Penulis Topik: BIKIN LAS LISTRIK  (Dibaca 30435 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline HITO CASMAT

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 8
  • PENGEN RADA GEDE
BIKIN LAS LISTRIK
« pada: April 09, 2011, 06:39:22 PM »
 cari1GAN...... ADA SKEMA LAS LISTRIK YG PAKE TRVO VERIT DAN SKEMANYA GA YAAAA.   KLO ADA SHARINGIN DOOONG.      MATUR NUWUN......... cari1

Offline key

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 1
Re:BIKIN LAS LISTRIK
« Jawab #1 pada: April 10, 2011, 08:19:24 AM »
waduh sama ne ane juga lagi nyari kebetulan pendidikan ane stm mesin. Tp hobby elektro. Kalo beli tu alat katanya 2jt gt.

Offline aljero

  • Sr. Member
  • ******
  • Tulisan: 256
  • mangan ra mangan sing penting sugih
Re:BIKIN LAS LISTRIK
« Jawab #2 pada: April 10, 2011, 09:24:14 AM »
kebetulan saya ada las listrik RHINO WMA 160 model inverter 900 watt , cuma lum sempat mo bongkar
Menekung Narawang Ngalampah Paripolah

Offline HITO CASMAT

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 8
  • PENGEN RADA GEDE
Re:BIKIN LAS LISTRIK
« Jawab #3 pada: April 11, 2011, 10:24:19 PM »
 corong1
 udah 2hari  lom ada masukan niii.      nunggu kag paimo,kang isur, and para master2 ku .... apa tulisanku blm di tengok apa yaaaaa...... corong1

Offline isurganteng

  • Isurganteng
  • Administrator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 2602
  • Keseharianku Melawan Waktu
    • Keseharianku Melawan Waktu
Re:BIKIN LAS LISTRIK
« Jawab #4 pada: April 12, 2011, 12:11:46 AM »
rada kurang gablek yang ginian bos ... itung2 amper ... mungkin nanti rekan2 alaen ada yang bantu ... sabar aja ya ....
gdshost.net
ym : yadi_arfm
Isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdshost.net

Offline Kang Paimo

  • Sr. Member
  • ******
  • Tulisan: 296
Re:BIKIN LAS LISTRIK
« Jawab #5 pada: April 12, 2011, 09:14:17 AM »

Offline HITO CASMAT

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 8
  • PENGEN RADA GEDE
Re:BIKIN LAS LISTRIK
« Jawab #6 pada: April 12, 2011, 09:06:22 PM »
 ide1. wuaah makaci kang  alamatnya.  tapi saya nda bisa bhs ringgis.   gmn caranya di terjemahkanya.   maklum wong cilik  pengen rada pinteran dikit  hiiik  hiiik  hiik  konek1.

Offline isurganteng

  • Isurganteng
  • Administrator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 2602
  • Keseharianku Melawan Waktu
    • Keseharianku Melawan Waktu
Re:BIKIN LAS LISTRIK
« Jawab #7 pada: April 12, 2011, 11:22:42 PM »
 pake www.translate.google.co.id dah tu masukin link diatas .... enter ... jadi bahasa indo deh ....
gdshost.net
ym : yadi_arfm
Isurganteng.wordpress.com, Elektronika.web.id, Gdshost.net

Offline bayu01

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 216
Re:BIKIN LAS LISTRIK
« Jawab #8 pada: April 13, 2011, 09:04:02 PM »
Tertarik juga nih dgn topik ini krn sejln pemikiran sy setelah melihat Pwr Switching buatan Alpha 12V12A yg murah klu dikembangkan bs jd inverter LAS Listrik...mengapa?  Tr samplingnya pki Mosfet berarti klu dipsg paralel tdk sulit dlm rangka memperbesar powernya, teknik ini pernah sy lht  di circuit UPS.
Mengacu link dr Kang Paimo ada yg perlu di perhatikan perlu memperbsr kapasitor awal stlh EMI dgn 3x470uF400V berfungsi sbg softstart perlu ditambahkan.....yg perlu dipelajari adalah membuat trafo dr bhn Ferrit dgn vol lbh bsr tp sesuai dgn freq yg digunakan Alpha dgn  tegangan dan arusnya mau 17V/100A atau 20V/160A..itu dulu....perlu masukkan dr lainnya dulu.


