Penulis Topik: Tentang Stabilizer Voltage < StaVol >  (Dibaca 7492 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Am@R

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 71
Tentang Stabilizer Voltage < StaVol >
« pada: Desember 22, 2009, 11:32:16 AM »
Maaf ni sebelumnya saya masih awam tentang elektronik..
Saya punya masalah pada stavol saya, yang tidak bisa digunakan. Saya menggunakan jenis stavol yg menggunakan motor. Saya sudah membongkar tuh stavol, pada kit pcb -> relay keluar suara seperti sedang putus - sambung, pada brush karbonnya sebelum mati keluar pecikan api seperti konslet.
Bagi rekan- rekan yang mempunyai informasi & solusi untuk memperbaikinya mohon berbagi ilmu. Karena kl beli baru kan lumayan mahal harganya.   :(
Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,
sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.
dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.

Offline andygaz21

  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 518
  • Adventure is a good teacher
    • trutorial elektro
Re:Tentang Stabilizer Voltage < StaVol >
« Jawab #1 pada: Desember 22, 2009, 11:38:25 AM »
Sorry bro untuk masalah seperti itu saya juga gak ngerti sama sekali. mungkin kang isur ato neng siti tau?.....

Offline isurganteng

  • Isurganteng
  • Administrator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 2608
  • Keseharianku Melawan Waktu
    • Keseharianku Melawan Waktu
Re:Tentang Stabilizer Voltage < StaVol >
« Jawab #2 pada: Desember 22, 2009, 12:08:51 PM »
baru aja kemarin ngobrol2 masalah itu sama teman ... katanya si susah untuk di perbaiki ... alangkah baiknya diganti saja ... cuma karena sayang ntuk di buang .. gunakan saja untuk watt yang kecil .. .seperti lampu ... kadang2 drop listrik kita perlu juga untuk lampu .. .tapi ngga ntuk ac ato kulkas ... hwehwehw kalo secara teknisnya saia kurang tau tuh masalah perbaiki karbonnya ...  mongkin yang lain bisa tambahkan ...
gdshost.net
ym : yadi_arfm
Isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdshost.net

Offline puja

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 14
Re:Tentang Stabilizer Voltage < StaVol >
« Jawab #3 pada: Desember 22, 2009, 04:50:22 PM »
kebetulan ni aku juga mengalami kasus yang sama, pada stavol yang menggunakan motor servo ya istilhnya?...di box tertulis out 220v 5000w, tapi baru tak bebani daya belum sampe 2000 udah keluar percikan api pada brostel..langkah perama mengatasi yaitu mumajukan / mengencangkan brostel ke lilitan dengan scrup di belakangknya, jika brostelsudah habis terkikis jangan dipaksa,usahankan cari yang baru.kemarin saya muter2x se surakarta gak da yang jual brostel macam itu, namun dengan terpaksa saya ganti dengan brostel yang biasanya dipakai untuk gergaji keramik, dengan mengkikir bagian sisinya disesuakan dengan dudukan brostel pada stavol tsb, untuk kasus yanya keluar percikan api saya mencoba itu penyelesaianya, tlong jangan rubah setingan motor servo yang ada di bord bisa naik melebihi 220 brow... mungkin sahabat da yang menambahkan...trimz

rubel

  • Pengunjung
Re:Tentang Stabilizer Voltage < StaVol >
« Jawab #4 pada: Januari 04, 2010, 04:47:19 PM »
kebetulan ni aku juga mengalami kasus yang sama, pada stavol yang menggunakan motor servo ya istilhnya?...di box tertulis out 220v 5000w, tapi baru tak bebani daya belum sampe 2000 udah keluar percikan api pada brostel..langkah perama mengatasi yaitu mumajukan / mengencangkan brostel ke lilitan dengan scrup di belakangknya, jika brostelsudah habis terkikis jangan dipaksa,usahankan cari yang baru.kemarin saya muter2x se surakarta gak da yang jual brostel macam itu, namun dengan terpaksa saya ganti dengan brostel yang biasanya dipakai untuk gergaji keramik, dengan mengkikir bagian sisinya disesuakan dengan dudukan brostel pada stavol tsb, untuk kasus yanya keluar percikan api saya mencoba itu penyelesaianya, tlong jangan rubah setingan motor servo yang ada di bord bisa naik melebihi 220 brow... mungkin sahabat da yang menambahkan...trimz
kalo saya pernah mengalami begini:
gulungan kawat yg muter2, itu udah hitam pada sisinya yg nempel pada output. saya bersihin bagus lagi...

Offline Am@R

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 71
Re: Tentang Stabilizer Voltage < StaVol >
« Jawab #5 pada: Maret 30, 2010, 05:14:52 PM »
OK.. Thank's Rekan-rekan semua , atas pencerahannya.. Semoga akebaikan rekan-rekan dibalas oleh Yang Maha Kuasa.. ;D
Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,
sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.
dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.

