Penulis Topik: cara menggulung travo  (Dibaca 15335 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline nedy

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 101
Re:cara menggulung travo
« Jawab #15 pada: Juli 24, 2011, 08:47:45 PM »
saya punya travo 5 amp terbakar & saya ingin menggulungnya sendiri gimana caranya mungkin para senior punya tip buat saya.

rumus trafo np/ns : vp/vs

dimana np= jumlah lilitan primer
            ns = jumlah lilitan skunder
            vp= tegangan primer
            vs= tegangan skunder

kalau mau gulung sendiri bisa2 aja, dengan langkah sbb:

1, bongkar jangkarnya, buka lilitan terakhir dan hitung berapa lilit ( misalkan 25v - 32 volt, maka maka vs adalah 7 volt )

   maka kita sudah didapat beberapa parameter untuk bisa menyelesaikan rumus tadi yaitu vp = 220v.    vs = 7v, ns= jumlah lilitan dari 25v-32v tadi berapa
   lilit

  tinggal di masukin ke rumus tadi untuk mengetahui berapa banyak jumlah lilitan primer,,,, ( tidak mungkin kalau kita mesti bongkaar lilitan primer dan
  menghitungnya)   kalkulasi1

2. catat semua perhitungan tadi di atas kertas, bongkar semua lilitan primer dan sekunder nya

3. ukur diameter kawat email baik skunder dan primernya, dan pergi ke toko untuk membeli kawat email dengan ukuran yang sama

4. setelah beli, tinggal lilit aja di mulai dari lilitan primer

5. setelah selesai gulung lilitan primer , jangan lupa arah lilitan skunder harus  berlawanan arah  dengan  lilitan primer


selaamat mencoba!!!!!!!!! hallo1 hallo1 hallo1

« Edit Terakhir: Juli 25, 2011, 07:07:33 AM oleh nedy »

Offline ridho

  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1102
  • http://ridho26.blogspot.com/
    • Elektronika Plus
Re:cara menggulung travo
« Jawab #16 pada: Juli 25, 2011, 12:49:43 AM »
Kutip
1, bongkar jangkarnya, buka lilitan terakhir dan hitung berapa lilit ( misalkan 25v - 32 volt, maka maka vs adalah 7 volt )

   maka kita sudah didapat beberapa parameter untuk bisa menyelesaikan rumus tadi yaitu vp = 220v.    vs = 7v, ns= jumlah lilitan dari 25v-32v tadi berapa
   lilit

  tinggal di masukin ke rumus tadi untuk mengetahui berapa banyak jumlah lilitan primer,,,, ( tidak mungkin kalau kita mesti bongkaar lilitan primer dan
  menghitungnya)   kalkulasi1

2. catat semua perhitungan tadi di atas kertas, bongkar semua lilitan primer dan sekunder nya

3. ukur diameter kawat email baik skunder dan primernya, dan pergi ke toko untuk membeli kawat email dengan ukuran yang sama

4. setelah beli, tinggal lilit aja di mulai dari lilitan skunder

5. setelah selesai gulung lilitan primer , jangan lupa arah lilitan skunder harus  berlawanan arah  dengan  lilitan primer




nambahin dikit
no 1. hitung lilitan dari 32V ke 25V, misalkan 35lilit (biasanya sih)
         maka 35Lilit/7V = 5Lilit/Volt

no 2. untuk primer tinggal mengalikan 220 volt X 5 = ...... lilit
         untuk sekunder .....(yg di inginkan) volt X 5 = ....... lilit

no 3. cocok

no 4. gulung primer dulu

no 5. baru sekunder






Offline Busan

  • Sr. Member
  • ******
  • Tulisan: 477
    • My Electronic Collections
Re:cara menggulung travo
« Jawab #17 pada: Juli 25, 2011, 05:27:42 AM »
Koreksi dikit soal B seharusnnya satuannya gauss.
Kalau untuk ukuran kawat dalam penggunaan SMPS sepertinya rumusnya kurang karena belum ada perhitungan untuk skin effect.
CMIIW
ini tak kasih bocoran dikit
rumus gulungan trapo






aku males nules
hahaha
nanti kalau nggak cocok
nih tanya aja ama penulis bukunya
 Pantur Silaban,Ph.D. 1981. Dasar- Dasar Elektronik.
RBS FM on

