Penulis Topik: Antena Vertikal 5/8 Lambda  (Dibaca 18518 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline ken

  • Global Moderator
  • Sr. Member
  • ********
  • Tulisan: 397
Re:Antena Vertikal 5/8 Lambda
« Jawab #45 pada: Desember 22, 2011, 03:08:26 PM »
wip-nya berapa dan berapa kang? 2x 1/2 lamda apa 2x 5/8 lamda atau yg lain??

Offline mimin

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 174
Re:Antena Vertikal 5/8 Lambda
« Jawab #46 pada: Desember 22, 2011, 09:43:00 PM »
yang 2 x 5/8 lambda

Offline isurganteng

  • Isurganteng
  • Administrator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 2610
  • Keseharianku Melawan Waktu
    • Keseharianku Melawan Waktu
Re:Antena Vertikal 5/8 Lambda
« Jawab #47 pada: Desember 23, 2011, 11:54:56 PM »
panjang gelombang pasti jadi beda juragan ... itung2 kemarin antena saya +21cm malah dapetnya antena 7/8 hehehe bukan 5/8 lagi....
gdshost.net
ym : yadi_arfm
Isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdshost.net

Offline mimin

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 174
Re:Antena Vertikal 5/8 Lambda
« Jawab #48 pada: Desember 28, 2011, 07:54:01 AM »
apa yang mas isur maksud antena ringgo yang 1/4 lambda+21 itu jadinya antena 7/8 bukan 5/8 lagi

Offline masYok

  • Sr. Member
  • ******
  • Tulisan: 251
  • homebrewer otodidak yang banyak belajar dari KHE
Re:Antena Vertikal 5/8 Lambda
« Jawab #49 pada: Januari 09, 2012, 02:29:34 PM »
OM mo tanya...kalo misalnya bagian wip/pecutnya dibuat paten, maksudnya gak bisa ditarik ulur, trus tuningnya cuma ngubah2 posisi tap loading coil bisa nggak?ato musti dua-duanya yg diubah?
"Ketika kamu merasa pintar saat itulah kamu menjadi bodoh!" (Durrotun Nashihin)

http://elektronikanalog.blogspot.com

Offline Machmud

  • Moderator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1245
Re:Antena Vertikal 5/8 Lambda
« Jawab #50 pada: Januari 10, 2012, 07:46:40 AM »
OM mo tanya...kalo misalnya bagian wip/pecutnya dibuat paten, maksudnya gak bisa ditarik ulur, trus tuningnya cuma ngubah2 posisi tap loading coil bisa nggak?ato musti dua-duanya yg diubah?
Posisi tap loading adalah untuk mencari nilai 50ohm, sedangkan swrnya (yang mennetukan frekuensi kerja) tetap bagian wip/pecutnya

Offline masYok

  • Sr. Member
  • ******
  • Tulisan: 251
  • homebrewer otodidak yang banyak belajar dari KHE
Re:Antena Vertikal 5/8 Lambda
« Jawab #51 pada: Januari 10, 2012, 08:39:23 AM »
Ooo...gitu ya pak...tengkyu pak, baru paham saya skrg
"Ketika kamu merasa pintar saat itulah kamu menjadi bodoh!" (Durrotun Nashihin)

http://elektronikanalog.blogspot.com

Offline bayu01

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 218
Re:Antena Vertikal 5/8 Lambda
« Jawab #52 pada: Januari 10, 2012, 02:40:08 PM »
Ukuran A biasanya 5/8 lamda (+/-) sebab dipengaruhi juga oleh lingkaran C,
bilalingkaran C pas 1/4 lamda biasanya ukuran A juga 5/8 lamda. Ukuran B
sama dengan ukuran C yaitu 1/4 lamda. Pernah juga ada yang nanya pakai
apa untuk membuat lingkaran bawah? Nih saya pakai yang ini alatnya

ha...ha...ha...

Maaf klu tanya detail dr gb yg sederhana diatas.....ukr tegel brp ya? krn 1/4 lamda (umpana 70cm) mk jari2 ~ 11cm atau diameter ~ 22cm.


Offline mimin

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 174
Re:Antena Vertikal 5/8 Lambda
« Jawab #53 pada: April 13, 2012, 02:01:07 PM »
ini aq coba yang 1/4 lambda+21cm jatuhnya sinyal kok jauh banget mas, dilokal kalah tapi jarak 225km menang.bagaimana caranya agar dilokal sinyalnya tidak berkurang

Offline isurganteng

  • Isurganteng
  • Administrator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 2610
  • Keseharianku Melawan Waktu
    • Keseharianku Melawan Waktu
Re:Antena Vertikal 5/8 Lambda
« Jawab #54 pada: April 21, 2012, 09:01:31 PM »
kumisnya uturunin ... seperti antena telek ato gasden ... ato kawinin aja ...

[spoiler][/spoiler]
gdshost.net
ym : yadi_arfm
Isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdshost.net

Offline gluiermo marconi

  • Sr. Member
  • ******
  • Tulisan: 360
  • IKHLAS...
Re: Antena Vertikal 5/8 Lambda
« Jawab #55 pada: Januari 15, 2013, 10:20:46 PM »
wah aku tambah ngerti sekali itungan bikin antena setelah baca2 di forum ini, sippp dech pokoknya, tambah cinta aja ama nih forum  ;D :D


cinta sm forum atw mba marconist. :D :D ( kidding )