Offline 4ND1K

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 37
    • RADNET
Re:BIKIN LAS LISTRIK
« Jawab #9 pada: April 13, 2011, 10:24:15 PM »
Perlu dipikirkan juga trafonya cukup tidak buat tambah arus dan tegangan yag berarti butuh lebih banyak lilitan dan diameter kawat yang lebih besar yang berakibat kebutuhan inti trafo yang lebih besar pula.
Tertarik juga nih dgn topik ini krn sejln pemikiran sy setelah melihat Pwr Switching buatan Alpha 12V12A yg murah klu dikembangkan bs jd inverter LAS Listrik...mengapa?  Tr samplingnya pki Mosfet berarti klu dipsg paralel tdk sulit dlm rangka memperbesar powernya, teknik ini pernah sy lht  di circuit UPS.
Mengacu link dr Kang Paimo ada yg perlu di perhatikan perlu memperbsr kapasitor awal stlh EMI dgn 3x470uF400V berfungsi sbg softstart perlu ditambahkan.....yg perlu dipelajari adalah membuat trafo dr bhn Ferrit dgn vol lbh bsr tp sesuai dgn freq yg digunakan Alpha dgn  tegangan dan arusnya mau 17V/100A atau 20V/160A..itu dulu....perlu masukkan dr lainnya dulu.

Offline Kang Paimo

  • Sr. Member
  • ******
  • Tulisan: 296
Re:BIKIN LAS LISTRIK
« Jawab #10 pada: April 16, 2011, 05:54:53 PM »
Kalau targetnya 20Volt 160Ampere , mestinya bisa pakai PSU komputer . PSU komputer biasanya kemampuan arus terbesarnya pada tegangan yang 5 Volt . Misalnya PSU kita 5Volt 20Ampere ( tegangan output yang lainnya nggak dipakai), maka kita buat permodul dengan 4 unit PSU yang masing2 outputnya dihubungkan secara seri sehingga  kapasitas permodul adalah 20Volt 20Ampere. Maka diperlukan 160/20=8 modul yang masing masing outputnya diparalel. Jadi jumlah PSU nya 4x8=32unit. Apa bisa ya ?

Offline ANTRAX

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 41
Re:BIKIN LAS LISTRIK
« Jawab #11 pada: April 16, 2011, 07:59:22 PM »
Apa tdk susah utk ngelas kalau cuma 20 volt, setahu saya tegangan las biasanya sekitar 70 volt. Jadi saat elektrode/pakan diangkat sedikit las tidak mati.

Offline bayu01

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 216
Re:BIKIN LAS LISTRIK
« Jawab #12 pada: April 17, 2011, 08:42:47 AM »
Tegangan las tdk perlu tinggi yg utama arusnya....jk terlalu tinggi tdk aman....sbg pembanding lht produk2 yg dijual di www.perkakasku.com.....terkait dgn cara memparalel 1 bh yg utuh baik mau pki PS Komputer atau Pwr Switching sebaiknya yg pki Moosfet utk mempermudah memparalelkan.....dan utk memperbesarnya cukup diambil trafo ferrite + Mosfet + Diode.... digabungkan dlm satu board  dan output masing2 digabung dlm basbar terminal... yg perlu dicatat gulungan primer sebaiknya sejenis(sm frekuensi kerja dan sm jml lilitan primer) dgn yg rangkaian utuh td .... klu tdk sama berakibat rusaknya gulungan primer krn lilitan kurang....atau kelebihan berakibat gulungan sekunder lilitan harus ditambah spy sm dgn output yg utuh


Offline Kang Paimo

  • Sr. Member
  • ******
  • Tulisan: 296
Re:BIKIN LAS LISTRIK
« Jawab #13 pada: April 20, 2011, 09:39:43 PM »
kalau mau gampang lagi bisa pakai tiga buah aki mobil  dihubungkan secara seri .
Coba ketik di Google : welding car battery
Video di youtube : http://www.youtube.com/watch?v=8tHJ0NSjZnM

Offline Machmud

  • Moderator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1236
Re:BIKIN LAS LISTRIK
« Jawab #14 pada: April 21, 2011, 09:35:50 AM »
Apa tdk susah utk ngelas kalau cuma 20 volt, setahu saya tegangan las biasanya sekitar 70 volt. Jadi saat elektrode/pakan diangkat sedikit las tidak mati.
Terbalik....
Di tukang buat trafo untuk las listrik yang dipakai 3V/500Amp, atau 5V saja bukan 70V lagi,
kalau yang voltasenya tinggi rata-rata pakai accu