Penulis Topik: MOHON PENJELASAN TENTANG DAYA LISTRIK  (Dibaca 16382 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Bruce

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 1
MOHON PENJELASAN TENTANG DAYA LISTRIK
« pada: Maret 15, 2011, 03:49:46 AM »
 cari1

Mohon kejelasan teman-teman tentang solusinya...
listrik saya dirumah suka naik turun tegangannya dari 220 menjadi 160 volt.
jika harus distabilkan menjadi 220 volt, seharusnya menggunakan apa ya...
apakah ada stabilizer yang dapat menstabilkan tegangan tersebut supaya alat elektronik dirumah saya tdak terus terjadi kerusakan.
adakah stabilizer yang dapat mengatasinya, atau dengan apa alatnya tersebut.
jika 1300 watt, harus menggunakan yang berapa watt stabilizernya. (perumpamaan)
Terimakasih atas solusi teman-teman yang pahan dengan elektronik. Bruce Jakarta

Offline Ayon

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 108
Re:MOHON PENJELASAN TENTANG DAYA LISTRIK
« Jawab #1 pada: Maret 15, 2011, 07:05:21 AM »
Wah turunya drastis banget, sy nda paham teorinya, cuma cara atasinya memang pakai stabiliser, minimal 1300wat....,kl tegangan dari 220v jadi 160V kerja dr stabiliser tentunya sangat keras.....

Offline yd7lby

  • Sr. Member
  • ******
  • Tulisan: 466
  • elektronika is yahud
Re:MOHON PENJELASAN TENTANG DAYA LISTRIK
« Jawab #2 pada: Maret 15, 2011, 11:21:40 AM »
sepertinya jaringan PLN lagi masalah tuh, bisa karena overload, bisa juga karena beban RST gak balance, saran saya mending komplain ke PLN aja..
"Siapa yang cinta pada nabi-Nya, pasti bahagia dalam hidupnya"
-Vita dan Hadad Alwi-

Offline roxas

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 124
Re:MOHON PENJELASAN TENTANG DAYA LISTRIK
« Jawab #3 pada: Maret 15, 2011, 12:42:08 PM »
Setuju, harus komplain ke PLN, biasanya kalau turun pada saat beban puncak (jam 18.00 ~ 21.00)  paling sampai 200 VAC,  kalau sampai 160 VAC mungkin ada masalah di gardunya atau kabel transmisinya, atau mungkin ada yang menggunakan daya berlebihan misalkan home industri dalam gardu yang sama.

Kalau mau pakai stabilizer, lebih baik pake yang motor, karena lebih linier dan responsif, tapi berisik !
SEGALA SESUATU ITU ADA WAKTUNYA

Offline ndroe

  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1136
  • beginer banget
Re:MOHON PENJELASAN TENTANG DAYA LISTRIK
« Jawab #4 pada: Maret 15, 2011, 12:50:10 PM »
kalau mau bagus pake stavolt yang motor trus pake ups juga tapi....borosssss duitttt..... kalkulasi1
88,1 ..FM Ra' Ajeg

Offline bondanpepi

  • Sr. Member
  • ******
  • Tulisan: 303
  • berbagi ilmu hal yg tdk salah
Re:MOHON PENJELASAN TENTANG DAYA LISTRIK
« Jawab #5 pada: Maret 15, 2011, 01:04:40 PM »
yg pasti gardu pln sudah ga sesuai dgn penggunaanya,hati2 klo pakai boster dgn blf,bos,.......bisa runyam jadinya....!!!!

Offline trisno

  • Sr. Member
  • ******
  • Tulisan: 345
    • facebook
Re:MOHON PENJELASAN TENTANG DAYA LISTRIK
« Jawab #6 pada: Maret 15, 2011, 01:51:21 PM »
 bete1 tempatku agak parah malam hari  konek1 solder kurang panas gara2 teganganya skitar 180v mau panas harus pake stavolt.yang agak jengkel listrik detempat saya dayanya 900VA tapi dibebani skitar 500VA sudah njegleg MCBnya ::) ::)
kok jadi curhat ya?
^-^ ^-^ ^-^ ^-^
malu bertanya berjalan-jalan

Offline dj_joend

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 2
Re:MOHON PENJELASAN TENTANG DAYA LISTRIK
« Jawab #7 pada: April 08, 2011, 07:16:13 AM »
coba cek groundingnya...biasanya karana kurang dalam / kering kalau perlu tambah lagi buat groung di tanah basah. kemaren tegangan dirumah juga 180-200 volt.

Offline RizQ

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 130
Re:MOHON PENJELASAN TENTANG DAYA LISTRIK
« Jawab #8 pada: April 08, 2011, 08:34:02 AM »
Pengalaman saya ...
Tegangan drop nyampe 180 V. Ternyata grounding jelek, padahal sudah dalam, tapi emang tanahnya kering banget, solusinya grounding diambilkan langsung dari kabel di tiang lisitrik, hasilnya ndak ada masalah sampai sekarang ...

