Diskusi Elektronika > Kategori Radio

Pemancar Am Tabung 813

<< < (2/4) > >>

galih:
BUkan Pakai avo meter ? diukur katoda dsb..., wah kalau lihat ciri fisik hitam jadi putih ilmu buat saya tuh , nanti coba saya lihat....

purwanto-amm:
AVO hanya bisa menggukur filamen nya putus ato tidak....

warna hitam nya berada pada kaca dalam bagian atas sehimgga terlihat seperti topi, perhatikan :



nah bila yg warna hitam nya berubah jadi putih seperti kabut , tabung nya rusak



ada juga yg memang tidak ada warna hitam nya :


galih:
terima kasih jawaban dan gambarnya bos...

yang atas memang ada di bagian ampli dan sinyal pemancar dan yang bawah kalau ngak salah tabung 813, nah bila menyalakan pemancar meter bagian sinyal oke, namun pas diberikan tegangan penguat pada tx tenganan sinyal (exiter kalau fm) turun, apakah karena tabung rusak atau ada arus balik (rf balik) yang membuat tagangan sinyal melemah.

mohon petunjuknya.

galih:
Tambahan :
Bila tegangan  penguat 813 tidak di nyalakan maka tegangan Osilator dan buffer dan  berada pada angka yang oke, namun bila tegangan penguat tabung 813 dinyalakan, maka meter osilator dan buffer turun sehingga daya pancar tidak ada, walau sebagian meter tabung 813 menguat tinggi. Apakah ini kesalahn tabung atau memang pembagian arus yang tidak seimbang atau juga memang ada komponen lain yang rusak, misal pada bagian osilatornya atau buffer sudah lemah.

Ket : kebetulan saya memakai 4 x tabung 813 dan 4 x tabung 813 untuk modulasi.

Gambar Osilator dan Buffer dinyalakan :


Gambar Penguat Dinyalakan :


namun ada sebagain tabung penguat 813 naik meternya seperti ini :


"terima kasih sebelumnya untuk jawaban dan masukannya"

frans:

--- Kutip dari: galih pada Juli 04, 2011, 08:41:09 PM ---Tambahan :
Saya bukan ahli elektro dan karena kebutuhan mendesak dikarenakan keterbatasan biaya, akhirnya terpaksa kalau punya masalah dengan pemancar sendiri yah utak atik sendiri, namun di forum ini saya mau mengenal lebih jauh mengenai bagian pemancar am dengan tabung 813, selama ini cuman tau rangkaian kasarnya dan mematikan serta menyalakan saja, namun kalau ada masalah cuman pake feeling saja mana yang rusak , walau terkadang sukses dan terkadang tidak suskes membetulkannya.

Pertanyaan saya :

1. kenapa tabung 813 bisa merah tengahnya, bila diputar varieabel baru ok kembali namun jarum meter dari trafonya agak turun.
2. Kebetulan Pemancar saya masih menggunakan crsital, terkadang sering harus rajin menggosok bila kelamaan pakai atau kelembaban, apakah ada cara lain mengganti cristal?
3. ini hal baru yang terjadi pada pemancar saya setelah 7 tahun beroperasi, lampu signal dan meter frekuansi (atau apalah istilahnya,maaf kurang paham) naik dan menyala ,namun setelah diberi tegangan menjadi drop dan pemancar pun tidak mau memancar, gelomban di radio penerima tidak bagus, kselahannya dimana yah, apakah karena tabung 813 sudah tidak oke (harus diganti atau apa)

Demikian dari saya atas masukan dan sarannya, sebelumnya saya ucapkan terima kasih

--- Akhir Kutipan ---

tabung 813merah tengahnya karena tidak mathing... jd harus putar variabel nya sampe ampere terendah
kristal pada pemancar AM adalah penentu frek dan biasa d pesan d postel sesuai dg frek kerja kita misal 828KHz ato 1422KHz
biasa nya emisi tabung akan turun klo sudah lama di pakai..., klo tabung sekarang palin2 sekitar 2th.., coba buka semua tabung trs tes satu2 d bagian final putar variabel sampe ampere terendah nah itulah kekuatan tabung.., biasa nya klo pemancar AM saya dulu sekita 200ma..,  jadi klo mau di pasang 2 ato 4 d final cari tabung yg sama kekuatan nya begitu juga untuk tabung modulasi.., dan perlu juga d ingat klo tabung modulasi kalo kegedean audio nya tabung juga bisa merah..., mudah2n bisa membantu...

Navigasi

[0] Indeks Pesan

[#] Halaman berikutnya

[*] Halaman sebelumnya

Ke versi lengkap