Penulis Topik: Pemancar TV VHF Mini 2 Watt  (Dibaca 20656 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline isurganteng

  • Isurganteng
  • Administrator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 2610
  • Keseharianku Melawan Waktu
    • Keseharianku Melawan Waktu
Re:Pemancar TV VHF Mini 2 Watt
« Jawab #15 pada: Juni 19, 2010, 12:25:23 AM »
saya kemarin dapet tu modul TV rf na .. di Receiver parabola VIAR .. .tapi sayang uhf .. channel 40

kalo yang vhf banyak tu di sega2 ... atari .. bahkan ada yang jual video sender yang murah2an .. :D
gdshost.net
ym : yadi_arfm
Isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdshost.net

Offline jeplie

  • Sr. Member
  • ******
  • Tulisan: 347
Re:Pemancar TV VHF Mini 2 Watt
« Jawab #16 pada: Juni 19, 2010, 09:28:02 AM »
saya kemarin dapet tu modul TV rf na .. di Receiver parabola VIAR .. .tapi sayang uhf .. channel 40

saya dapetnya jg di receiver parabola tp yg model lama, klo receiver digital yg sekarang modul rf-nya nyatu ma komponen2 yg laen alias ga bisa dipisah.
Yg ini pake IC, ada switch L dan H, utk pilihan vhf sama uhf x ya?
kalo yang vhf banyak tu di sega2 ... atari .. bahkan ada yang jual video sender yang murah2an .. :D
di vcd player ada jg tu Pak, tp kebanyakan pake transistor.

Offline Sinur

  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 581
  • Elektronik , untuk kehidupan yg lebih baik.
    • Dokumentasi eksperiment
Re:Pemancar TV VHF Mini 2 Watt
« Jawab #17 pada: Juni 19, 2010, 05:32:11 PM »

Ada yang bisa jelaskan?

ntu kan RF MODULATOR  yg ada di VCD model tebel, VCR ...... di konsol game tendo lawas jg ada tuch....jd  ga mbikin pak,  tinggal copot aja..... dr bekas  unit di atas...
Salam.
Kutip
                                                " Practise Makes Perfect "

beedjhoo

  • Pengunjung
Re:Pemancar TV VHF Mini 2 Watt
« Jawab #18 pada: Juli 07, 2010, 12:58:57 AM »
5L, 4L, 3L dLL mungkin 5L=5 lilitan (putaran) mas bro

Offline widyo

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 78
    • Hobby Radio & Elektronika
Re:Pemancar TV VHF Mini 2 Watt
« Jawab #19 pada: Juli 07, 2010, 08:45:11 AM »
Ttg RF Modulator.
Bagian ini merupakan oscillator dari "pemancar TV" pd skema diatas (yg sebenarnya hanya skema booster saja ..hehe)
Daripada repot2 merakit oscillator tsb, beberapa postingan diatas menyarankan utk kanibal dari console2 game.
Kalo di toko2 elektronika kota kecil biasanya dijual koq RF oscillator jadi spt itu. Kita tinggal bilang mau beli TV converter. Bentuknya box dgn input RCA jack (audio dan video in) dan output nya jack antena. Alat ini ada si daerah2 krn di daerah TV-TV belum multi-system msh ada yg punya.
Alat ini berguna utk muter VCD player di TV yg belum multi.

pasek wira bhuana

  • Pengunjung
Re:Pemancar TV VHF Mini 2 Watt
« Jawab #20 pada: Juli 14, 2010, 08:10:43 AM »
jaraknya sampe 1 kilo mas bro?

Offline zia

  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 539
Re:Pemancar TV VHF Mini 2 Watt
« Jawab #21 pada: Juli 19, 2010, 07:10:12 AM »
Prens, sharing sedikit ya,
Selama memakai transistor konvensional, Ini akan susah direalisasikan.
Why? ini karena bandwidth transistor konvensional tidak cukup lebar untuk video.

Btw sekitar 2002, saya dan temen pernah membuat Tx TV pada VHF memakai final 1946.
Luar biasa susah, diperlukan waktu sekitar 3 bulan (leisure time) sampai berhasil.
Outputnya hanya sekitar 18W, tidak bisa lebih.
Ini dikarenakan bandwidth transistor yang sempit, jadi gain transistor diset kecil.
Dan diperlukan setting yang kritis, (susahnya di titik kritis ini)
Karena penasaran, kami mencoba untuk menggunakan transistor yang memang untuk TV TX.
Begitu menggunakan transistor yang wideband, gak sampe 3 hari (leisure time) udah berhasil dengan hasil yang sangat memuaskan.
Memang harga transistornya cukup mahal, saat itu sekitar 2jt perbuah untuk 10W.

Mungkin kalau memakai tabung akan lebih murah dan mudah (asumsi saya pribadi). Karena tabung dengan lebih mudah akan bisa bekerja pada kelas A daripada transistor. Pls let me know jika ada yg pernah memakai tabung sebagai TV TX.

Salam,




5L, 4L, 3L dLL mungkin 5L=5 lilitan (putaran) mas bro

kzz

  • Pengunjung
Re:Pemancar TV VHF Mini 2 Watt
« Jawab #22 pada: Agustus 13, 2010, 03:15:43 AM »
top baget.....

garciass gathool

  • Pengunjung
Re:Pemancar TV VHF Mini 2 Watt
« Jawab #23 pada: Agustus 13, 2010, 04:13:18 AM »
Prens, sharing sedikit ya,
Selama memakai transistor konvensional, Ini akan susah direalisasikan.
Why? ini karena bandwidth transistor konvensional tidak cukup lebar untuk video.