Offline eres

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 24
Re:MOHON PENJELASAN TENTANG DAYA LISTRIK
« Jawab #9 pada: April 08, 2011, 10:55:52 AM »
mas, mending komplain ke PLN, pakai stabilizer tetep ga bisa, dropnya jauh

Offline Kang Paimo

  • Sr. Member
  • ******
  • Tulisan: 297
Re:MOHON PENJELASAN TENTANG DAYA LISTRIK
« Jawab #10 pada: April 14, 2011, 09:55:47 AM »
cari1

Mohon kejelasan teman-teman tentang solusinya...
listrik saya dirumah suka naik turun tegangannya dari 220 menjadi 160 volt.
jika harus distabilkan menjadi 220 volt, seharusnya menggunakan apa ya...
apakah ada stabilizer yang dapat menstabilkan tegangan tersebut supaya alat elektronik dirumah saya tdak terus terjadi kerusakan.
adakah stabilizer yang dapat mengatasinya, atau dengan apa alatnya tersebut.
jika 1300 watt, harus menggunakan yang berapa watt stabilizernya. (perumpamaan)
Terimakasih atas solusi teman-teman yang pahan dengan elektronik. Bruce Jakarta
Tegangan turun dari 220V menjadi 160V  , kalau tegangannya konstan 160V itu akibat kelebihan beban pada trafo , tapi kalau terjadi fluktuasi (lampu kadang terang , kadang redup) ada kemungkinan karena ada sambungan kabel yang kendor. Kalau tegangan turun akibat kelebihan beban , walaupun sudah kita laporkan ke PLN , akan makan waktu karena harus ada penggantian trafo. Solusi menggunakan trafo/variac bisa juga sih , tapi kapasitas VA nya akan turun misalnya semula 1300VA , akan menjadi 160/220 x 1300 VA = 945 VA (asumsi efisiensi variac 100%).

Offline Machmud

  • Moderator
  • Hero Member
  • ********
  • Tulisan: 1253
Re:MOHON PENJELASAN TENTANG DAYA LISTRIK
« Jawab #11 pada: April 14, 2011, 12:05:22 PM »
Coba periksa apa seluruh warga mengalami hal yang sama,
bila semua sama harus komplain ke PLN atau
pakai variac saja sebagai solusinya dengan catatan kapasitas VA nya akan turun.
Bila hanya rumah kita saja yang turun maka coba periksa jalur kabel yang ditarik
dari tiang listrik yang akan ke rumah kita, kadangkala di perkampungan kabel tsb 
disambung-sambung ke keberapa rumah bahkan ada yang sampai jumlahnya 10 rumah,
idealnya dari tiang listrik hanya untuk 2 rumah atau satu rumah saja.

Offline muis arghi

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 1
Re:MOHON PENJELASAN TENTANG DAYA LISTRIK
« Jawab #12 pada: Mei 26, 2011, 04:24:07 PM »
Coba periksa apa seluruh warga mengalami hal yang sama,
bila semua sama harus komplain ke PLN atau
pakai variac saja sebagai solusinya dengan catatan kapasitas VA nya akan turun.
Bila hanya rumah kita saja yang turun maka coba periksa jalur kabel yang ditarik
dari tiang listrik yang akan ke rumah kita, kadangkala di perkampungan kabel tsb 
disambung-sambung ke keberapa rumah bahkan ada yang sampai jumlahnya 10 rumah,
idealnya dari tiang listrik hanya untuk 2 rumah atau satu rumah saja.

saya juga mengalami permasalahn yg sama (tegangan naik turun). lebih parahnya, kabel dari tiang listrik disambung-sambung sekitar ke 10rumah. udah pernah nyoba pake stavolt motor yg 500VA buat nyalain komputer, eh ndak smp setahun udah rusak, paling aman pake apa ya pak?
Makasihhh

Offline aziz schematic

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 84
  • aku ingin perperang melawan peranku...?
Re:MOHON PENJELASAN TENTANG DAYA LISTRIK
« Jawab #13 pada: Mei 27, 2011, 07:24:58 AM »
Bener tu apa kata machmud. saya juga perna maintenance radio komunitas di wilayah pantura lamongan tengangan turun drastis skitar 168 volt. itu juga mempengarui pesawat.....tak cek lewat tiap per KWH nya tetangga ke tetangga,,,hasilnya sama,,,trus satu Rt di kumpulkan komplain ke PLN....? akhirnya dalam 1 bulan sudah di perbaiki,,,,?

Offline thpurwanto

  • Full Member
  • ****
  • Tulisan: 101
  • Rie
Re:MOHON PENJELASAN TENTANG DAYA LISTRIK
« Jawab #14 pada: November 02, 2011, 07:52:51 AM »
PLN punya yang namanya TMP atau tingkat mutu pelayanan. Kira2 sama dengan SLA gitulah. Tingkat mutu pelayanan biasanya bicara pada masalah berapa kali padam sebulan, berapa tegangannya. Khusus tegangan sesuai standard pelayanan naik tidak boleh lebih dari 5% dan turun tidak boleh kurang dari 10%. Jika diluar range ini silahkan pelanggan lapor ke pelayanan Teknik PLN. Sebelumnya untuk mengetahui tegangan turun ini masalah di PLN atau di Pelanggan periksa tegangan di pelanggan dengan beban nol atau kecil, misalnya nyalakan saja 1 lampu 10 W (untuk penerangan saja). Jika tegangan ternyata rendah maka bisa dipastikan tegangan dari PLN memang rendah.

 


Facebook Comments