Penulis Topik: Masih bisa bertahankah berkarya di elektronika?  (Dibaca 11551 kali)

0 Anggota dan 2 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Machmud

  • Moderator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1253
Re:Masih bisa bertahankah berkarya di elektronika?
« Jawab #60 pada: Desember 01, 2011, 09:50:31 AM »
Selagi masih banyak yang pakai produk lama dan mencintai produk lama maka bisa bertahan...! konek1

Offline ahmadfay

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 143
Re:Masih bisa bertahankah berkarya di elektronika?
« Jawab #61 pada: Juni 10, 2012, 09:42:47 AM »
apapun alasannya, SAYA TETAP BANGGA BERKECIMPUNG DIDUNIA ELEKTRONIKA, bagai istri kedua....
 corong1 corong1 corong1
saya adalah seorang murid yang selalu butuh bimbingan guru

Offline santrikhosh

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 110
    • mbah latif blog
Re:Masih bisa bertahankah berkarya di elektronika?
« Jawab #62 pada: Juni 10, 2012, 02:51:09 PM »
wah baca trit ini jadi ikutan http://elektronika.web.id/elkav2/Smileys/new2/nangis.gifsedih ..pengin nangis1 nangis1...

walaupun bagaimana harus tetep semangat...semangat belajar ...belajar apapun... toh buka mereka yg akan menghargai hasil belajar kita... tapi DIA lah ygn akan membalasnya...karena DIA yng nyuruh kita belajar menuntuk ilmu memerangi kebodohan...

jadi ingat sebuah syair arab dulu pas nyantri :

Banyak pemuda bodoh hidupnya senang sepanjang umurnya
banyak pemuda pandai yng merana selama hidupnya

jikalau rejeki itu didapat berdasarkan tingkat kepandaian
niscaya hewan-hewan itu akan binasa terlebih dahulu...

(he he hewan kan gak bisa mikir ...tapi tetap saja dah ditanggung rejekinya...)

maka dari itu....

tetaplah semangat belajar... mungkin suatu saat akan datang sebuah peluang... entah itu apa...

"KESEMPATAN BERPIHAK KEPADA PIKIRAN YANG SIAP"

maaf para master....saya sedang menasehati diri saya sendiri..

makasih

Offline RizQ

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 130
Re:Masih bisa bertahankah berkarya di elektronika?
« Jawab #63 pada: Juni 10, 2012, 07:20:23 PM »
Selagi masih banyak orang yang suka beli barang elektronika dengan harga murah dan tentu saja sekali pakai, yah nasib kita yang masih bekerja dibidang servis elektronika ya ... susah,
namun bila kita bisa melihat celah yang yang bisa kita temukan dan luar biasa, itu ...
Tunggu saja, nanti suatu saat mereka juga akan membeli barang dengan kualitas baik dan akan meninggalkan yang murahan ...
Begitu juga dengan rekan-rekan yang servis handphone, apabila tanggung dan tidak totalitas juga modal besar saya kira juga demikian, fusing juga ...
Kita berdoa saja semoga suatu saat masyarakat mencintai kembali kembali barang-barang berkualitas seperti jaman-jaman dulu ...
Amin ...

 bete1 bete1 bete1

Offline keenan36

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 6
    • ariston water heater indonesia
Re:Masih bisa bertahankah berkarya di elektronika?
« Jawab #64 pada: September 08, 2015, 05:34:31 PM »
harus dan pasti bisa gan, apalagi sekarang era emas nya teknologi.
harga water heater gas atau water heater listrik mahal mana ya?

Offline kenzie25

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 17
    • mobil mixer Patria
Re:Masih bisa bertahankah berkarya di elektronika?
« Jawab #65 pada: Pebruari 05, 2016, 02:30:54 PM »
resiko kerja di bidang elektronika memang harus terus ngikutin jaman, karena industri elektronik memang bergerak cepat sekali.
merancang kecil-kecilan masa depan mobil mixer, mobil tambang, dan forklift indonesia.

Offline Ri-5-am

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 117
Re:Masih bisa bertahankah berkarya di elektronika?
« Jawab #66 pada: Pebruari 21, 2016, 11:08:34 AM »
Ikut komen ah..