THE MARCONIST

  • Pengunjung
Re: Tentang Stabilizer Voltage < StaVol >
« Jawab #6 pada: Maret 30, 2010, 05:16:06 PM »
OK.. Thank's Rekan-rekan semua , atas pencerahannya.. Semoga akebaikan rekan-rekan dibalas oleh Yang Maha Kuasa.. ;D

Amin.......


..
.

irolls

  • Pengunjung
Re:Tentang Stabilizer Voltage < StaVol >
« Jawab #7 pada: April 12, 2010, 03:16:24 PM »
Untuk brush karbon bisa di cari di toko elektronika koq gan. Saya pernah beli. Kalo di pekanbaru ada di Primajaya. cuma kadang mereka ga tau nama standar nya. Bilang aja karbon buat stabilizer yg pake motor. hehehe

Offline achsan

  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1080
Re:Tentang Stabilizer Voltage < StaVol >
« Jawab #8 pada: September 09, 2010, 10:31:21 AM »
kalo sy...... malah saya pakai untuk kulkas ngapa2 tuh........ disini tegangan ngak normal kalo dah jam 4 sore s/d 10 malem. kalo ngak pake stavol malah ngak kuat, anjlok tuh volage...... mcb-nya meteran malah off...... mang di pasaran banyak yang aspal.... cari aja yang khusus komputer yang ada motornya alhamdulillah ngak masalah........ atau yang biasa saya pakai juga sampai sekarang ngak pa2 juga....... (belum kali ya... hehhehe... )    :)   :)   :)

Offline Eko Pur

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 141
Re:Tentang Stabilizer Voltage < StaVol >
« Jawab #9 pada: September 11, 2010, 05:03:07 AM »
Coba mas bersihkan lilitan servonya barang kali kotor kalau ditempatku namane NGEFONG .dibersihin pake amplas yg ukuran kekasarannya 1000 bersihkan sampai benar2 bersih jangan lupa sambil di elap / di kuas kuas sedikit. kalau udah di coba aja jangan lupa cek juga Karbonya  barang kali dah tipis/habis. nyobanya sambil dibebani ya . kalau semisal berhasil jangan lupa tersenyum ya dan bersyukur kepada yang kuasa.....

selamat mencoba semoga berhasil. :D :D :D :D :D

Offline achsan

  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1080
Re:Tentang Stabilizer Voltage < StaVol >
« Jawab #10 pada: September 11, 2010, 06:49:46 PM »
Coba mas bersihkan lilitan servonya barang kali kotor kalau ditempatku namane NGEFONG .dibersihin pake amplas yg ukuran kekasarannya 1000 bersihkan sampai benar2 bersih jangan lupa sambil di elap / di kuas kuas sedikit. kalau udah di coba aja jangan lupa cek juga Karbonya  barang kali dah tipis/habis. nyobanya sambil dibebani ya . kalau semisal berhasil jangan lupa tersenyum ya dan bersyukur kepada yang kuasa.....

selamat mencoba semoga berhasil. :D :D :D :D :D



mantabs... bisa di coba juga nih..... :D   :D   :D

Offline Kang Paimo

  • Sr. Member
  • ******
  • Tulisan: 296
Re:Tentang Stabilizer Voltage < StaVol >
« Jawab #11 pada: September 28, 2010, 03:40:41 PM »
MCB yang terpasang di materan listrik itu adalah pembatas arus , misalnya rumah kita 900 VA maka MCB yang terpasang kapasitasnya 4 Ampere. Itu artinya kalau arus beban melebihi 4 Ampere , MCB akan  off.
Misalkan beban kita 800 VA , maka pada tegangan normal 220 Volt ,arus beban = 3,6 Amper . Seandainya tegangan turun menjadi 180 Volt dan kita pasang Stavol maka arus input Stavol menjadi = 800 VA/180 V = 4,44 Amper (beban tetap sama2 800 VA) ya akibatnya MCB akan off karena arusnya melebihi 4 Ampere. Jadi kalau memakai Stavol sebaiknya bebannya dikurangi agar MCB tidak turun.

Offline achsan

  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1080
Re:Tentang Stabilizer Voltage < StaVol >
« Jawab #12 pada: Oktober 16, 2010, 12:28:31 AM »
sip sangat informatif.... trims....

Offline Ribut

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 53
  • Mencari Ridho-NYA
Re:Tentang Stabilizer Voltage < StaVol >
« Jawab #13 pada: Desember 03, 2010, 04:15:31 PM »
 ada gag sih yg punya schema stavolt dgn motor servo? khususnya di electronic circuitnya..
Sabar - Ikhlas - Ridho - Rela - Syukur - Yakin

Offline abidjbit

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 3
Re:Tentang Stabilizer Voltage < StaVol >
« Jawab #14 pada: Pebruari 28, 2011, 04:24:26 AM »
Gue pernah repair Stavol Toyosaki 1000W,trus gue gambar deh skemanya....
Bagi yg mau silahkan.... hallo1



Test upload gambar cari1