Offline ridho

  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1102
  • http://ridho26.blogspot.com/
    • Elektronika Plus
Re:cara menggulung travo
« Jawab #18 pada: Juli 25, 2011, 12:24:20 PM »
wah kalau GAUSS di kritik
ane nulis VOLT nanti jg salah  ::)


rumus trafo daya sama trafo SMPS kan beda mas

beda fungsi gitu loh

Offline Busan

  • Sr. Member
  • ******
  • Tulisan: 477
    • My Electronic Collections
Re:cara menggulung travo
« Jawab #19 pada: Juli 25, 2011, 05:16:55 PM »
Kan tulisan satuannya 12000 gauss jadi kalau di grafik B misal 2000 jika dimasukkan rumus jadinya 2000*12000 gauss. Jika tulisannya satuan gauss saja berarti masuk rumus jadi 2000 gauss.
Rumus trafo sama saja yg membedakan frekuensi kerja dan bahan yg dipakai.
CMIIW

wah kalau GAUSS di kritik
ane nulis VOLT nanti jg salah  ::)


rumus trafo daya sama trafo SMPS kan beda mas

beda fungsi gitu loh
RBS FM on

Offline gerhard

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 1
Re:cara menggulung travo
« Jawab #20 pada: Juli 28, 2011, 06:36:02 PM »
Duh ngapain yg mudah dibuat rumit
Buka aja emailnya semua
untuk lilitan primernya gunakan email dengan diameter 0,4
jumlah lilitannya 660
untuk sekunder gunakan email 0,85
24v ke CT jumlah lilitannya 72 lilitan
24v - CT - 24 v jumlah lilitannya 144
catatatan lebar kern = 3,2 cm
agar lebih gampang gag cape ngitung ngitung lilitan
lebar kern 3,2 cm sediain aja 81 meter
dari 3,2cm x 4 = 12,16 cm
660 x 12,16 = 8025,6 cm
kalau sekundernya /12 v sediain aja  4,5 meter
 ide1
« Edit Terakhir: Juli 28, 2011, 07:36:12 PM oleh gerhard »

Offline ridho

  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1102
  • http://ridho26.blogspot.com/
    • Elektronika Plus
Re:cara menggulung travo
« Jawab #21 pada: Juli 29, 2011, 10:39:24 AM »
Duh ngapain yg mudah dibuat rumit
Buka aja emailnya semua
untuk lilitan primernya gunakan email dengan diameter 0,4
jumlah lilitannya 660
untuk sekunder gunakan email 0,85
24v ke CT jumlah lilitannya 72 lilitan
24v - CT - 24 v jumlah lilitannya 144
catatatan lebar kern = 3,2 cm
agar lebih gampang gag cape ngitung ngitung lilitan
lebar kern 3,2 cm sediain aja 81 meter
dari 3,2cm x 4 = 12,16 cm
660 x 12,16 = 8025,6 cm
kalau sekundernya /12 v sediain aja  4,5 meter
 ide1



hehe silahkan perkenalkan diri dulu mas ke room perkenalan



Kan tulisan satuannya 12000 gauss jadi kalau di grafik B misal 2000 jika dimasukkan rumus jadinya 2000*12000 gauss. Jika tulisannya satuan gauss saja berarti masuk rumus jadi 2000 gauss.
Rumus trafo sama saja yg membedakan frekuensi kerja dan bahan yg dipakai.
CMIIW




itu dari buku kayak itu mas. saya nggak rubah apa apa
 
kalau B = 2000 ya memang jadinya 2000 gauss tho
gmn tho



Offline choirul

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 22
Re:cara menggulung travo
« Jawab #22 pada: Juli 29, 2011, 02:58:12 PM »
tenks tas sranya tak cb buat dulu nti klo gak sukses bleh dong konsultasi lagi  ;D ;D ;D ;D

Offline nedy

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 101
Re:cara menggulung travo
« Jawab #23 pada: Juli 29, 2011, 03:12:50 PM »
tenks tas sranya tak cb buat dulu nti klo gak sukses bleh dong konsultasi lagi  ;D ;D ;D ;D


sama sama mas,   selamat mencoba hallo1 hallo1 hallo1

Offline Busan

  • Sr. Member
  • ******
  • Tulisan: 477
    • My Electronic Collections
Re:cara menggulung travo
« Jawab #24 pada: Juli 29, 2011, 04:02:41 PM »
Mungkin yg ngarang lagi ngantuk, 12000 gauss kok dibilang satuan. itu sudah ribuan, ya tho
itu dari buku kayak itu mas. saya nggak rubah apa apa
 
kalau B = 2000 ya memang jadinya 2000 gauss tho
gmn tho
RBS FM on

Offline ahmadfay

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 143
Re:cara menggulung travo
« Jawab #25 pada: Agustus 02, 2011, 12:44:02 PM »
klo misalkan saya menemukan bekas trafo, tetapi sudah tidak ada lilitannya, bagaimana rumus untuk menentukan jumlah lilitan untuk memenuhi tegangan 1 voltnya?
NB: klo bisa yg simpel aja & mudah diterapkan (maklum pemula)

trims
saya adalah seorang murid yang selalu butuh bimbingan guru

Offline nedy

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 101
Re:cara menggulung travo
« Jawab #26 pada: Agustus 02, 2011, 02:04:36 PM »
klo misalkan saya menemukan bekas trafo, tetapi sudah tidak ada lilitannya, bagaimana rumus untuk menentukan jumlah lilitan untuk memenuhi tegangan 1 voltnya?
NB: klo bisa yg simpel aja & mudah diterapkan (maklum pemula)

trims


tinggal masukin  saja rumus yang saya jelaskan di atas    ide1 ide1 ide1
« Edit Terakhir: Agustus 02, 2011, 02:49:52 PM oleh nedy »

