sensor penerima infrared  (Dibaca 5922 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline tama

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 53
  • BELAJARLAH DARI KESALAHAN YG SDAH DBUAT.! ide1
pengen buat alarm anti maling menggunakan LED infrared dan sensor penerima infrared.
tetapi masih bingung dengan  cara kerja dari kedua alat tersebut  konek1 konek1 ::), bagi para sesepuh KHE mohon bantuan dan panduannya dong buat kelancaran pembuatan tersebut mohon2 mohon2 mohon2

cara kerja alat yg akan dibuat:
LED infrared hidup dan diarahkan langsung ke sensor penerima infrared, nah jika sensor LED infrared yg dipancarkan terhalang membuat sensor penerima bekerja mengubah data dari 0 -> 1 (kalo nggak salah dan nggak lupa) dan kemudian dari data itu menghidupkan/mengalirkan tegangan untuk membunyikan speaker/buzzer dll yg bisa bunyi.
(maaf kalo posting ini soksokan atau bagaimana, hanya ingin mewujudkan angan angan yg sudah lama terpendam)
experience is the best teacher in the world
ide1 ide1 ide1 ide1 ide1

Offline isurganteng

  • Isurganteng
  • Administrator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 2634
  • Keseharianku Melawan Waktu
    • Keseharianku Melawan Waktu
Re:ada yg tahu cara kerja LED infrared dan sensor penerima infrared
« Jawab #1 pada: Mei 25, 2012, 11:43:17 PM »
wah ... sayang blum pernah pake infra red eh ... monggo rkan lain bantuin .. .saya bantuin nyendul e....
gdshost.net
ym : yadi_arfm
tukangsapu.net, isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdsapp.net

Offline Bubun Stupid

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 132
  • Spirit of Undergrounder
Re:ada yg tahu cara kerja LED infrared dan sensor penerima infrared
« Jawab #2 pada: Mei 26, 2012, 11:02:57 AM »
Assalamualaikum Wr Wb.
Halo Om Isurganteng dan Om Tama  dada2   salam kangen aja...

lho, bukannya Om Tama sudah tahu tuh prinsip kerja alatnya, ya...?  cari1

baiklah sekedar nambahin aja, saya pikir cukup ringkas rancangannya Om Tama:
  • Sumber cahaya infra merah dari suatu LED inframerah, biasanya bertegangan 5 Volt ke bawah
  • Modul sensor inframerah, juga bertegangan 5 Volt

kasih catu daya, baik yang LED-IR maupun yang modul sensornya lalu dari jarak dekat tertentu coba arahkan 'berkas cahaya' dari LED-IR ke modul sensornya. silahkan cek tegangan keluaran modul penerima sensor itu pastinya akan aktif rendah (digit 0),  sekarang halangi jarak diantara keduanya seolah berkas inframerah terhalang, ukur lagi keluaran modul penerima sensor yang pastinya berubah menjadi posisi tinggi (digit 1).
 langkah berikutnya  Om Tama tinggal menghubungkan keluaran modul sensor itu ke rangkaian lainnya, misal; Comparator, Trigger, dll sesuai yang dikehendaki.
cobalah lakukan eksperimen itu dari kanibalan bengkel dulu... beneran asik tuh  ide1
kalau ternyata ingin saja beli atau pengen tahu contoh datasheet komponen IR , coba telaah data modul sensor IR berikut:
http://www.dz863.com/downloadpdf-xgmpmpnaxg-TSOP98200.pdf

selamat bersenang-senang bereksperimen.... kalkulasi1


--- Satu karya sederhana jauh lebih berharga dari berjuta kalimat. Segala omong kosong adalah kesia-siaan ---

Offline Awi

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 159
Re:ada yg tahu cara kerja LED infrared dan sensor penerima infrared
« Jawab #3 pada: Mei 26, 2012, 01:31:03 PM »
Assalamualaikum Wr Wb.
.............kasih catu daya, baik yang LED-IR maupun yang modul sensornya lalu dari jarak dekat tertentu coba arahkan 'berkas cahaya' dari LED-IR ke modul sensornya. silahkan cek tegangan keluaran modul penerima sensor itu ...................
maksudnya lednya dikasih tegangan langsung rd catu daya ? ga pake rangkaian lagi kayak remot ?

trus sensor bisa pake sensor IR yg ada di dvd ? out sensor bisa langsung diumpankan k basis tr untuk menghidupkan alarm ?

soalna pengen coba juga buat dioasang di kios :D
aku hanyalah manusia yang tak sempurna

Offline tama

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 53
  • BELAJARLAH DARI KESALAHAN YG SDAH DBUAT.! ide1
Re:ada yg tahu cara kerja LED infrared dan sensor penerima infrared
« Jawab #4 pada: Mei 27, 2012, 11:26:28 AM »
om Awi
saya pengennya malah LED infrarednya dikasi LDR jadi hidup/berfungsi saat malam saja. hehehe
ya intinya seperti yg rekanrekan diatas katakan. :D

nanti akan saya coba bikin , bereksperimen lagi neh. haha
(setelah beli senjata baru) haha :D
experience is the best teacher in the world
ide1 ide1 ide1 ide1 ide1

Offline santrikhosh

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 110
    • mbah latif blog
Re:ada yg tahu cara kerja LED infrared dan sensor penerima infrared
« Jawab #5 pada: Mei 27, 2012, 03:20:31 PM »
coba cari rangkaian lewat mbah google dengan keyword INFRARED BURGLAR ALARM ....
atau cara kerjanya bisa lewat youtube dengan keyword pencarian yang sama... paling tidak kita bisa punya gambaran cara kerjanya.

saya pernah bikin sensor dengan TSOP 1738...dan sesuai dengan pengalaman saya dibutuhkan tegangan stabil 5v dengan regulator. soalnya sebelum tak kasih regulator kadang ngaco...


Offline keoan

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 5
Re:ada yg tahu cara kerja LED infrared dan sensor penerima infrared
« Jawab #6 pada: Maret 17, 2016, 11:33:33 AM »
jadi bisa nyala kalau sudah gelap ya?