Siapapun itu (Perusahaan ataupun perseorangan) yang ingin hidup di elektrnika, harus mampu untuk "Speed Innvation".

COba anda perhatikan, merka yang tergilas, adalah mereka yang "menghela nafas" sejenak dari apa yang namanya "inovasi".  Maap jika ada yang kurang berkenan..

Dunia elektronika memang sangat buas, lebih buas dari hutan belantara.. setidaknya itulah yang saya "baca" dari 13 tahun ini ikut sebuah "kapal" besar dari jepang... Mereka yang terlena dengan produknya yang baru release dan booming di pasar, maka bisa dipastikan akan segera tersungkur. Sedangkan mereka yang tidak pernah puas, itulah yang akan bertahan...

kita pernah menyaksikan, betapa Nokia menjadi Raja.. dan sejurus kemudian, ia jatuh terpelanting oleh merek yang awalnya tidak diperhitungkan sama sekali. bahkan salah satu petingginya dengan berurai air mata berkata, kami bahkan belum sempat mencari tahu dimana kesalahan kami, tiba tiba saja kami terjelembab...

itulah elektronika... yang ketika kita berhenti sedetik, maka kita telah ketinggalan sangat jauh..

di sisi lain, justru sekarang elektrnika merupakan pasar paling menjajikan untuk mereka yang bisa berubah dengan cepat.. saat ini, hampir 24 jam orang rang sangat membutuhkan teknik elektronika.. dari ibu ibu didapur, sampai pak dokter di IGD, semua bertumpu pada perangkat elektrnika... Jika mindset kita terus diam di masa sekarang dan masa lalu, maka ucapkan selamat tinggal untuk itu semua...

speed inovation, itu kunci satu satunya untuk bertahan di elektronika... sekali lagi, jika anda sangat membanggakan produk anda saat ini, maka siap siaplah.. akan muncul produk yang lebih hebat, hanya dalam hitungan beberapa minggu atu bulan...

Mungkin anda berkata, ndak lah.. prdukku sudah tahunan berjaya...

maka bisa jadi, lahan kita itu memang belum di lirik serius oleh rang lain, karena munkgin bagi orang lain masih belum menarik.. ketika itu sudah dilihat.. maka siap siaplah anda beradu cepat...

itu sudah...

Offline rafa04

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 9
    • Filter Perkins
Re:Masih bisa bertahankah berkarya di elektronika?
« Jawab #67 pada: Oktober 11, 2016, 11:14:38 AM »
Setahu saya, seiring berjalannya waktu, maka perkembangan teknologi akan semakin maju juga. Maka dengan begitu semakin besar kompleksitas dari masalah2 yang terjadi di dunia elektronika. Contohnya, semakin banyak pengguna gadget seperti laptop dan HP, semakin banyak perusahaan yang menggunakan generator/genset untuk energi cadangan mereka, dll maka akan semakin banyak juga peluang yang tercipta.
AVR generator / genset untuk kebutuhan elektronik Anda dari Mitraparts Indonesia. Ada Stamford SX440 juga loh.

Offline Rinto85

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 8
    • Kontraktor Listrik
Re:Masih bisa bertahankah berkarya di elektronika?
« Jawab #68 pada: Juni 12, 2017, 03:59:07 PM »
Setahu saya, seiring berjalannya waktu, maka perkembangan teknologi akan semakin maju juga. Maka dengan begitu semakin besar kompleksitas dari masalah2 yang terjadi di dunia elektronika. Contohnya, semakin banyak pengguna gadget seperti laptop dan HP, semakin banyak perusahaan yang menggunakan generator/genset untuk energi cadangan mereka, dll maka akan semakin banyak juga peluang yang tercipta.