Offline ahmadfay

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 143
Re:cara menggulung travo
« Jawab #27 pada: Agustus 03, 2011, 12:03:18 PM »
saya punya travo 5 amp terbakar & saya ingin menggulungnya sendiri gimana caranya mungkin para senior punya tip buat saya.

rumus trafo np/ns : vp/vs

dimana np= jumlah lilitan primer
            ns = jumlah lilitan skunder
            vp= tegangan primer
            vs= tegangan skunder

kalau mau gulung sendiri bisa2 aja, dengan langkah sbb:

1, bongkar jangkarnya, buka lilitan terakhir dan hitung berapa lilit ( misalkan 25v - 32 volt, maka maka vs adalah 7 volt )

   maka kita sudah didapat beberapa parameter untuk bisa menyelesaikan rumus tadi yaitu vp = 220v.    vs = 7v, ns= jumlah lilitan dari 25v-32v tadi berapa
   lilit

  tinggal di masukin ke rumus tadi untuk mengetahui berapa banyak jumlah lilitan primer,,,, ( tidak mungkin kalau kita mesti bongkaar lilitan primer dan
  menghitungnya)   kalkulasi1

2. catat semua perhitungan tadi di atas kertas, bongkar semua lilitan primer dan sekunder nya

3. ukur diameter kawat email baik skunder dan primernya, dan pergi ke toko untuk membeli kawat email dengan ukuran yang sama

4. setelah beli, tinggal lilit aja di mulai dari lilitan primer

5. setelah selesai gulung lilitan primer , jangan lupa arah lilitan skunder harus  berlawanan arah  dengan  lilitan primer


selaamat mencoba!!!!!!!!! hallo1 hallo1 hallo1
yg ini ta Bang Nedi? :-\ :-\ :-\
saya adalah seorang murid yang selalu butuh bimbingan guru

Offline ridho

  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1102
  • http://ridho26.blogspot.com/
    • Elektronika Plus
Re:cara menggulung travo
« Jawab #28 pada: Agustus 04, 2011, 11:27:10 AM »

Kutip
1, bongkar jangkarnya, buka lilitan terakhir dan hitung berapa lilit ( misalkan 25v - 32 volt, maka maka vs adalah 7 volt )

   maka kita sudah didapat beberapa parameter untuk bisa menyelesaikan rumus tadi yaitu vp = 220v.    vs = 7v, ns= jumlah lilitan dari 25v-32v tadi berapa
   lilit

  tinggal di masukin ke rumus tadi untuk mengetahui berapa banyak jumlah lilitan primer,,,, ( tidak mungkin kalau kita mesti bongkaar lilitan primer dan
  menghitungnya)   kalkulasi1

2. catat semua perhitungan tadi di atas kertas, bongkar semua lilitan primer dan sekunder nya

3. ukur diameter kawat email baik skunder dan primernya, dan pergi ke toko untuk membeli kawat email dengan ukuran yang sama

4. setelah beli, tinggal lilit aja di mulai dari lilitan skunder

5. setelah selesai gulung lilitan primer , jangan lupa arah lilitan skunder harus  berlawanan arah  dengan  lilitan primer




nambahin dikit
no 1. hitung lilitan dari 32V ke 25V, misalkan 35lilit (biasanya sih)
         maka 35Lilit/7V = 5Lilit/Volt

no 2. untuk primer tinggal mengalikan 220 volt X 5 = ...... lilit
         untuk sekunder .....(yg di inginkan) volt X 5 = ....... lilit

no 3. cocok

no 4. gulung primer dulu

no 5. baru sekunder








intuk reparasi pemula cukup yg ini


kalau bikin baru dengan karn baru silahkan pakai rumus




Mungkin yg ngarang lagi ngantuk, 12000 gauss kok dibilang satuan. itu sudah ribuan, ya tho
itu dari buku kayak itu mas. saya nggak rubah apa apa
 
kalau B = 2000 ya memang jadinya 2000 gauss tho
gmn tho




ya besok2 kirimin layang pada penulisnya mas

Offline ElectroComp

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 6
  • _/\_ ElectroComp
Re:cara menggulung travo
« Jawab #29 pada: Agustus 04, 2011, 12:45:17 PM »
untuk rumus pembuatan trafo memang ada yang rumit ada juga yang sederhana (tergantung spesifikasi yang diinginkan)
disini saya hanya ingin berbagi yang simpel" aja..
biasanya saya menggunakan software Transformer Calculation ini

dengan software ini, kita hanya perlu menentukan diameter dan tebal kern, tegangan input, lalu tegangan dan arus output.
software yang berlisensi free ini bisa diunduh di http://www.mediafire.com/?yj34g46clt24twt
 dada2