Btw sekitar 2002, saya dan temen pernah membuat Tx TV pada VHF memakai final 1946.
Luar biasa susah, diperlukan waktu sekitar 3 bulan (leisure time) sampai berhasil.
Outputnya hanya sekitar 18W, tidak bisa lebih.
Ini dikarenakan bandwidth transistor yang sempit, jadi gain transistor diset kecil.
Dan diperlukan setting yang kritis, (susahnya di titik kritis ini)
Karena penasaran, kami mencoba untuk menggunakan transistor yang memang untuk TV TX.
Begitu menggunakan transistor yang wideband, gak sampe 3 hari (leisure time) udah berhasil dengan hasil yang sangat memuaskan.
Memang harga transistornya cukup mahal, saat itu sekitar 2jt perbuah untuk 10W.

Mungkin kalau memakai tabung akan lebih murah dan mudah (asumsi saya pribadi). Karena tabung dengan lebih mudah akan bisa bekerja pada kelas A daripada transistor. Pls let me know jika ada yg pernah memakai tabung sebagai TV TX.

Salam,




5L, 4L, 3L dLL mungkin 5L=5 lilitan (putaran) mas bro
setau saya sih.masalah transistor no problem.yg penting skema rangkaian broadband atau nggak.mungkin temanmu itu skema dah betul.tapi mungkin frekuensi kerjanya diatas kemampuan 46.maksimalnyakan cuman nyampe ch8.mungkin chnya 9 keatas.kita kan sebenarnya bukan bikin pemancar tv,tapi video sender daya menengah.kalau pemancar tv kan pake vsb filter,converter up,dsb.

Offline Kang Paimo

  • Sr. Member
  • ******
  • Tulisan: 296
Re:Pemancar TV VHF Mini 2 Watt
« Jawab #24 pada: Agustus 24, 2010, 08:57:05 AM »
Karena proses modulasinya dikerjakan di depan (dalam hal ini di modul RF modulator) maka disebut pula sebagai low level modulation. Konsekwensinya maka penguat2 nya harus dikerjakan pada klas linier ( klas A , AB , atau B ) . Agar linieritasnya bagus sebaiknya menggunakan kelas A , arus diam masing2 penguat ya otomatis  tinggi , transistornya menjadi lebih panas jadi pendingin harus bagus. O ya efisiensi penguat klas A sangat rendah maksimum paling2 25%. Kendala lain , penguat klas A sangat mudah berosilasi sehingga tata letak komponen,grounding harus secermat mungkin.

Offline achsan

  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1080
Re:Pemancar TV VHF Mini 2 Watt
« Jawab #25 pada: Agustus 29, 2010, 08:18:41 PM »
mantabs penjelasannya..... cara aplikasinya / modifikasinya terhadap skema diatas bagaimana ya..... tata letak serta  komponen yang mana yang perlu di ganti...... mohon pencerahannya.... terima kasih... :)   :)   :)

Offline Kang Paimo

  • Sr. Member
  • ******
  • Tulisan: 296
Re:Pemancar TV VHF Mini 2 Watt
« Jawab #26 pada: Agustus 30, 2010, 02:02:59 AM »
Ketiga transistor tersebut sudah bekerja di kelas linier mas , kerena masingmasing basisnya sudah diberi tegangan bias dengan rangkaian pembagi tegangan R basis ke + dan ke - . Untuk mengukur arus diamnya coba ukur tegangan emitor thd ground dibagi dengan R emitornya , pengukuran dilakukan tanpa RF input.
Tata letak komponen ngikut arah skema saja , maka rangkaian output akan jauh dari rangkaian input ini untuk mengurangi kemungkinan self osilasi.

garciass gathool

  • Pengunjung
Re:Pemancar TV VHF Mini 2 Watt
« Jawab #27 pada: Agustus 30, 2010, 07:21:02 AM »
Ketiga transistor tersebut sudah bekerja di kelas linier mas , kerena masingmasing basisnya sudah diberi tegangan bias dengan rangkaian pembagi tegangan R basis ke + dan ke - . Untuk mengukur arus diamnya coba ukur tegangan emitor thd ground dibagi dengan R emitornya , pengukuran dilakukan tanpa RF input.
Tata letak komponen ngikut arah skema saja , maka rangkaian output akan jauh dari rangkaian input ini untuk mengurangi kemungkinan self osilasi.
 

  betul Kang,nih ada sample skemanya.yg laen,kaki Basis ke Colector ada RC seriesnya biar gak osilasi....................



« Edit Terakhir: Agustus 30, 2010, 07:40:17 AM oleh Grss Gthll »

Offline yd7lby

  • Sr. Member
  • ******
  • Tulisan: 466
  • elektronika is yahud
Re:Pemancar TV VHF Mini 2 Watt
« Jawab #28 pada: Agustus 31, 2010, 09:27:49 AM »
wahhh....baru tau klo ada forum ini, mantap!! salam kenal semuanya....
berdasarkan pengalaman pribadi, memang susah tunning supaya pas, soalnya bandwidth transistor yg dipake kecil banget, maklum menyesuaikan dengan budget....nih sedikit share gambar yg pernah saya buat...keluarnya cuma sekitar 0,75-1 watt...susah banget tunning yg pas...
besok saya update lagi yang gambar cuma pake 2sc2053+antenna dipole, lumayan buat area terbatas bisa nonton rame2  ;D
« Edit Terakhir: Agustus 31, 2010, 02:53:09 PM oleh yd7lby »
"Siapa yang cinta pada nabi-Nya, pasti bahagia dalam hidupnya"
-Vita dan Hadad Alwi-

Offline arif

  • Sr. Member
  • ******
  • Tulisan: 259
Re:Pemancar TV VHF Mini 2 Watt
« Jawab #29 pada: Agustus 31, 2010, 09:33:36 AM »
gambarnya gak jelas