Nah bener nih, ini jawaban yang bijak. Kebetulan saya bekerja sebagai teknisi trafo di perusahaan BUMN. Pada dasarnya selama kita masih membutuhkan energi listrik, semua yang berhubungan sama elektronika pasti akan dibutuhkan.
Jual Trafo, panel lvmdp, panel ats & berbagai panel listrik hanya di Galleoncy

Offline gluiermo marconi

  • Sr. Member
  • ******
  • Tulisan: 411
  • IKHLAS...
Re:Masih bisa bertahankah berkarya di elektronika?
« Jawab #69 pada: Juli 02, 2017, 10:48:05 PM »
Ternyata kita mmg msi bisa bertahan di bdg elektronika,,wlo  trkdg ad rkan yg lain tdk mmgkinkan utk mnrskan bdang ini,,msi bnyak yg mgunakan komputer,lptop,receiver parabola,radio komnkasi nelayan,ht,rig,ssb,,masi bnyak yg suka nonton bola liga dunia,masi bnyk jg yg cari yg gratisan,,proyektor msi bnyk cafe dan warkop yg pake,tv analog,tv led,,kulkas,ac,audio mobil,,di skeliling kita penuh dgn alat2 elektronika rumah tangga yg butuh ahli reperasinya,,saya pribadi jg merasa pesimis akan nasib diri,,tp bgt saya lihat kenyataan skrg,,trnyata saya msih dbutuhkan,,saya skrg masih hidup dan menghidupi keluarga dari hasil elektronik,,saya kuburkan smua kenangan masa lalu waktu masi lajang,,wktu msi jd penyiar radio swasta,,krn bagi saya masa2 keemasan itu dah lewat,,AYO TEMAN2 SMUA,,LIHATLAH SKELILING ANDA,,JGN PATAH SEMANGAT,,ELEKTRONIKA TAK AKAN PERNAH HILANG,,DAN KEAHLIAN KITA SEDANG DI INCAR OLEH PERANGKAT2 TSB,,BIAR JAMAN JADI DIGITAL,,BIARLAH SMUA KOMPONEN JD SMD,ASALKAN BENTUK BLENDER DAN AMPLIFIER jgn IKUTAN SMD,,he he he

Offline Ri-5-am

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 117
Re:Masih bisa bertahankah berkarya di elektronika?
« Jawab #70 pada: Juli 24, 2017, 09:16:10 AM »
Setelah lebih dari 6 tahun tak posting di forum ini. Heheh..

Komen aja:

Menurut pandangan sy pribadi.. Kenapa banyak praktisi di elektro akhirnya hilang tergerus jaman, sebabnya karena satu hal: TIDAK BISA MENGIKUTI PERUBAHAN.

Di dunia modern seperti sekarang ini, justru elektro menjadi dunia yang tidak ada matinya. Lihat saja, manusia modern sangat bergantung dengan peralatan elektronika. Boleh di bilang manusia sekarang masih bisa menahan sedikit lapar dan dahaga, tapi seolah tak bisa jauh jauh dari namanya gadget, smertphone, dan peralatan elektonik lain. Ini justru lahan terbuka semakin luas.. Masuk aja ke ruang IGD rumah sakit, isinya alat elektronik semua...

Tapi,

Perkembangan elektro sangat cepat, jauh lebih cepat dari kilat. Ia terus berubah dan berubah,sangat cepat, sehingga ketika kita behenti sedetik aja, udah langsung terpental keluar...

Awal sy kenal grup ini (tahun 2009 - 2010 an kalau g salah), masih hangat dibicarakan VCO. PLL masih barang baru, yang seolah hi tek banget.. Apalagi DDS.. Dan sekarang, maap saja, pemancar yang pale LCD 2x16 char udah kuno. Apalagi cuman dip switch... Sudah jamannya DDS, pake LCD TFT.. Dan full automatic dengan microcontroller..

Artinya, jika kita masih tidak bisa move on, bangga dan membanggakan "APA YANG KITA BISA SEKARANG", maka bersiaplah tergilas.

Tetapi, Jika kita terus berinovasi, terus belajar untuk menghasilkan sesuatu yang lebih baru dan lebih lebih lagi.. Maka welcome di pasar yang tak ada habisnya...

Ingat kasus Nokia, Sony Ericson, Thosiba, Sanyo, bahkan perusahaan dimana sy bekerja, Sharp, yang walapun tidak setragis mereka, tapi tetap saja harus rela diakuisi bendera tiongkok...

Jadi, ketika kita sudah memutuskan mau hidup di elektro, maka berdiaplah memasuki perlombaan lari yang begitu cepat.. Walapun suatu saat anda memimpin jauh didepan, tapi jangan pernah santai.. Karena pelari lain sedang berlari untuk menyusul anda di depan..

Jangan pernah berhenti belajar.. Itu kunci utamanya..
 

 


Facebook Comments